www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by zebrakelabu on Sun 06 Apr 2014, 20:21


DISCUSSION MOVED TO NEW FORUM!
http://gmindo.web.id/forum/showthread.php?tid=52

Ok jadi seringkali nih aku nemu post user yang menanyakan: apakah Studio bisa bikin game Android, apakah nanti game nya bisa di export ke Android, dst. Android biasanya merupakan target yang paling banyak ditanyakan. Yang menanyakan biasanya adalah user baru, yang baru mencoba GM Studio.

Jawabannya tentu saja adalah bisa. Bisa banget. GM Studio mempunyai kemampuan export yang lengkap, mulai dari Android sampai iOS dan Ubuntu serta HTML5 dan Windows 8 Phone/Desktop. Batasannya adalah harga, dimana tiap exporter ini berbiaya yang berbeda2. Silakan lihat situsnya untuk melihat masing2 harga exporter:

http://yoyogames.com/studio

Waaah untuk Android exporter harganya USD 199? Gile bok mahal amat, dua juta lebih! Yes, it is expensive. Itulah sebabnya kita harus punya clear target. Tanya diri sendiri: apakah saya punya game yang cukup layak untuk masuk ke platform yang dituju? Ingat bahwa Android market adalah market sangat tersaturasi. Hampir semua perusahaan besar game dev punya port ke Android, sehingga bisa dibayangkan kalau game anda masuk kesana, game anda akan bersaing dengan raksasa2 game. Ratusan game disubmit ke Android setiap bulannya, dan setiap game bersaing mencoba mendapatkan perhatian dari gamer.

Nah kalau anda adalah game dev profesional tentunya ini sudah anda pikirkan masak2, jadi silakan masuk ke sarang buaya Very Happy... kidding just go ahead and let us know Smile tapi bagi yang newbie, jangan kecil harapan karena tidak punya exporter Android. Yang paling utama adalah buatlah game yang baik, dengan platform yang anda punya. Hanya punya Windows? no problem, silakan buat game yang sekeren mungkin sehingga orang kepengin main game anda. Game keren tidak tergantung sama platform, anda bisa punya game bagus banget walau -hanya- dengan Windows sekalipun. Latih kemampuan coding anda, latih kemampuan gambar anda, latih juga pengetahuan suara dst. Buat gamenya, share disini (dan kemana2 juga), dan lihat apakah game anda membuat orang tertarik untuk memainkannya.

Mungkin saran untuk buat game yang nantinya bisa diport relatif mudah ke platform lain:
- buatlah game dengan resolusi standard dan kontrol yang tidak rumit, sehingga nantinya bisa dimainkan di tablet atau handphone. Hindari mengimplementasi "hovering mouse" karena fitur itu jelas tidak akan terpakai di smartphone :)some gamedev still do this, unbelievably.
-perhatikan rasio resolusi dan scaling anda, ada beberapa teknologi scaling yang digunakan Studio. silakan baca2 di GMC (aku juga lagi cari2)
-untuk art style, jika anda menggunakan pixel art maka tentunya lebih sulit karena anda akan sangat tergantung dengan resolusi. Studio 1.3 sudah mengimplementasi scalable vector graphic, jadi mungkin kedepannya anda sebaiknya menggunakan vector art sehingga exporting menjadi lebih mudah.
-tiap platform punya keunikan sendiri, sehingga kemungkinan anda akan menggunakan multiple configuration dalam satu project, satu untuk setiap jenis platform. Satu platform mungkin akan membutuhkan .js sebagai external lib, yang lainnya mungkin beda rasio width/height, dst. jadi sudah pasti exporting tidak akan semudah "click dan pilih target export".


Aaah pusing. Udah bikin game Windows aja dulu lah :Dbikin game yang bagus dan menarik.


Terakhir diubah oleh zebrakelabu tanggal Wed 30 Apr 2014, 17:53, total 1 kali diubah
avatar
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

Lihat profil user http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by meliaz99 on Sun 06 Apr 2014, 21:06

Jempol1 Iya, benar semua tuh yang ditulis om. Kacau

Kebanyakan yang nanya memang para newbie, bahkan yang belum pernah megang GM sekalipun. Kebanyakan mereka suka GM:S karena tergiur dengan export platform Android, dan anehnya mereka ga ada ngeliat harga modulnya..  Mad 

Kalau untuk aku sih sekarang bagusnya buat game Windows dulu, nambahin pengalaman dan skill. Kalau aku udah merasa cukup ilmu dan pengalaman, mungkin aku bakal berencana untuk beli modul lainnya untuk cross platform. Smile

Btw sekarang di versi terbaru GM:S (v1.3.1307), scaling di mobile udah jadi 1:1, jadi para newbie ga perlu mikirin scaling lagi (sebenernya jauh lebih baik pakai scaling).
avatar
meliaz99
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 318
Points : 386
Join date : 11.05.13
Age : 18
Lokasi : Batam, Kepri, Indonesia

Lihat profil user http://roychanmeliaz.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by Kevin Blaze Coolerz on Mon 07 Apr 2014, 19:16

bner bnget ap kata om Jempol2
kadang game android yg bgus jga cepet bosen Kacau plus lebih mudah di hack (nyari yg full version).
kalo windows (bsa di hack/krack jga Razz ), tpi bisa lebih dibuat ketat. ak mau kok bantu game/app kmu utk pasang register system yg stidak ny sulit utk dibuat keigen ny Razz asal game/app ny bgus & bner2 pnya niat buat jualan Kacau

pencerahan bagi yg mau bikin game komersil Very Happy
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by HaNIFU on Tue 08 Apr 2014, 19:04

Artikel yg menarik . . .  Jempol1 
Thanks jga buat sarannya . . .

Memang bener pengguna Game Maker pun meningkat seiring hadirnya Game Maker Studio, kebanyakan pengen buat game android namun masih banyak kebingungan soal scripting, compiling, beli modul, install SDK dll, terutama bagi yg newbie  . . . Very Happy

Ane sih lebih tertarik sama windows & HTML5 ny . . . Very Happy
avatar
HaNIFU
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by Asuna on Tue 08 Apr 2014, 21:16

seperti yang dikatakan mending bikin game utk Windows aja dulu, terutama saat tahap pengembangan belum berakhir, debugging, atau sekedar bereksperimen Very Happy
karena didevelop di Windows dan compilenya lebih ringan dan cepat dibandingkan utk platform lain Razz

untuk platform lain seperti Android harus beli module, set up-nya gak mudah krn ada instruksi2 khususnya, test run-nya lebih lama dan compilenya lebih lama dan memakan memory besar (kira2 bisa sampe 800 MB Surprised), kecuali utk HTML5 masih lumayan ringan juga
avatar
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by Dhathinka on Tue 08 Apr 2014, 23:55

Ini pengalaman saya pribadi. Memang kalo mau serius Jadi developer, kita harus punya modal. Saya sendiri membeli bundle gamemaker studio master collection waktu harganya masih 500 dollar. Itu sudah dapat semua option termasuk yoyo compiler, dll. Saya juga sudah terdaftar jadi iOS developer (plg mahal 100 dollar per thn), android developer (25 dollar untuk seumur hidup, dan baru2 ini google sudah memberikan support ke developer indonesia dgn memasukkan Indonesia ke dalam daftar google wallet commercial seller.) untuk blackberry dan tizen developer biayanya free. Untuk menerima penjualan juga cukup memakai account paypal yg daftarnya jg free. Juga blum lagi untuk membeli alat2 lain untuk menghasilkan musik dan game art yg baik. Bukan bermaksud promosi tapi teman2 bisa melihat ke website saya www.dhathinka-art.com untuk melihat proses saya menjadi indie dev dan jg disitu saya jelaskan semua software dan hardware yg saya gunakan. Kalau belum ada modal, teman2 bisa belajar terus dan mencari publisher. Jika gamenya dianggap berprospek mereka bisa membantu teman2 untuk direlease. Saya sendiri sebenarnya bisa menjadi publisher krn saya merupakan developer yg terdaftar namun jujur saya blm mempunyai pengalaman disitu. Dan untuk release di berbagai platform ada byk tantangannya. Misalnya bagaimana membuat game yg bisa adaptasi di berbagai devices yg mempunyai resolution dan aspect ratio yg berbeda2. Juga strategi agar game kita bisa lolos untuk dipublish, dll. Jika berkenan saya bisa membagi pengalaman mengenai hal itu. Saya juga sedang dalam proses merelease game pertama saya. Dan saya senang sekali kalau bisa membantu teman-teman disini untuk memajukan industri game di negara kita.
avatar
Dhathinka
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 19
Points : 26
Join date : 08.04.14
Lokasi : Brasilia, Brazil

Lihat profil user http://www.dhathinka-art.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by zebrakelabu on Wed 09 Apr 2014, 09:11


Thank you for sharing Dhathinka

Kalau anda mau, anda bisa share game pertama anda disini selagi masih dalam pekerjaan atau Work In Progress. Ga apa2, mungkin sekedar sharing aja. Jangan sungkan2 ya Smile. Nanti pasti ada feedback dari kita2.




avatar
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

Lihat profil user http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by Dhathinka on Thu 17 Apr 2014, 01:47

Makasih bro Zebrakelabu. Saya belum punya decent prototype yg bisa dishare. Sekarang masih fokus bikin semua game asset saya, termasuk tile, object character, dll. yg saya buat dgn melukis secara digital sendiri. Kira2 bisa mencapai 100 item dlm bentuk sprite, static object, dll. Setiap bulan progress game saya laporkan di website saya silahkan dicek. Saya berniat merelease game ini ke apple apps store dan android kalau sudah selesai. Saya dari awal sdh mendokumentasikan rencana game desain saya dengan detail sampai ke tampilan menu awal, loading screen, story, character, level title, level design and so on. Saya rasa utk bisa menghasilkan game yg berkualitas butuh waktu, kerja keras dan kesabaran.
avatar
Dhathinka
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 19
Points : 26
Join date : 08.04.14
Lokasi : Brasilia, Brazil

Lihat profil user http://www.dhathinka-art.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by zebrakelabu on Sat 19 Apr 2014, 08:26

Dhathinka wrote:Makasih bro Zebrakelabu. Saya belum punya decent prototype yg bisa dishare. Sekarang masih fokus bikin semua game asset saya, termasuk tile, object character, dll. yg saya buat dgn melukis secara digital sendiri. Kira2 bisa mencapai 100 item dlm bentuk sprite, static object, dll. Setiap bulan progress game saya laporkan di website saya silahkan dicek. Saya berniat merelease game ini ke apple apps store dan android kalau sudah selesai. Saya dari awal sdh mendokumentasikan rencana game desain saya dengan detail sampai ke tampilan menu awal, loading screen, story, character, level title, level design and so on. Saya rasa utk bisa menghasilkan game yg berkualitas butuh waktu, kerja keras dan kesabaran.

Absolutely Smile

Tapi kamu ga perlu nunggu sampai prototype selesai lho yah. Santai aja, kalau misalnya mau taruh disini prototype setengah jadi juga ga apa2, jadi feedback early on. Tapi itu tergantung juga sih, aku sendiri juga kalau belum "matang" banget ya ga aku share Very Happy jadi terserah aja.

Early artwork juga boleh. Maybe you want to create some buzz before releasing, it's ok too.

Tentang kerja keras yah itu pasti Very Happy kita bantu semangat dari sini  Dance  Dance  Dance 





avatar
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

Lihat profil user http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by Dhathinka on Sat 19 Apr 2014, 09:07

Well. Aku punya kekurangan kalau mengerjakan sesuatu. Perfeksionis. Aku usahakan nanti aku upload prototypenya.
avatar
Dhathinka
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 19
Points : 26
Join date : 08.04.14
Lokasi : Brasilia, Brazil

Lihat profil user http://www.dhathinka-art.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik