[Beginner-Intermediate] String
+4
Arif_IndoFuture
HaNIFU
Game Maker Newbie
Kevin Blaze Coolerz
8 posters
Halaman 1 dari 1
[Beginner-Intermediate] String
String adalah karakter atau bisa disebut juga dengan huruf. String merupakan salah satu type input di GameMaker (maupun bahasa program lain). Type string kita ketahui dengan bentuk nya yg selalu di apit oleh tanda kutip 1 maupun kutip 2 ( ' atau " ). Contoh:
str = "Ini string"
str = 'ini juga string'
str = "bukan string'
str = 'juga bukan string"
Pemberian kutip haruslah kompak, jika kamu menggunakan kutip 2 sebagai pembuka, maka untuk penutup juga harus menggunakan kutip 2.
Namun, kamu juga bisa mengkombinasikan nya, contoh:
Kombinasi 2 kutip:
lalu ada fungsi lain lagi daripada string(), yaitu:
-real() = kebalikan dari string, mengubah string ke angka. Contoh:
Contoh: bil_ascii=chr("A");
Hasil: bil_ascii=65
-ord() = kebalikan dari chr(), merubah bilangan ascii ke huruf
Contoh: huruf=ord(65)
Hasil: huruf="A"
-string_length(str) = mengetahui panjang karakter dari sebuah string. Contoh:
-string_pos(sub string, str) = mengetahui posisi keberapa sub-string yg di cari. Contoh:
-string_char_at(str, index) = kebalikan dari string_pos(), mengetahui huruf apa yg ada di posisi yg di cari. Contoh:
-string_copy(str, index, count) = mengcopy huruf dari string dengan letak dan panjang tertentu. Contoh:
-string_delete(str, index, count) = sama dengan yg diatas, tpi bukan di copy, melainkan di hapus. Kita ambil contoh diatas, maka hasilnya: copy="Gaker"
-string_insert(substr, str, index) = menyisipkan string tertentu dan di posisi tertentu. Contoh:
-string_replace(str, substr, newstr) = mereplace/ganti huruf tertentu dengan huruf tertentu :PContoh:
note: yang di replace adalah huruf yg pertama kali ditemukan, cma 1x replace.
-string_replace_all(str, substr, newstr) = sama saja, tapi yang direplace itu semuanya. Contoh:
-string_count(str, substr) = menghitung jumlah huruf tertentu dalam suatu string. Contoh:
-string_lower(str) = mengecilkan semua huruf. Contoh:
*alayer pasti gak suka dengan fungsi ini
-string_upper(str) = kebalikan dari yang atas, yg ini untuk jadiin huruf KAPITAL semua. Gak usah contoh kali ya?
-string_repeat(str, count) = untuk mengulang/repeat string. Contoh:
-string_letters(str) = untuk mengambil huruf pada string, semua angka & simbol (bahkan spasi) akan di remove. Contoh:
-string_digits(str) = kebalikan nya, ini untuk mengambil angka saja, yg lain di bakar.
-string_lettersdigits(str) = ini fusion antara 2 fungsi diatas, yang diambil huruf dan angka saja.
-string_format(val, tot, dec) = merubah angka/val ke string, menggunakan format kita sendiri. Contoh:
karena nilai tot adalah 10, maka new_str mau tidak mau panjang nya harus 10 digits juga. Dan 3 angka di belakang koma itu karena nilai dec=3.
*note: hasil dari new_str bukan underscore (_), tapi spasi.
Ya gak begitu penting lah fungsi ini :Pgak usah di pelajari
Dari sekian banyak fungsi diatas, tentu kita bisa mengkombinasikan nya. Contoh nih:
str = "Ini string"
str = 'ini juga string'
str = "bukan string'
str = 'juga bukan string"
Pemberian kutip haruslah kompak, jika kamu menggunakan kutip 2 sebagai pembuka, maka untuk penutup juga harus menggunakan kutip 2.
Namun, kamu juga bisa mengkombinasikan nya, contoh:
Kombinasi 2 kutip:
- Code:
str = "hmm, 'Kevin Blaze Coolerz', it's my name"
- Code:
user_name="Kevin"
str = "My name is: "+user_name+", yeaah"
- Code:
umur=18
str = "Umuku "+string(umur)+' tahun'
lalu ada fungsi lain lagi daripada string(), yaitu:
-real() = kebalikan dari string, mengubah string ke angka. Contoh:
- Code:
str_umur="18"
umur=real(str_umur)
Contoh: bil_ascii=chr("A");
Hasil: bil_ascii=65
-ord() = kebalikan dari chr(), merubah bilangan ascii ke huruf
Contoh: huruf=ord(65)
Hasil: huruf="A"
-string_length(str) = mengetahui panjang karakter dari sebuah string. Contoh:
- Code:
my_str="Kevin Blaze Coolerz"
panjang=string_length(my_str)
-string_pos(sub string, str) = mengetahui posisi keberapa sub-string yg di cari. Contoh:
- Code:
my_str="Game Maker"
pos=string_pos("e",my_str)
-string_char_at(str, index) = kebalikan dari string_pos(), mengetahui huruf apa yg ada di posisi yg di cari. Contoh:
- Code:
my_str="Game Maker"
huruf=string_char_at(my_str,8)
-string_copy(str, index, count) = mengcopy huruf dari string dengan letak dan panjang tertentu. Contoh:
- Code:
my_str="Game Maker"
copy=string_copy(my_str, 2, 5)
-string_delete(str, index, count) = sama dengan yg diatas, tpi bukan di copy, melainkan di hapus. Kita ambil contoh diatas, maka hasilnya: copy="Gaker"
-string_insert(substr, str, index) = menyisipkan string tertentu dan di posisi tertentu. Contoh:
- Code:
my_str="Game Maker"
new_str=string_insert("_Indonesia", my_str, 11)
-string_replace(str, substr, newstr) = mereplace/ganti huruf tertentu dengan huruf tertentu :PContoh:
- Code:
new_str=string_replace("ABBBB","B","Z")
note: yang di replace adalah huruf yg pertama kali ditemukan, cma 1x replace.
-string_replace_all(str, substr, newstr) = sama saja, tapi yang direplace itu semuanya. Contoh:
- Code:
new_str=string_replace_all("ABBBB","B","Z")
-string_count(str, substr) = menghitung jumlah huruf tertentu dalam suatu string. Contoh:
- Code:
count=string_count("ABBBB","B")
-string_lower(str) = mengecilkan semua huruf. Contoh:
- Code:
new_str=string_lower("iNi cuMa conToH eAaaAaa")
*alayer pasti gak suka dengan fungsi ini
-string_upper(str) = kebalikan dari yang atas, yg ini untuk jadiin huruf KAPITAL semua. Gak usah contoh kali ya?
-string_repeat(str, count) = untuk mengulang/repeat string. Contoh:
- Code:
new_str=string_repeat("Tes",5)
-string_letters(str) = untuk mengambil huruf pada string, semua angka & simbol (bahkan spasi) akan di remove. Contoh:
- Code:
new_str=string_letters("H4ii s3mu4 ny4, 123ASb7BgO")
-string_digits(str) = kebalikan nya, ini untuk mengambil angka saja, yg lain di bakar.
-string_lettersdigits(str) = ini fusion antara 2 fungsi diatas, yang diambil huruf dan angka saja.
-string_format(val, tot, dec) = merubah angka/val ke string, menggunakan format kita sendiri. Contoh:
- Code:
new_str=string_format(123,10,3)
karena nilai tot adalah 10, maka new_str mau tidak mau panjang nya harus 10 digits juga. Dan 3 angka di belakang koma itu karena nilai dec=3.
*note: hasil dari new_str bukan underscore (_), tapi spasi.
Ya gak begitu penting lah fungsi ini :Pgak usah di pelajari
Dari sekian banyak fungsi diatas, tentu kita bisa mengkombinasikan nya. Contoh nih:
- Code:
new_str="Game "+string_replace_all('Makerz','z','')+' '+string_copy('GMIndonesia',string_pos('I','GMIndonesia'),8)+string_lower(chr(65))
show_message(string(new_str))
Terakhir diubah oleh Kevin Blaze Coolerz tanggal Sat 04 Jan 2014, 09:46, total 1 kali diubah (Reason for editing : salah ketik)
Re: [Beginner-Intermediate] String
Thanx, nice info
Baru tahu fungsi string_format...
Baru tahu fungsi string_format...
HaNIFU- Global Moderator
-
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta
Re: [Beginner-Intermediate] String
Sip Vin Nice tutorial
Mudah dipahami
Lain kali share tutorial lagi tentang fungsi" GML lagi
Mudah dipahami
Lain kali share tutorial lagi tentang fungsi" GML lagi
Re: [Beginner-Intermediate] String
nice share kev
sekedar tambahan, untuk string yang nantinya akan dipakai di dalam game, mungkin waktu digambar kalian biasa pakai koordinat:
misal punya:
mystr="Hello";
// draw
draw_set_color(c_white);
draw_text(10,10,mystr)
Bisa sih, tapi cara yang mungkin lebih baik adalah dengan menggunakan alignment, seperti kalau mengetik di Word, jadi ada rata kiri (fa_left), rata kanan (fa_right), dan tengah (fa_center)
Jadi:
// draw event:
draw_set_color(c_white);
draw_set_halign(fa_left) // artinya secara horizontal rata kiri
draw_text(10,10,mystr) // titik 10,10 acuan kiri, teks rata kiri
draw_set_halign(fa_right) // rata kanan
draw_text(room_width-10, 10, mystr) // acuan kanan, teks rata kanan
draw_set_halign(fa_center)
draw_text(room_width/2, 10, mystr) // teks di tengah atas
Hal sama bisa berlaku juga untuk vertical alignment.
Udah segitu dulu
sekedar tambahan, untuk string yang nantinya akan dipakai di dalam game, mungkin waktu digambar kalian biasa pakai koordinat:
misal punya:
mystr="Hello";
// draw
draw_set_color(c_white);
draw_text(10,10,mystr)
Bisa sih, tapi cara yang mungkin lebih baik adalah dengan menggunakan alignment, seperti kalau mengetik di Word, jadi ada rata kiri (fa_left), rata kanan (fa_right), dan tengah (fa_center)
Jadi:
// draw event:
draw_set_color(c_white);
draw_set_halign(fa_left) // artinya secara horizontal rata kiri
draw_text(10,10,mystr) // titik 10,10 acuan kiri, teks rata kiri
draw_set_halign(fa_right) // rata kanan
draw_text(room_width-10, 10, mystr) // acuan kanan, teks rata kanan
draw_set_halign(fa_center)
draw_text(room_width/2, 10, mystr) // teks di tengah atas
Hal sama bisa berlaku juga untuk vertical alignment.
Udah segitu dulu
Re: [Beginner-Intermediate] String
Content removed
Mod note from Asuna: kalo mau bikin pertanyaan baru harus di trit baru
Mod note from Asuna: kalo mau bikin pertanyaan baru harus di trit baru
Terakhir diubah oleh Asuna tanggal Sun 27 Oct 2013, 22:59, total 1 kali diubah (Reason for editing : Content removed)
Threeal- Newbie
-
Jumlah posting : 60
Points : 70
Join date : 15.10.13
Age : 25
Lokasi : lamongan, jawa timur, indonesia
Re: [Beginner-Intermediate] String
Bro, ada kesalahan tuh
string_replace_all() code blocknya ada yg salah tuh bro
string_count() code blocknya juga salah bro
string_replace_all() code blocknya ada yg salah tuh bro
string_count() code blocknya juga salah bro
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Re: [Beginner-Intermediate] String
keren gan
Irshad Muhammad- Newbie
-
Jumlah posting : 37
Points : 37
Join date : 14.07.13
Age : 32
Re: [Beginner-Intermediate] String
what the hellIrshad Muhammad wrote:keren gan
ini bukan game gan,, coba baca dulu sbelum koment. kalo masih nge-junk kyk gini, warnbar -1 atau bahkan banned
Re: [Beginner-Intermediate] String
lebar string/text dalam pixel,, kalo pke font, syarat ny hrus di draw dulu text ny, bru bsa dpt hasil yg akurat.'
Similar topics
» [Beginner-Intermediate] file_find()
» [Beginner-Intermediate] Random number
» [Beginner - Intermediate] Script + Argument
» [Beginner-Intermediate] Object dan instance
» [Beginner-Intermediate] GMS Array Function
» [Beginner-Intermediate] Random number
» [Beginner - Intermediate] Script + Argument
» [Beginner-Intermediate] Object dan instance
» [Beginner-Intermediate] GMS Array Function
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik