-> [ASK] Alarm
5 posters
Halaman 1 dari 1
-> [ASK] Alarm
Bagaimana Cara menggunakan Alarm ??
Gimana langkah-langkahnya??
biar lebih tau lebih jalas
Gimana langkah-langkahnya??
biar lebih tau lebih jalas
Re: -> [ASK] Alarm
ga tau ya? itu kayak semacam jeda
mis. set alarm[0] = 30
lalu tambahin event Alarm 0, action di eventnya akan dijalankan setelah waktu 30 steps
mis. set alarm[0] = 30
lalu tambahin event Alarm 0, action di eventnya akan dijalankan setelah waktu 30 steps
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: -> [ASK] Alarm
ouwh begonohAsuna wrote:ga tau ya? itu kayak semacam jeda
mis. set alarm[0] = 30
lalu tambahin event Alarm 0, action di eventnya akan dijalankan setelah waktu 30 steps
yang di maksud 30 step tuh apa??
Re: -> [ASK] Alarm
untuk 30 fps: 30 steps = 1 detik
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: -> [ASK] Alarm
room_speed umum nya adalah 30
jadi utk 1 detik = room_speed = 30
kalo room_speed = 50 maka 1 detik = 50
CMIIW (gk tau bner ap salah )
utk penjelasan tentang alarm itu sangat mirip dgn alarm sungguhan,, kalo kamu set alarm nya selama 1 jam, maka ketika 1 jam maka alarm nya berbunyi
kesimpulan:
1 jam = step nya (yg 30 itu lho )
berbunyi = action / script pada event Alarmnya
jadi utk 1 detik = room_speed = 30
kalo room_speed = 50 maka 1 detik = 50
CMIIW (gk tau bner ap salah )
utk penjelasan tentang alarm itu sangat mirip dgn alarm sungguhan,, kalo kamu set alarm nya selama 1 jam, maka ketika 1 jam maka alarm nya berbunyi
kesimpulan:
1 jam = step nya (yg 30 itu lho )
berbunyi = action / script pada event Alarmnya
Re: -> [ASK] Alarm
Lah postku ilang lagi? nulis ulang
Step itu tergantung dengan Room Speed-nya. Kalau speednya 1 berarti 1 step = 1 detik. Yang udah diset di Game Maker itu 30. Kalau mau edit ke Room aja. Kalau mau pake Alarm ya tinggal masukin Actionnya terus diset berapa. Terus buat event alarm lagi, supaya action Alarm bisa bekerja.
Kalau misalnya membantu kasih kita Thanks ya
Step itu tergantung dengan Room Speed-nya. Kalau speednya 1 berarti 1 step = 1 detik. Yang udah diset di Game Maker itu 30. Kalau mau edit ke Room aja. Kalau mau pake Alarm ya tinggal masukin Actionnya terus diset berapa. Terus buat event alarm lagi, supaya action Alarm bisa bekerja.
Kalau misalnya membantu kasih kita Thanks ya
Re: -> [ASK] Alarm
well, FYI room speed itu sama dengan fps aka. frame per second (logical fps, bukan actual fps)
room speed bisa diatur di room settings atau set room_speed = ...
btw penggunaan alarm sama aja dengan penggunaan seperti ini, mis. set: delay = 30
lalu di event step:
room speed bisa diatur di room settings atau set room_speed = ...
btw penggunaan alarm sama aja dengan penggunaan seperti ini, mis. set: delay = 30
lalu di event step:
- Code:
delay -= 1
if(delay == 0){
// do action
}
- Spoiler:
- silakan kasih thanks
#kaburrr
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: -> [ASK] Alarm
kalo aku (ikutan berpendapat)
step bisa dibilang sebagai game loop, putaran utama dimana segala sesuatunya dijalankan dalam game secara berulang. setting 30 step dalam game room akan membuat gm engine berusaha untuk melakukan 30 update dalam 1 detik. idealnya ini berjalan mulus sehingga gamenya terlihat lancar. utk ref animasi membutuhkan minimum 24 frame dlm 1 detik.
karena mesin komputer sekarang sudah super hebat, setting step dalam room bisa ditingkatkan sampai nilai tinggi sekali. 60 step biasa, sekarang mulai banyak dicoba 120 bahkan 150.
(the hobbit movie di shoot di 120frame per sec kalo ga salah )
step bisa dibilang sebagai game loop, putaran utama dimana segala sesuatunya dijalankan dalam game secara berulang. setting 30 step dalam game room akan membuat gm engine berusaha untuk melakukan 30 update dalam 1 detik. idealnya ini berjalan mulus sehingga gamenya terlihat lancar. utk ref animasi membutuhkan minimum 24 frame dlm 1 detik.
karena mesin komputer sekarang sudah super hebat, setting step dalam room bisa ditingkatkan sampai nilai tinggi sekali. 60 step biasa, sekarang mulai banyak dicoba 120 bahkan 150.
(the hobbit movie di shoot di 120frame per sec kalo ga salah )
Re: -> [ASK] Alarm
waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150,zebrakelabu wrote:kalo aku (ikutan berpendapat)
step bisa dibilang sebagai game loop, putaran utama dimana segala sesuatunya dijalankan dalam game secara berulang. setting 30 step dalam game room akan membuat gm engine berusaha untuk melakukan 30 update dalam 1 detik. idealnya ini berjalan mulus sehingga gamenya terlihat lancar. utk ref animasi membutuhkan minimum 24 frame dlm 1 detik.
karena mesin komputer sekarang sudah super hebat, setting step dalam room bisa ditingkatkan sampai nilai tinggi sekali. 60 step biasa, sekarang mulai banyak dicoba 120 bahkan 150.
(the hobbit movie di shoot di 120frame per sec kalo ga salah )
eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak??
Re: -> [ASK] Alarm
glupfruxx wrote:
waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150,
yah karena kamu bukan animator beneran ya gpp kalo kamu bikin 10 frame yah cukup lah untuk game awal, banyak contoh sprite lain malah cuman 7 frame. tinggal atur image_speed nya aja.
glupfruxx wrote:
eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak??
hmmm. alarm tuh dipicu dengan step. jadi kalau alarm[0]=10, maka alarm[0] akan terpicu 10 step dari sekarang, setelah itu stop.
Re: -> [ASK] Alarm
well, ini bukan soal bikin animasinyaglupfruxx wrote:waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150,
eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak??
soal buat spritenya sebagai gantinya bisa dibikin lambat buat room speed yg lebih gede, pake image_speed = ...
alarmnya akan distop setelah alarmnya udah 0, tapi alarm itu sendiri ga bisa dipause.. sebagai gantinya pake caraku tadi yang pake variable delay itu, tapi ditambahin if(enabled){ ... }
set enabled = false, buat ngepausein..
60 fps cukup untuk kebanyakan display yang settingannya 60 Hz, lebih dari itu juga bisa lebih mantap untuk >60 Hzkarena mesin komputer sekarang sudah super hebat, setting step dalam room bisa ditingkatkan sampai nilai tinggi sekali. 60 step biasa, sekarang mulai banyak dicoba 120 bahkan 150.
For instance: game Touhou yang perlu ditekankan performansinya untuk mendukung jumlah peluru yang sampe ratusan, cukup pake 60 fps seperti di gambar bawah ini
- Spoiler:
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: -> [ASK] Alarm
ooh kaya gitu, berarti kalo udah 10 step langsung stop.zebrakelabu wrote:glupfruxx wrote:
waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150,
yah karena kamu bukan animator beneran ya gpp kalo kamu bikin 10 frame yah cukup lah untuk game awal, banyak contoh sprite lain malah cuman 7 frame. tinggal atur image_speed nya aja.glupfruxx wrote:
eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak??
hmmm. alarm tuh dipicu dengan step. jadi kalau alarm[0]=10, maka alarm[0] akan terpicu 10 step dari sekarang, setelah itu stop.
itu kan cuma buat alarm0 tapi kalo buat alarm yang lain itu sama??
makasih infonyaAsuna wrote:well, ini bukan soal bikin animasinyaglupfruxx wrote:waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150,
eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak??
soal buat spritenya sebagai gantinya bisa dibikin lambat buat room speed yg lebih gede, pake image_speed = ...
alarmnya akan distop setelah alarmnya udah 0, tapi alarm itu sendiri ga bisa dipause.. sebagai gantinya pake caraku tadi yang pake variable delay itu, tapi ditambahin if(enabled){ ... }
set enabled = false, buat ngepausein..60 fps cukup untuk kebanyakan display yang settingannya 60 Hz, lebih dari itu juga bisa lebih mantap untuk >60 Hzkarena mesin komputer sekarang sudah super hebat, setting step dalam room bisa ditingkatkan sampai nilai tinggi sekali. 60 step biasa, sekarang mulai banyak dicoba 120 bahkan 150.
For instance: game Touhou yang perlu ditekankan performansinya untuk mendukung jumlah peluru yang sampe ratusan, cukup pake 60 fps seperti di gambar bawah ini
- Spoiler:
tadi saya udah coba yang pake delay, koq gak terjadi apa2,
Re: -> [ASK] Alarm
set dulu delay = ... (mis. di event Create)glupfruxx wrote:makasih infonya
tadi saya udah coba yang pake delay, koq gak terjadi apa2,
dan tambahin actionnya, terserah mau gimana, di: if(delay == 0){ ... }
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: -> [ASK] Alarm
hehehe, ia bisa,Asuna wrote:set dulu delay = ... (mis. di event Create)glupfruxx wrote:makasih infonya
tadi saya udah coba yang pake delay, koq gak terjadi apa2,
dan tambahin actionnya, terserah mau gimana, di: if(delay == 0){ ... }
tapi koq bisanya cuman 1 kali?
Re: -> [ASK] Alarm
ya iyalah
kalo mau berulang2 tambahin jadi gini:
kalo mau berulang2 tambahin jadi gini:
- Code:
if(delay == 0){
delay = 30
...
}
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: -> [ASK] Alarm
Asuna wrote:ya iyalah
kalo mau berulang2 tambahin jadi gini:
- Code:
if(delay == 0){
delay = 30
...
}
atau ini
event alarm0:
- Code:
alarm[0] = 1
Re: -> [ASK] Alarm
I said ini cara selain pake alarmKevin Blaze Coolerz wrote:atau ini
event alarm0:
- Code:
alarm[0] = 1
well, itu yang buat cara pake alarm.. tapi setnya alarm[0] = 30 gan, kalo diset 1 ntar berulang2 jedanya cuma 1 step
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: -> [ASK] Alarm
Asuna wrote:I said ini cara selain pake alarmKevin Blaze Coolerz wrote:atau ini
event alarm0:
- Code:
alarm[0] = 1
well, itu yang buat cara pake alarm.. tapi setnya alarm[0] = 30 gan, kalo diset 1 ntar berulang2 jedanya cuma 1 step
gk bca koment ny dgn teliti
kan mau ny di ulang2 terus
Re: -> [ASK] Alarm
Tetep gak bisa koq,Asuna wrote:ya iyalah
kalo mau berulang2 tambahin jadi gini:
- Code:
if(delay == 0){
delay = 30
...
}
geraknya atetep cuma 1 kali..
iia mas kevin, yanag alarm aku udah ngerti koq dasarnya, makasih yawKevin Blaze Coolerz wrote:Asuna wrote:I said ini cara selain pake alarmKevin Blaze Coolerz wrote:atau ini
event alarm0:
- Code:
alarm[0] = 1
well, itu yang buat cara pake alarm.. tapi setnya alarm[0] = 30 gan, kalo diset 1 ntar berulang2 jedanya cuma 1 step
gk bca koment ny dgn teliti
kan mau ny di ulang2 terus
Re: -> [ASK] Alarm
glupfruxx wrote:
iia mas kevin, yanag alarm aku udah ngerti koq dasarnya, makasih yaw
hehehe XD
Re: -> [ASK] Alarm
aku kasih demonya aja ah, biar gampangglupfruxx wrote:Tetep gak bisa koq,
geraknya atetep cuma 1 kali..
https://www.dropbox.com/sh/mn7691uqmx0dw0g/q6jv2zCVPZ/tick-tock.gmk
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: -> [ASK] Alarm
ouwh, kaya gituh,Asuna wrote:aku kasih demonya aja ah, biar gampangglupfruxx wrote:Tetep gak bisa koq,
geraknya atetep cuma 1 kali..
https://www.dropbox.com/sh/mn7691uqmx0dw0g/q6jv2zCVPZ/tick-tock.gmk
kaya'a melenceng banget ama yang saya kerjain
makasih yaw asuna,
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik