www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

[ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

[ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by error.htaccess on Tue 05 Nov 2013, 23:02



seperti gambar diatas

player = doraemon
obj next stage = obj_next
tombol stage 2 = tmbl_stg2

pertanyaannya, gmna biar tmbl_stg2 muncul di room Main_Menu ketika doraemon menyentuh obj_next?

semoga ada solusi dari kawan"

error.htaccess
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 5
Points : 4
Join date : 05.11.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by Kevin Blaze Coolerz on Wed 06 Nov 2013, 11:11

error.htaccess wrote:

seperti gambar diatas

player = doraemon
obj next stage = obj_next
tombol stage 2 = tmbl_stg2

pertanyaannya, gmna biar tmbl_stg2 muncul di room Main_Menu ketika doraemon menyentuh obj_next?

semoga ada solusi dari kawan"
pertanyaan & gmbar kagak ada hubungan ny Curiga
doraemon, obj_next, & tombol stage 2 mana?
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 21
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by Game Maker Newbie on Wed 06 Nov 2013, 17:52

Pake Variable...
Buat obj_lvl_checker, persistentnya dicentang
Di Create Event obj_lvl_checker -> Masukkin Code:
Code:
global.level_2='Locked'
Di Step Event obj_lvl_checker -> Masukkin Code:
Code:

if global.level_2='Unlocked'
{
instance_create(koordinatx,koordinaty,tmbl_stg2)
}
Di Collision Event Player Dengan Obj_next -> Masukkin Code:
Code:
global.level_2='Unlocked'
avatar
Game Maker Newbie
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 278
Points : 281
Join date : 03.02.13
Age : 13
Lokasi : Sidoarjo

Lihat profil user http://ydahlimu.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by error.htaccess on Wed 06 Nov 2013, 19:30

nah tq bang GMN Very Happy ane coba dlu

error.htaccess
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 5
Points : 4
Join date : 05.11.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by error.htaccess on Wed 06 Nov 2013, 20:57

ga bisa nongol tmbl_stg2nya gan..

error.htaccess
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 5
Points : 4
Join date : 05.11.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by Asuna on Wed 06 Nov 2013, 21:19

'Locked' diganti false dan 'Unlocked' diganti true (bukan string) Curiga
avatar
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by Zihad Rizky Edwin Fikri on Thu 07 Nov 2013, 18:47

Asuna, emang bedanya apa? Kan tergantung cara pemakaian script, jadi false atau true ga masalah kan?
avatar
Zihad Rizky Edwin Fikri
GM Beginner
GM Beginner

55%
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 19
Lokasi : jaktim

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by Kevin Blaze Coolerz on Thu 07 Nov 2013, 19:06

kalo mau yg simple, pake 1/0 sbg pengganti true/false atau unlocked/locked Very Happy
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 21
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by Asuna on Thu 07 Nov 2013, 20:31

@Zihad
iya maksud gw false/true sebagai pengganti string 'Locked'/'Unlocked', dan pada dasarnya false & true merupakan constant yg bernilai masing2 0 & 1, so what's wrong? Curiga

belum dicoba sih sebelumnya kalo ternyata string bisa langsung dicompare pake '=' di GML, tidak seperti di bahasa pemrograman (C/C++, java, pascal)
tapi menurut sudut pandang programmer (bukan scripter) compare string untuk hal demikian sebaiknya tidak dilakukan karena beban komputasinya yang sebanding dgn panjang string, tidak seperti compare 1/0 atau true/false

dan kalo gitu balik lagi ke soal caranya GMN, itu udah bener tapi pastikan:
- obj_lvl_checker ditaroh di roomnya select stage
- masukin nilai koordinatx,koordinaty misalny 100,100
- tmbl_stg2 udah diset spritenya dan visible dicentangin

atau lebih baiknya kalo tmbl_stg2 ditaroh di room select stage dan awalnya gk visible tapi di Step Event obj_lvl_checker ganti jadi:
Code:
if global.level_2='Unlocked' //(atau diganti true)
{
tmbl_stg2.visible = true
}
avatar
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by zebrakelabu on Sat 09 Nov 2013, 20:23

yang dimaksud asuna tuh, kalau statusnya cuman locked/unlocked, itu berarti cuman 2 kondisi yang berlawanan, sering disebut juga dengan toggle/toggling. untuk toggling, nilai 1-0 atau true-false saja sudah cukup. kalau pakai kata ,misalnya "locked" atau "unlocked" maka game kemungkinan besar akan terpaksa menggunakan string comparison yang lebih memakan resource (waktu, proses) ketimbang byte comparison seperti true - false. jadi untuk kondisi toggle pakai saja true-false. keywordnya bahkan sudah built in, tinggal langsung pakai

nice background btw Smile ayo teruskan
avatar
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

Lihat profil user http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik