www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

Join the forum, it's quick and easy

www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih
www.gmindo.web.id/forum
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

[ask] chess turn dan skakmat

5 posters

Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty [ask] chess turn dan skakmat

Post by mangoyo Sat 01 Mar 2014, 04:02

ane mau bikin board game gan sesuai example dr Kevin Blaze Coolerz

http://www.tusfiles.net/3d5zkadck9j3

mau nanya gan gimana cara buat "turn" kaya catur yg setiap 1 langkah, ganti player...
misal yg giliran pertama yg gerak player putih, player hitam ga bisa digerakin, nah kalo udah giliran player hitam yg gerak yg putih ga bisa digerakin...

satu lagi gan, misal kalo 3 player putih menempati board (1A,2A,3A) dan (1B,2B,3B) permainan
berhenti terus muncul popup gambar yg nyatain kalo si putih yg menang (kaya skakmat)

mangoyo
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 13
Points : 11
Join date : 24.02.14

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by Bastian Sat 01 Mar 2014, 04:24

bikin variable, trus kasih ini :
Code:
if(variable=0)
{
//player jalan
}
if(variable=1)
{
//musuh jalan
}

jangan lupa tambahin variable=//isi sendiri pas udah selesai


kalo pertanyaan kedua ane gak tau

Bastian
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 19
Points : 17
Join date : 27.02.14

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by mangoyo Sat 01 Mar 2014, 05:33

bisa jelasin step by step ga gan? ane ga paham coding sm sekali soalnya

mangoyo
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 13
Points : 11
Join date : 24.02.14

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by Bastian Sat 01 Mar 2014, 06:04

Create event (object_putih)
Code:
global.giliran=true;

Step event
Code:

if global.giliran=true //biar putih bisa jalan
{
//taruh kode untunk jalan disini (putih)
global.giliran=false //biar putih gak bisa jalan
}

Step event (obj_hitam)
Code:

if global.giliran=false //biar hitam bisa jalan
{
//taruh kode untunk jalan disini (hitam)
global.giliran=true; //biar hitam gak bisa jalan
}

udah gitu aja

Bastian
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 19
Points : 17
Join date : 27.02.14

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by mangoyo Sat 01 Mar 2014, 06:47

udh ane masukin kok ga ngaruh ya gan?

mangoyo
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 13
Points : 11
Join date : 24.02.14

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by Zihad Rizky Edwin Fikri Sat 01 Mar 2014, 12:41

Kalo belom ngerti ngoding sama sekali mah mending nyari tutor dulu, jangan langsung bikin game sendiri..

Cari aja subforum yg tutorial2 GM, kalo ga bisa pake ini
Spoiler:
Zihad Rizky Edwin Fikri
Zihad Rizky Edwin Fikri
GM Beginner
GM Beginner

55%
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by Asuna Sat 01 Mar 2014, 13:46

if global.giliran=true //biar putih bisa jalan
{
//taruh kode untunk jalan disini (putih) << udah ditekankan disini, pasti lu belum masukin disini, pantes aja gk bakal keliatan efeknya gan Curiga
global.giliran=false //biar putih gak bisa jalan
}
and if you can't understand GML, just give up already dan belajar dulu tutorial2 lebih banyak lagi Razz
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by mangoyo Sat 01 Mar 2014, 15:21

baru mudeng Embarassed maklum newbie

masalahnya, kode buat geraknya make statement if gan...
bisa ga kalo statement if (kode buat gerak) dijadiin action?
dibuat jadi script kah?

mangoyo
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 13
Points : 11
Join date : 24.02.14

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by Asuna Sat 01 Mar 2014, 17:09

di bagian itu diisi code sesuai dgn apa yg dibutuhkan, seperti: show_message("giliran putih")
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by mangoyo Sun 02 Mar 2014, 01:46

mau nanya lagi nih...

kasusnya

obj_putih yg maju pertama ke (x,y) setelah maju, si obj_putih jadi ga bisa di select, jadi yg bisa gerak cuma obj_hitam

abis itu obj_hitam digerakin ke (x+16,y), si obj_hitam jd ga bisa di select kalo udah melakukan gerakan ( pindah ke x+16,y ) dan si obj_putih bisa di select lagi juga bisa digerakin lagi ke koordinat lain
begitu seterusnya

nah kalo kasusnya ky gitu code nya gimana ya gan?


ane udh coba2 make kode move nya tp gagal terus...

Kode Move (Left pressed)
Code:
        if instance_exists(obj_hover)
        {
        with(obj_hover) instance_destroy()
        exit
        }

o[1]=instance_create(x+32,y,obj_hover) o[1].target=id
o[2]=instance_create(x-32,y,obj_hover) o[2].target=id
o[3]=instance_create(x,y+32,obj_hover) o[3].target=id
o[4]=instance_create(x,y-32,obj_hover) o[4].target=id

//hapus 4 line dibawah ini agar menjadi 4 arah (no diagonal)
o[5]=instance_create(x+32,y+32,obj_hover) o[5].target=id
o[6]=instance_create(x+32,y-32,obj_hover) o[6].target=id
o[7]=instance_create(x-32,y+32,obj_hover) o[7].target=id
o[8]=instance_create(x-32,y-32,obj_hover) o[8].target=id

mangoyo
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 13
Points : 11
Join date : 24.02.14

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by Kevin Blaze Coolerz Sun 02 Mar 2014, 11:08

bikin 1 object lgi, sebut obj_controller:
di create event:
Code:
global.turn = "putih";
taruh obj ini di room.

lalu di obj_putih, event Left Pressed:

taruh di line awal / paling atas
Code:
if global.turn="putih"
{
if image_index=1 exit;
} else if image_index=0 exit;

di obj_hover, event left released:
taruh di line awal / paling atas
Code:
with(target)
{
if image_index=0 global.turn="hitam" else global.turn="putih"
}
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by mangoyo Tue 04 Mar 2014, 19:33

Thanks gan bisa akhirnya...
nah gan kalo skakmat ky gini apa yg salah ya?

left pressed obj_putih
Code:


if
  instance_place (x, y+32, obj_putih)
  instance_place (x, y+32, obj_putih)
  instance_place (x, y+32, obj_putih)
{
show_message("Putih Menang")
}


mangoyo
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 13
Points : 11
Join date : 24.02.14

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by Kevin Blaze Coolerz Wed 05 Mar 2014, 19:44

Code:
if instance_place (x, y+32, obj_putih)
&& instance_place (x, y+32, obj_putih)
&& instance_place (x, y+32, obj_putih)
{
show_message("Putih Menang")
//game_restart() atau lakukan action lain, biar gk hang
}
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] chess turn dan skakmat Empty Re: [ask] chess turn dan skakmat

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik