www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

Macam-Macam Web Browser

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Macam-Macam Web Browser

Post by Pinneaple Studios on Fri 01 Feb 2013, 20:18

1. Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah perambaan web dan perangkat lunak yang tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus for Windows 95!(Inggris) pada saat itu.

Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999 meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.

Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XML Http Report (Inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama domin yang terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.

Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7,Windows Vista, dan Windows Server 2008.

Browser ini memiliki banyaj pemakain karena sudah memakai atau menggunakan brand image yang sangat terkenal. Biasanya secara default disertakan bersamaan Operating Sysytem ( OS ). Internet Explorer merupakan produk dari Microsoft Corporation.

Keunggulan/ Kelebihan dari Internet Explorer adalah:
Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yangterhubung ke fitur-fitur milik Windows Live

Kerugian :
Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS )
Berat saat awal start dan membuka web baru
lambat dalam download file dari internet, baik untuk browsing, surfing,download maupun upload.

2. Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering. Web kit Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.[1]

Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 september 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OSX dan Linux sudah dirilis.

Google Chrome dikabarkan mengambil fitur tab seperti browser lain. Tabs itu terletak di bagian atas jendela, bukan didalam jendela. Untuk mengatur tab dan proses , Chrome mempunyai Task manager, sama seperti operasi.

Kelebihan :
Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
Desainnya simpel dan minimalis
Updatenya mudah
Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker

Kekurangan :
Statis, fiturnya kurang banyak

3. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan [12] Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.[13]

Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, sederhana, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Sejak 3 April 2003, Firefox dan klien surel http://id.wikipedia.org/wiki/Mozilla_Thunderbird”>Thunderbird telah menjadi fokus utama pengembang Yayasan Mozilla untuk menggantikan Mozilla Suite.[14]

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di peramban-peramban web lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan peramban web pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Explorer”>Internet Explorer keluaran Microsoft (peramban web terpopuler dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_peramban_web”>perang peramban web. [15]

Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=ActiveX&action=edit&redlink=1″>ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. [16] Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan. [17]

Firefox dapat dijalankan pada berbagai macam http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi”>sistem operasi seperti http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Windows”>Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD. Versi stabil terbaru Firefox saat ini adalah 9.0.1, yang dirilis pada 21 Desember 2011.

Keuntungan :
Banyak fitur tambahan add ons alias pengaya, ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user lay out yang simple sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula
Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
Updatenya mudah
Sistem security kuat
Hemat resource memory
Interface/tampilan lay out yang simple sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula

Kerugian :
Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak add ons yang terinstal
Saat memulai mode Private, harus menutup terlebih dahulu semua halaman dalam mode regular

4. OPERA

Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik”>surat elektronik. Opera dibuat oleh http://id.wikipedia.org/wiki/Opera_Software”>Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi”>sistem operasi, termasuk http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Windows”>Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.

Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh pramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME.[1][2][3] Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya.[4] Opera adalah satu-satunya http://id.wikipedia.org/wiki/Penjelajah_web”>penjelajah web komersial yang tersedia untuk http://id.wikipedia.org/wiki/Nintendo_DS”>Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite.

KELEBIHAN :
Ringan dan cepat
Memiliki email client dan rss sendiri, jadi Anda tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik
Fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat sehingga halaman terbuka lebih cepat
Memiliki fitur penyimpan halaman dalam bentuk .mht (single file), yang belum dimiliki Chrome & Firefox dalam versi standar.
Banyak fitur pengaya/addons, widget dan aplikasi
Fitur Opera yang paling unik adalah fitur “Voice Interaction“. Dengan fitur ini, Anda dapat memerintahkan Opera untuk mereload halaman, log in, membuka tab baru, mengklik link dan lain-lain dengan suara Anda.

KEKURANGAN :
Gagal dalam membaca script pada situs-situs tertentu
Tampilannya yang kelewat “advance”, membuat pengguna pemula kesulitan saat awal menggunakannya

5. SAFARI


Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple.

Pertama kali dirilis sebagai beta pada 7 Januari 2003. Bulan Desember 2009, Safari memiliki 4,46% pangsa pasar menurut Net Applications. Saat ini rilis terakhir untuk safari adalah safari 4 untuk mac dan PC.

Safari adalah sebuah peramban web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi”>sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan peramban web bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Internet_Explorer_for_Mac&action=edit&redlink=1″>Internet Explorer for Mac sebagai peramban web bawaan. Pada http://id.wikipedia.org/wiki/11_Juni”>11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untuk Windows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.

KELEBIHAN :
Gaya perambanan MDI (dapat membuka 8 halaman sekaligus dan dibatasi oleh memori/tempat untuk menyimpan data)
Menyimpan gambar pada photo album dengan menekan gambar tersebut selama 3 detik.
Membuat bookmark pada link pada halaman tertentu seperti ikon Web Clip pada layar home
Membuka halaman yang didesain secara spesial dalam mode full-screen
Memfasilitasi tab, mirip sebagaimana aplikasi desktop, namun hanya untuk iPad dan iPad 2.
Membuat daftar baca, fitur bookmarking yang menandai situs tertentu untuk dibaca kemudian, yang tersinkronisasi di peramban Safari versi mobile dan desktop melalui layanan ICLOUD
Reader, fitur untuk membaca yang memformat teks dan gambar dari laman web ke dalam format yang enak dibaca karena iklan-iklan dan informasi tak relevan dihilangkan darinya

KEKURANGAN :

tidak tersedianya plug in pada versi windows
Sumber
avatar
Pinneaple Studios
GM Intermediate
GM Intermediate

100%
Jumlah posting : 839
Points : 980
Join date : 06.01.13
Age : 15
Lokasi : Depok :D

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by Kevin Blaze Coolerz on Fri 01 Feb 2013, 20:27

nice info Very Happy
rajin2 share, biar gk sepi nih forum Smile
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by Arif_IndoFuture on Fri 01 Feb 2013, 20:32

Klo aku sih milih yg 2,3,dan 4 Hammer
avatar
Arif_IndoFuture
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 316
Points : 279
Join date : 12.01.13
Age : 19
Lokasi : Jogja

Lihat profil user http://www.facebook.com/IndonesianFuture

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by Kirito on Sat 02 Feb 2013, 08:45

Dan Sekarang Browser No.1 Digunakan Untuk Mendownload Browser-Browser Di Bawahnya Hammer
avatar
Kirito
Moderator
Moderator

100%
Jumlah posting : 181
Points : 198
Join date : 06.01.13
Age : 17
Lokasi : Makassar, Sulawesi Selatan

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by Pinneaple Studios on Sat 02 Feb 2013, 11:57

Kirito wrote:Dan Sekarang Browser No.1 Digunakan Untuk Mendownload Browser-Browser Di Bawahnya Hammer
Hahahaha Razz

Klo Aku Pakenya IE(jarang abisnya lag-abiss,tpi super cepat),Firefox(dipakai buat download,tpi ngelag),Chrome(jarang abisnya lelet),Opera(paling sering dipakai tapi gk bisa download file ukuran 1 MB!)
avatar
Pinneaple Studios
GM Intermediate
GM Intermediate

100%
Jumlah posting : 839
Points : 980
Join date : 06.01.13
Age : 15
Lokasi : Depok :D

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by Asuna on Sat 02 Feb 2013, 12:10

IE sucks, IMO Hammer
aku lebih suka pake firefox sma chrome
avatar
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by blackCoffee on Sat 02 Feb 2013, 13:29

kalo ga ada IE ga ada browser yang lain lol!

btw ane pengguna firefox Cool
walaupun bener awal start nya lama amir Hammer

avatar
blackCoffee
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by glupfruxx on Wed 06 Feb 2013, 13:19

Aku pake google Chrome, cz enteng... Smile
kalo lagi iseng ya pake safari or Flock,
avatar
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 22
Lokasi : Depok

Lihat profil user https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by Arif_IndoFuture on Wed 06 Feb 2013, 14:09

blackCoffee wrote:kalo ga ada IE ga ada browser yang lain lol!

btw ane pengguna firefox Cool
walaupun bener awal start nya lama amir Hammer


Bener tuh, kalo gk ada IE gak ada browser lain Ngakak
avatar
Arif_IndoFuture
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 316
Points : 279
Join date : 12.01.13
Age : 19
Lokasi : Jogja

Lihat profil user http://www.facebook.com/IndonesianFuture

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by Pinneaple Studios on Wed 13 Feb 2013, 15:10

Arif_IndoFuture wrote:
blackCoffee wrote:kalo ga ada IE ga ada browser yang lain lol!

btw ane pengguna firefox Cool
walaupun bener awal start nya lama amir Hammer


Bener tuh, kalo gk ada IE gak ada browser lain Ngakak
itu semua tergantung pada IE
avatar
Pinneaple Studios
GM Intermediate
GM Intermediate

100%
Jumlah posting : 839
Points : 980
Join date : 06.01.13
Age : 15
Lokasi : Depok :D

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam-Macam Web Browser

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik