[ask] grafis
5 posters
Halaman 1 dari 1
[ask] grafis
ada masalah nih tentang grafis. pada saat fullscreen grafisnya menjadi sedikit kotak-kotak(kurang bagus) gak seperti game yg lain misalnya game PVZ mode window atau fullscreen grafisnya tetep aja bagus. nih contohnya dan saya sengaja pakai link kalau langsung nanti gak ketauan perbedaannya.
grafis PVZ fullscreen
grafis GM 8.0 fullscreen
kalau versi diatasnya saya gak tau mungkin sama tu
bagaimana sudah tau kan perbadaannya.apakah ada cara tuh agar mode window atau fullscreen grafisnya tetep bagus mohon bantuannya ya.
grafis PVZ fullscreen
grafis GM 8.0 fullscreen
kalau versi diatasnya saya gak tau mungkin sama tu
bagaimana sudah tau kan perbadaannya.apakah ada cara tuh agar mode window atau fullscreen grafisnya tetep bagus mohon bantuannya ya.
L.M Afrizal R- GM Beginner
-
Jumlah posting : 165
Points : 125
Join date : 15.07.13
Age : 25
Re: [ask] grafis
Pertanyaannya ini soal grafis game di Komputermu atau grafis diproyekmu? :/ Kalau yang kamu tanya tentang proyekmu di Game Maker ke Global Setting terus cari 'Interpolate colors between pixel' dan centang (Kalau di Game Maker Studio ada di tab Windows).
EDIT
Kayaknya kalau masalah resolusi, Game Maker agak kurang ... :/
EDIT
Kayaknya kalau masalah resolusi, Game Maker agak kurang ... :/
Re: [ask] grafis
aku dah coba tapi hasilnya tetep aja sama
jadi ini masalahnya pada GM itu sendiri dan hal ini akan terus terjadi sampai orang yg mengembangkan GM dapat memperbaikinya gitu
apakah di GMS pun juga hasilnya sama ?Kayaknya kalau masalah resolusi, Game Maker agak kurang ... :/
jadi ini masalahnya pada GM itu sendiri dan hal ini akan terus terjadi sampai orang yg mengembangkan GM dapat memperbaikinya gitu
L.M Afrizal R- GM Beginner
-
Jumlah posting : 165
Points : 125
Join date : 15.07.13
Age : 25
Re: [ask] grafis
Coba ubah aja resolusi screen ny sesuai resolusi room game >.<
HaNIFU- Global Moderator
-
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta
Re: [ask] grafis
IMO cara yang lebih efektif yaitu ukuran layar gamenya sama dengan resolusi screen yg diset (e.g. 640x480, 800x600, 1024x768, ratio 4:3 or 16:9), ketimbang ukuran game yg bisa berapa aja harus distretch sesuai resolusinya, dimana harus dilakukan interpolasi (bisa aja karena dlm mekanismenya sistem gamenya tidak menggunakan interpolasi bilinear/bicubic menyebabkan tampilan jadi pecah2)
@HaNIFU
berarti resolusi screennya harus disesuain biarpun ukuran gamenya 500x900 kalo gitu, sedangkan layar monitor sendiri ga bisa dipaksa utk menyesuaikan ukuran tsb (not allowed/invalid resolution), dan berpotensi merusak layar monitor
@HaNIFU
berarti resolusi screennya harus disesuain biarpun ukuran gamenya 500x900 kalo gitu, sedangkan layar monitor sendiri ga bisa dipaksa utk menyesuaikan ukuran tsb (not allowed/invalid resolution), dan berpotensi merusak layar monitor
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ask] grafis
@Asuna, iya tapi kan setiap resolusi pc kan beda" ? o.O
Tapi banyak kok game" yang ngubah resolusi screen ny, tapi ya dikira-kiralah rasiony yg wajar" aja (seperti yg sudah km sebutin tadi...)
Lagian pilihan 500X900 di global game setting gk ada.. >.<
Tapi banyak kok game" yang ngubah resolusi screen ny, tapi ya dikira-kiralah rasiony yg wajar" aja (seperti yg sudah km sebutin tadi...)
Lagian pilihan 500X900 di global game setting gk ada.. >.<
HaNIFU- Global Moderator
-
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta
Re: [ask] grafis
^
di option gamenya emang disediakan pilihan resolusi yang common (640x480, 800x600, 1024x768, beberapa yg ratio 16:9/16:10) dimana semua jenis monitor support, ada yg menyediakan pilihan current resolution (tdk mengubah), bahkan ada yg ngelist semua pilihan resolusi (and corresponding color depth & refresh rate) yg disupport monitor yg dipake; dan ukuran gamenya diresize utk mengikuti resolusi tapi gak distretch (elemen2 GUI keliatan gede di resolusi kecil dan sebaliknya)
di option gamenya emang disediakan pilihan resolusi yang common (640x480, 800x600, 1024x768, beberapa yg ratio 16:9/16:10) dimana semua jenis monitor support, ada yg menyediakan pilihan current resolution (tdk mengubah), bahkan ada yg ngelist semua pilihan resolusi (and corresponding color depth & refresh rate) yg disupport monitor yg dipake; dan ukuran gamenya diresize utk mengikuti resolusi tapi gak distretch (elemen2 GUI keliatan gede di resolusi kecil dan sebaliknya)
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ask] grafis
Kalau mau aman, pakai resolusi pasti dengan rasio 4:3 (1024x768,800x600), seperti monitor jadul. Kalau ketemu widescreen, tetap saja pakai rasio 4:3 utk pertahankan rasio. Akan ada bar hitam di kiri kanan, gpp lah. banyak kok game komersial yang seperti itu.
Kalau mau berpetualang di dunia resolusi, silahkan juga sekarang hampir ga ada standard pasti untuk resolusi monitor. Jadi entah view port kamu yang dirubah, game kamu distretch yah terserah aja. Untuk tile scaling kemampuannya bukan tergantung GM tapi tergantung video card masing2. Mungkin bisa dibaca berikut ini :
http://yoyogames.com/tech_blog/8
Aku sendiri lihat dua screenshot tadi ga ada bedanya sih yah, kotak2nya ga ada tuh.
Kalau mau berpetualang di dunia resolusi, silahkan juga sekarang hampir ga ada standard pasti untuk resolusi monitor. Jadi entah view port kamu yang dirubah, game kamu distretch yah terserah aja. Untuk tile scaling kemampuannya bukan tergantung GM tapi tergantung video card masing2. Mungkin bisa dibaca berikut ini :
http://yoyogames.com/tech_blog/8
Aku sendiri lihat dua screenshot tadi ga ada bedanya sih yah, kotak2nya ga ada tuh.
Re: [ask] grafis
kalau untuk resolusi pc selalu pake 1024x768 karena windows merecomended resolusi ini.Kalau mau aman, pakai resolusi pasti dengan rasio 4:3 (1024x768,800x600), seperti monitor jadul. Kalau ketemu widescreen, tetap saja pakai rasio 4:3 utk pertahankan rasio. Akan ada bar hitam di kiri kanan, gpp lah. banyak kok game komersial yang seperti itu.
saya jadi pusing nih tapi coba gini aja
1.download link gambar yg telah aku sediain di atas atau gambar apapunlah yg ukuran 800x600
2.buka gambar tsb pake windows photo viewer,lalu fullscreen dengan menekan tombol bulet biru tengah bawah
3.sekarang coba di GM, jadikan gambar tsb menjadi background
4.bikin sebuah room 800x600
5.set backgroundnya pake gambar yg tadi
6.lalu test dengan fullscreen mode
7.lihat perbedaannya kan antara fullscreen di WPV dan fullscreen di GM
maaf nih kalau terlalu panjang mohon di coba ya
L.M Afrizal R- GM Beginner
-
Jumlah posting : 165
Points : 125
Join date : 15.07.13
Age : 25
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik