www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?

Post by meliaz99 on Sat 12 Apr 2014, 20:20

Halo semua. Kacau

Aku mau nanya nih tentang 3 argument terakhir di d3d_set_projection(xfrom,yfrom,zfrom,xto,yto,zto,xup,yup,zup). Sampai sekarang aku masih bingung apa maksud dari xup, yup, zup.. Ini kutipan dari help file..
YoYoGames Docs wrote:Finally, you can still rotate the camera around the line from the viewpoint to the looking point, and to specify this we must give an "up" vector, that is, the direction that is upwards in the camera. This is given by the last three arguments (xup, yup, zup).

Nah, "vektor" itu apa ya? Dan bagaimana cara menggunakan 3 argument terakhir ini? Tujuan aku sih pengen ngebuat proyeksi berputar, tapi aku ga tau maksudnya.. Aku udah bereksperimen tapi tetep ga ngerti.. Hammer
Ada yang bisa menjelaskan? Terimakasih. Smile
avatar
meliaz99
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 318
Points : 386
Join date : 11.05.13
Age : 18
Lokasi : Batam, Kepri, Indonesia

Lihat profil user http://roychanmeliaz.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?

Post by Asuna on Sat 12 Apr 2014, 21:52

ini cuma masalah sistem koordinat 3D utk posisi & orientasi camera gan, coba baca ini, terutama bagian yg forward vector & up vector
http://www.scratchapixel.com/lessons/3d-basic-lessons/lesson-4-geometry/coordinate-systems/

mengenai parameter2 cameranya, berarti forward vector-nya adalah vector satuan dari (xto-xfrom,yto-yfrom,zto-zfrom) dan up vector-nya adalah (xup,yup,zup), and note that kedua vector tersebut harus tegak lurus (hasil dot product-nya sama dengan 0)

Note: kalo ga ngerti tentang vector silakan pelajari di math SMA Razz
avatar
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?

Post by Kevin Blaze Coolerz on Sun 13 Apr 2014, 08:31

Nicol Bolas wrote:The up vector determines which direction is "up". Think of it like a video camera... if you hold the camera "properly", then an imaginary line going upward from the center of the camera to the top of the camera could be represented by a vector (0,1,0). If you tilt the camera 45 degrees to the right, the imaginary line going from the center of the camera to the "top" of the camera would now be represented by a new vector (1,1,0). If you then tilt the camera "back" just a bit, your "up" vector now becomes (1,1,1) [or (1,1,-1)... I always get the polarity of the z-axis reversed].

So, in short, the UP vector describes the roll of the camera by saying which point is "up" in the camera's orientation.

Sumber

ak udh sdikit ngerti sih, tpi gk 100% Razz
emg agak susah bagi yg belum SMA utk belajar 3D, bhkan yg udh SMA pun blum tentu bisa Kacau
vektor itu pelajaran SMA (as Asuna said)
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 21
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Reply

Post by Zihad Rizky Edwin Fikri on Sun 13 Apr 2014, 13:11

XUP

YUP

ZUP


PENJELASAN
pokoknya cuma bagian atasnya kamera aja yg terpenting
kalo zup, ya bagian atas kamera ngadepnya ke koordinat z
kalo xup, ya bagian atas kamera ngadepnya ke koordinat x
sama kaya yup, bagian atas kamera ngadep ke koordinat y
kalo xup=1 dan yup=1 maka nta bagian atas kamera bakal nyerong

bro, tolong kasih tau sebenernya gambar di komen saya ini muncul atau ga.. Soalnya di hp saya ga muncul, tapi kalo di edit code gambarnya masih ada


Terakhir diubah oleh Zihad Rizky Edwin Fikri tanggal Sun 13 Apr 2014, 13:39, total 2 kali diubah (Reason for editing : Tambahan)
avatar
Zihad Rizky Edwin Fikri
GM Beginner
GM Beginner

55%
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 19
Lokasi : jaktim

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?

Post by Asuna on Sun 13 Apr 2014, 13:56

^
kasih link sumbernya pls, atau beneran buatan sendiri?
avatar
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?

Post by Zihad Rizky Edwin Fikri on Sun 13 Apr 2014, 14:03

Iya buatan sendiri ko ^_^
avatar
Zihad Rizky Edwin Fikri
GM Beginner
GM Beginner

55%
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 19
Lokasi : jaktim

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?

Post by meliaz99 on Sun 13 Apr 2014, 20:42

Ohh okee..
Udah agak ngerti sih.. Makasih kk KBC, Asuna, dan Jihad. Kacau
...
Tapi aku ada pertanyaan, is it possible to tilt camera in y axis a little bit? Thanks. Very Happy

[EDIT]
Ohh, now I get it!
Makasih mastah! Kacau Aku udah ngerti sekarang.. Very Happy
avatar
meliaz99
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 318
Points : 386
Join date : 11.05.13
Age : 18
Lokasi : Batam, Kepri, Indonesia

Lihat profil user http://roychanmeliaz.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik