www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

Join the forum, it's quick and easy

www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih
www.gmindo.web.id/forum
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

-> [ASK] Alarm

5 posters

Go down

-> [ASK] Alarm Empty -> [ASK] Alarm

Post by glupfruxx Wed 16 Jan 2013, 16:24

Bagaimana Cara menggunakan Alarm ??
Gimana langkah-langkahnya??
biar lebih tau lebih jalas Smile
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Asuna Wed 16 Jan 2013, 16:30

ga tau ya? itu kayak semacam jeda Hammer

mis. set alarm[0] = 30
lalu tambahin event Alarm 0, action di eventnya akan dijalankan setelah waktu 30 steps
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by glupfruxx Wed 16 Jan 2013, 17:02

Asuna wrote:ga tau ya? itu kayak semacam jeda Hammer

mis. set alarm[0] = 30
lalu tambahin event Alarm 0, action di eventnya akan dijalankan setelah waktu 30 steps
ouwh begonoh Very Happy
yang di maksud 30 step tuh apa??
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Asuna Wed 16 Jan 2013, 17:08

untuk 30 fps: 30 steps = 1 detik
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Kevin Blaze Coolerz Wed 16 Jan 2013, 20:13

room_speed umum nya adalah 30
jadi utk 1 detik = room_speed = 30
kalo room_speed = 50 maka 1 detik = 50

CMIIW Razz (gk tau bner ap salah Hammer)

utk penjelasan tentang alarm itu sangat mirip dgn alarm sungguhan,, kalo kamu set alarm nya selama 1 jam, maka ketika 1 jam maka alarm nya berbunyi

kesimpulan:
1 jam = step nya (yg 30 itu lho Very Happy)
berbunyi = action / script pada event Alarmnya Smile
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by FisherCS Thu 17 Jan 2013, 04:33

Lah postku ilang lagi? nulis ulang Mewek

Step itu tergantung dengan Room Speed-nya. Kalau speednya 1 berarti 1 step = 1 detik. Yang udah diset di Game Maker itu 30. Kalau mau edit ke Room aja. Kalau mau pake Alarm ya tinggal masukin Actionnya terus diset berapa. Terus buat event alarm lagi, supaya action Alarm bisa bekerja.

Kalau misalnya membantu kasih kita Thanks ya Hammer
FisherCS
FisherCS
Moderator
Moderator

100%
Jumlah posting : 411
Points : 479
Join date : 06.01.13
Age : 26
Lokasi : Malang

http://designgame23.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Asuna Thu 17 Jan 2013, 10:32

well, FYI room speed itu sama dengan fps aka. frame per second (logical fps, bukan actual fps) Hammer
room speed bisa diatur di room settings atau set room_speed = ...

btw penggunaan alarm sama aja dengan penggunaan seperti ini, mis. set: delay = 30
lalu di event step:
Code:
delay -= 1
if(delay == 0){
    // do action
}

Spoiler:
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by zebrakelabu Thu 17 Jan 2013, 11:01

kalo aku (ikutan berpendapat)

step bisa dibilang sebagai game loop, putaran utama dimana segala sesuatunya dijalankan dalam game secara berulang. setting 30 step dalam game room akan membuat gm engine berusaha untuk melakukan 30 update dalam 1 detik. idealnya ini berjalan mulus sehingga gamenya terlihat lancar. utk ref animasi membutuhkan minimum 24 frame dlm 1 detik.

karena mesin komputer sekarang sudah super hebat, setting step dalam room bisa ditingkatkan sampai nilai tinggi sekali. 60 step biasa, sekarang mulai banyak dicoba 120 bahkan 150.

(the hobbit movie di shoot di 120frame per sec kalo ga salah Smile )

zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by glupfruxx Thu 17 Jan 2013, 11:01

oohh, Begitu tohh Smile
Wokeh di Mengerti, Makasih Ya semua... Jempol2 Cendol
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by glupfruxx Thu 17 Jan 2013, 11:05

zebrakelabu wrote:kalo aku (ikutan berpendapat)

step bisa dibilang sebagai game loop, putaran utama dimana segala sesuatunya dijalankan dalam game secara berulang. setting 30 step dalam game room akan membuat gm engine berusaha untuk melakukan 30 update dalam 1 detik. idealnya ini berjalan mulus sehingga gamenya terlihat lancar. utk ref animasi membutuhkan minimum 24 frame dlm 1 detik.

karena mesin komputer sekarang sudah super hebat, setting step dalam room bisa ditingkatkan sampai nilai tinggi sekali. 60 step biasa, sekarang mulai banyak dicoba 120 bahkan 150.

(the hobbit movie di shoot di 120frame per sec kalo ga salah Smile )

waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150, Shocked

eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak?? Mad
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by zebrakelabu Thu 17 Jan 2013, 11:50

glupfruxx wrote:

waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150, Shocked

yah karena kamu bukan animator beneran ya gpp Smile kalo kamu bikin 10 frame yah cukup lah untuk game awal, banyak contoh sprite lain malah cuman 7 frame. tinggal atur image_speed nya aja.

glupfruxx wrote:
eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak?? Mad

hmmm. alarm tuh dipicu dengan step. jadi kalau alarm[0]=10, maka alarm[0] akan terpicu 10 step dari sekarang, setelah itu stop.
zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Asuna Thu 17 Jan 2013, 12:04

glupfruxx wrote:waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150, Shocked

eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak?? Mad
well, ini bukan soal bikin animasinya Hammer
soal buat spritenya sebagai gantinya bisa dibikin lambat buat room speed yg lebih gede, pake image_speed = ...

alarmnya akan distop setelah alarmnya udah 0, tapi alarm itu sendiri ga bisa dipause.. sebagai gantinya pake caraku tadi yang pake variable delay itu, tapi ditambahin if(enabled){ ... }
set enabled = false, buat ngepausein..

karena mesin komputer sekarang sudah super hebat, setting step dalam room bisa ditingkatkan sampai nilai tinggi sekali. 60 step biasa, sekarang mulai banyak dicoba 120 bahkan 150.
60 fps cukup untuk kebanyakan display yang settingannya 60 Hz, lebih dari itu juga bisa lebih mantap untuk >60 Hz

For instance: game Touhou yang perlu ditekankan performansinya untuk mendukung jumlah peluru yang sampe ratusan, cukup pake 60 fps seperti di gambar bawah ini
Spoiler:
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by glupfruxx Thu 17 Jan 2013, 13:27

zebrakelabu wrote:
glupfruxx wrote:

waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150, Shocked

yah karena kamu bukan animator beneran ya gpp Smile kalo kamu bikin 10 frame yah cukup lah untuk game awal, banyak contoh sprite lain malah cuman 7 frame. tinggal atur image_speed nya aja.

glupfruxx wrote:
eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak?? Mad

hmmm. alarm tuh dipicu dengan step. jadi kalau alarm[0]=10, maka alarm[0] akan terpicu 10 step dari sekarang, setelah itu stop.
ooh kaya gitu, berarti kalo udah 10 step langsung stop.
itu kan cuma buat alarm0 tapi kalo buat alarm yang lain itu sama??




Asuna wrote:
glupfruxx wrote:waaww,, aku bikin 10 frame aja susah banget, apa lagi 120-150, Shocked

eh ia tanya lagi, Alarm itu bisa di Stop gak?? Mad
well, ini bukan soal bikin animasinya Hammer
soal buat spritenya sebagai gantinya bisa dibikin lambat buat room speed yg lebih gede, pake image_speed = ...

alarmnya akan distop setelah alarmnya udah 0, tapi alarm itu sendiri ga bisa dipause.. sebagai gantinya pake caraku tadi yang pake variable delay itu, tapi ditambahin if(enabled){ ... }
set enabled = false, buat ngepausein..

karena mesin komputer sekarang sudah super hebat, setting step dalam room bisa ditingkatkan sampai nilai tinggi sekali. 60 step biasa, sekarang mulai banyak dicoba 120 bahkan 150.
60 fps cukup untuk kebanyakan display yang settingannya 60 Hz, lebih dari itu juga bisa lebih mantap untuk >60 Hz

For instance: game Touhou yang perlu ditekankan performansinya untuk mendukung jumlah peluru yang sampe ratusan, cukup pake 60 fps seperti di gambar bawah ini
Spoiler:
makasih infonya Smile

tadi saya udah coba yang pake delay, koq gak terjadi apa2, Mad
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Asuna Thu 17 Jan 2013, 16:00

glupfruxx wrote:makasih infonya Smile

tadi saya udah coba yang pake delay, koq gak terjadi apa2, Mad
set dulu delay = ... (mis. di event Create)
dan tambahin actionnya, terserah mau gimana, di: if(delay == 0){ ... }
Hammer
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by glupfruxx Thu 17 Jan 2013, 16:49

Asuna wrote:
glupfruxx wrote:makasih infonya Smile

tadi saya udah coba yang pake delay, koq gak terjadi apa2, Mad
set dulu delay = ... (mis. di event Create)
dan tambahin actionnya, terserah mau gimana, di: if(delay == 0){ ... }
Hammer
hehehe, ia bisa, Smile
tapi koq bisanya cuman 1 kali? Bingung
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Asuna Thu 17 Jan 2013, 16:57

ya iyalah -> [ASK] Alarm 4237465583
kalo mau berulang2 tambahin jadi gini:
Code:
if(delay == 0){
    delay = 30
    ...
}
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Kevin Blaze Coolerz Thu 17 Jan 2013, 19:12

Asuna wrote:ya iyalah -> [ASK] Alarm 4237465583
kalo mau berulang2 tambahin jadi gini:
Code:
if(delay == 0){
    delay = 30
    ...
}

atau ini
event alarm0:
Code:
alarm[0] = 1

Hammer
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Asuna Thu 17 Jan 2013, 19:20

Kevin Blaze Coolerz wrote:atau ini
event alarm0:
Code:
alarm[0] = 1

Hammer
I said ini cara selain pake alarm -> [ASK] Alarm 4237465583

well, itu yang buat cara pake alarm.. tapi setnya alarm[0] = 30 gan, kalo diset 1 ntar berulang2 jedanya cuma 1 step Hammer
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Kevin Blaze Coolerz Thu 17 Jan 2013, 23:20

Asuna wrote:
Kevin Blaze Coolerz wrote:atau ini
event alarm0:
Code:
alarm[0] = 1

Hammer
I said ini cara selain pake alarm -> [ASK] Alarm 4237465583

well, itu yang buat cara pake alarm.. tapi setnya alarm[0] = 30 gan, kalo diset 1 ntar berulang2 jedanya cuma 1 step Hammer

Ngakak gk bca koment ny dgn teliti Hammer

kan mau ny di ulang2 terus Mad
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by glupfruxx Fri 18 Jan 2013, 06:53

Asuna wrote:ya iyalah -> [ASK] Alarm 4237465583
kalo mau berulang2 tambahin jadi gini:
Code:
if(delay == 0){
    delay = 30
    ...
}
Tetep gak bisa koq, Bingung
geraknya atetep cuma 1 kali..


Kevin Blaze Coolerz wrote:
Asuna wrote:
Kevin Blaze Coolerz wrote:atau ini
event alarm0:
Code:
alarm[0] = 1

Hammer
I said ini cara selain pake alarm -> [ASK] Alarm 4237465583

well, itu yang buat cara pake alarm.. tapi setnya alarm[0] = 30 gan, kalo diset 1 ntar berulang2 jedanya cuma 1 step Hammer

Ngakak gk bca koment ny dgn teliti Hammer

kan mau ny di ulang2 terus Mad
iia mas kevin, yanag alarm aku udah ngerti koq dasarnya, makasih yaw Smile
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Kevin Blaze Coolerz Fri 18 Jan 2013, 09:07

glupfruxx wrote:
iia mas kevin, yanag alarm aku udah ngerti koq dasarnya, makasih yaw Smile

hehehe XD Very Happy
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Asuna Sat 19 Jan 2013, 09:45

glupfruxx wrote:Tetep gak bisa koq, Bingung
geraknya atetep cuma 1 kali..
aku kasih demonya aja ah, biar gampang Hammer
https://www.dropbox.com/sh/mn7691uqmx0dw0g/q6jv2zCVPZ/tick-tock.gmk
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by glupfruxx Sat 19 Jan 2013, 11:02

Asuna wrote:
glupfruxx wrote:Tetep gak bisa koq, Bingung
geraknya atetep cuma 1 kali..
aku kasih demonya aja ah, biar gampang Hammer
https://www.dropbox.com/sh/mn7691uqmx0dw0g/q6jv2zCVPZ/tick-tock.gmk
ouwh, kaya gituh, Very Happy
kaya'a melenceng banget ama yang saya kerjain Hammer
makasih yaw asuna, Smile
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by glupfruxx Wed 23 Jan 2013, 09:39

Okey, Aku tutup, Makasih All Jempol2
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

-> [ASK] Alarm Empty Re: -> [ASK] Alarm

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik