[Tutorial] Digital Painting Background
+2
meliaz99
Kevin Blaze Coolerz
6 posters
Halaman 1 dari 1
[Tutorial] Digital Painting Background
Sebelumnya awas, BWK
Berikut tutorial digital painting background yg dilakukan oleh Makoto Shinkai dalam pembuatan Anime. Dengan ilmu ini saya mengharapkan kualitas grafik pada game kita bisa makin naik setelah membaca tutorial dibawah ini (tentu nya di terapkan juga).
Kita bisa pake google gambar untuk cari pemandangan yg kita mau, jadi gk harus memotret sendiri, tapi kalo mau potret sendiri sih ya gk masalah, pke HP dengan kamera 2MP pun cukup toh kan mau di olah lagi (yg penting resolusi ny gede, 2MP = 1200xlupa pixel :v kan lumayan tuh). kalo mau bikin background yg panjang bisa pke kamera mode Panorama, tapi resolusi nya jdi berkurang
Baiklah, berikut tutorialnya:
[You must be registered and logged in to see this link.]
Berikut tutorial digital painting background yg dilakukan oleh Makoto Shinkai dalam pembuatan Anime. Dengan ilmu ini saya mengharapkan kualitas grafik pada game kita bisa makin naik setelah membaca tutorial dibawah ini (tentu nya di terapkan juga).
Kita bisa pake google gambar untuk cari pemandangan yg kita mau, jadi gk harus memotret sendiri, tapi kalo mau potret sendiri sih ya gk masalah, pke HP dengan kamera 2MP pun cukup toh kan mau di olah lagi (yg penting resolusi ny gede, 2MP = 1200xlupa pixel :v kan lumayan tuh). kalo mau bikin background yg panjang bisa pke kamera mode Panorama, tapi resolusi nya jdi berkurang
Baiklah, berikut tutorialnya:
- hasil jadi:
- Contoh hasil jadi
[You must be registered and logged in to see this image.]
- Tutorial 1:
1.Langkah pertama, cari foto yang agan inginkan untuk dipainting ulang
[You must be registered and logged in to see this image.]
- Tutorial 2:
2.Hal pertama yang biasanya agan lakukan adalah menghapus latar belakang (langit) dari objek latar depan. Tergantung pada karya agan, mungkin perlu untuk menutupi objek yang berbeda ke dalam LAYER yang berbeda
gunakan MASK untuk memotong objek bukan menghapus gambar secara langsung. Dengan MASK, Anda dapat memotong dengan kuas (B) dan penghapus (E)
geser sedikit ke kiri untuk memberikan lebih banyak ruang untuk latar belakang.
[You must be registered and logged in to see this image.]
- Tutorial 3:
3.Setelah memisahkan lorong ke dalamnya LAYER terpisah, layer belakangnya di brush pake softround. Lapisan transparansi di Lock
(sehingga agan tidak akan melukis pada bidang transparan) dan mulai mengecat di atas lapisan untuk memberikan nuansa yang lebih "painterly".
Agan juga dapat menggunakan "remove noise" filter, untuk menghilangkan noise dan kompresi gambar artefak dari foto.
[You must be registered and logged in to see this image.]
- Tutorial 4:
- 4.Tambahkan layer baru dibawah layer lorong. Mulai gambar langit dengan brush softround. Anda dapat menggunakan gradient tool juga, tapi agan lebih baik gambar manual untuk memberikan nuansa lukisan.
ane sangat merekomendasikan penggunaan referensi warna untuk langkah ini (kecuali jika agan sudah menjadi pro)
[You must be registered and logged in to see this image.]
Ini adalah beberapa foto yang saya ambil dengan kamera telepon saya. Seperti yang Anda lihat, warna-warna yang sudah cukup jenuh dan sempurna untuk background animasi
[You must be registered and logged in to see this image.]
- Tutorial 5:
- 5.Melukis awan tidak mudah. Makoto Shinkai dapat menggunakan 2 atau 3 detik untuk melukis awan yang indah, sementara kita noob bisa menghabiskan 2 jam di awan dan masih terlihat seperti omong kosong. Tentu saja kita bisa menipu dengan menyisipkan foto seperti bagaimana saya lakukan terakhir kali. Tetapi jika agan benar-benar ingin meningkatkan skill, kita perlu terus melukis.
[You must be registered and logged in to see this image.]
Dalam karya ini saya, ane menggunakan sikat dua standar ini dari photoshop.
Round Brush dengan "other dynamic" dan “brush tip hardness”" di bawahnya. Gunakan untuk menggambar bentuk dasar awan dan blending.
Chalk brush Gunakan untuk "menghapus" bagian dari awan.
1) Buatlah awan bentuk dasar dengan round brush.
2) Hapus bagian dari awan dengan chalk brush.
3) Kunci transparancy layer. Bawahnya sikat opacity bulat dan berbaur warna lain.
4) Gunakan round brush untuk melukis awan kecil. Bermain dengan ukuran brush size jitter dan pilihan scattering
Hanya dengan dua kuas ini,hasilnya adalah bentukan awan tidak begitu buruk.
Kunci lukisan awan "random/Acak" dalam bentuk awan dan acak dalam penempatan awan, sehingga akan tampak alami dan tidak terlalu atau simetri.
- Tutorial 6:
- 6.Saya ingin bayangan menjadi kasus dari mana kita melihat, jadi saya tambahkan layer baru dan mulai melukis dengan cahaya biru / cyan / ungu warna dingin.
[You must be registered and logged in to see this image.]
Masukan layer ini di atas lapisan lorong, dan setting layer menjadi "multiply".
- Tutorial 7:
- 7.
Lukisan pohon, semak-semak yang mirip dengan lukisan awan. Perbedaan utama menggunakan berbagai jenis kuas. Gambar di atas menunjukkan beberapa BRUSH custom saya buat. Anda harus mampu membuat sikat kustom Anda sendiri dengan mudah baik dengan menggunakan foto atau manual menggambar bentuk daun. Ingatlah untuk mengubah pilihan untuk "Shape Dinamic", "Scattering" dan "jittering" juga.
[You must be registered and logged in to see this image.]
1) Gambarkan bentuk dasar dengan sikat daun kustom.
2) transparansi lapisan Lock. Bawahnya sikat opacity bulat dan campurwarna lain.
3) campur dan lukis lagi.
[You must be registered and logged in to see this image.]
Dengan brush custom "daun / bush" , Anda bisa melukis semua ini cukup cepat. Ingatlah untuk menggunakan lapisan layer berbeda , sehingga perubahan dapat dilakukan pada objek yang berbeda dengan mudah.
- Tutorial 8:
- 8.bangunan jarak jauh cukup mudah untuk dilukis. Pastikan untuk menggunakan fungsi transformasi, dan "SHIFT"
[You must be registered and logged in to see this image.]
1) Tambahkan layer baru, menggambar detail bangunan (window) dalam tampilan depan. Gunakan "SHIFT" KUNCI untuk menarik / menghapus dalam garis lurus.
2) "CTRL T" untuk mengubah bentuk ke dalam perspektif yang Anda inginkan.
3) Gandakan layer bentuk dan menggabungkan mereka ke lapisan bangunan.
- Tutorial 9:
- 9.Tambahkan obyek gambar pendukung di belakangnya dapat berupa vektor atau apapun
[You must be registered and logged in to see this image.]
- Tutorial 10:
- 10.kabut
Gunakan soft round brush untuk melukis kabut. Blending mode layer dapat dibiarkan sebagai default / normal, karena kami tidak ingin itu bersinar atau gelap daerah.
[You must be registered and logged in to see this image.]
Refleksi specular / Ringan
Menambah lebih detail untuk karya, menarik beberapa garis specular / highlight di sepanjang daerah yang timbul . Cat lantai dengan warna yang hangat dan mengatur blending mode untuk "screen", sehingga terlihat seperti lantai yang memantulkan cahaya dari matahari.
[You must be registered and logged in to see this image.]
Glow
Tambahkan layer baru, gunakan soft round edge brush untuk mengecat area yang bercahaya (sumber cahaya). Ubah blending mode ke mode adiktif seperti "Screen" atau "llinear dodge(add)”".
[You must be registered and logged in to see this image.]
[You must be registered and logged in to see this link.]
Re: [Tutorial] Digital Painting Background
Sugoii Sama kaya MRM Sayangnya ane gk pake photoshop, ane prefer ke SAI Soalnya pake PS masih bingung Toolsnya kebanyakan
Re: [Tutorial] Digital Painting Background
Like in real anime, sugoii~!
katanya bisa juga di SAI dengan teknik2 tertentu, tapi entahlah
katanya bisa juga di SAI dengan teknik2 tertentu, tapi entahlah
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [Tutorial] Digital Painting Background
Yup, sebenernya di SAI juga bisa tapi SAI Toolsnya nggak selengkap PS jadinya agak susah
Re: [Tutorial] Digital Painting Background
photoshop emg bnyk tools ny, tpi kan gk di pke smua, pke yg perlu aja
Re: [Tutorial] Digital Painting Background
Pake aja tools yg ada/sejenis itu di Image editor kalian...
Btw, nice share...
Btw, nice share...
HaNIFU- Global Moderator
-
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta
Similar topics
» Customize GM Background
» Surganya Sprites, Sound Effect, Background,dll
» Tutorial - Game Art 2D
» zihad's game and tutorial
» [Tutorial] Menggabungkan data GM
» Surganya Sprites, Sound Effect, Background,dll
» Tutorial - Game Art 2D
» zihad's game and tutorial
» [Tutorial] Menggabungkan data GM
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|