[ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
+2
Kevin Blaze Coolerz
error.htaccess
6 posters
Halaman 1 dari 1
[ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
seperti gambar diatas
player = doraemon
obj next stage = obj_next
tombol stage 2 = tmbl_stg2
pertanyaannya, gmna biar tmbl_stg2 muncul di room Main_Menu ketika doraemon menyentuh obj_next?
semoga ada solusi dari kawan"
error.htaccess- Newbie
-
Jumlah posting : 5
Points : 4
Join date : 05.11.13
Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
pertanyaan & gmbar kagak ada hubungan nyerror.htaccess wrote:
seperti gambar diatas
player = doraemon
obj next stage = obj_next
tombol stage 2 = tmbl_stg2
pertanyaannya, gmna biar tmbl_stg2 muncul di room Main_Menu ketika doraemon menyentuh obj_next?
semoga ada solusi dari kawan"
doraemon, obj_next, & tombol stage 2 mana?
Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
Pake Variable...
Buat obj_lvl_checker, persistentnya dicentang
Di Create Event obj_lvl_checker -> Masukkin Code:
Buat obj_lvl_checker, persistentnya dicentang
Di Create Event obj_lvl_checker -> Masukkin Code:
- Code:
global.level_2='Locked'
- Code:
if global.level_2='Unlocked'
{
instance_create(koordinatx,koordinaty,tmbl_stg2)
}
- Code:
global.level_2='Unlocked'
Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
nah tq bang GMN ane coba dlu
error.htaccess- Newbie
-
Jumlah posting : 5
Points : 4
Join date : 05.11.13
Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
ga bisa nongol tmbl_stg2nya gan..
error.htaccess- Newbie
-
Jumlah posting : 5
Points : 4
Join date : 05.11.13
Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
'Locked' diganti false dan 'Unlocked' diganti true (bukan string)
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
Asuna, emang bedanya apa? Kan tergantung cara pemakaian script, jadi false atau true ga masalah kan?
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
kalo mau yg simple, pake 1/0 sbg pengganti true/false atau unlocked/locked
Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
@Zihad
iya maksud gw false/true sebagai pengganti string 'Locked'/'Unlocked', dan pada dasarnya false & true merupakan constant yg bernilai masing2 0 & 1, so what's wrong?
belum dicoba sih sebelumnya kalo ternyata string bisa langsung dicompare pake '=' di GML, tidak seperti di bahasa pemrograman (C/C++, java, pascal)
tapi menurut sudut pandang programmer (bukan scripter) compare string untuk hal demikian sebaiknya tidak dilakukan karena beban komputasinya yang sebanding dgn panjang string, tidak seperti compare 1/0 atau true/false
dan kalo gitu balik lagi ke soal caranya GMN, itu udah bener tapi pastikan:
- obj_lvl_checker ditaroh di roomnya select stage
- masukin nilai koordinatx,koordinaty misalny 100,100
- tmbl_stg2 udah diset spritenya dan visible dicentangin
atau lebih baiknya kalo tmbl_stg2 ditaroh di room select stage dan awalnya gk visible tapi di Step Event obj_lvl_checker ganti jadi:
iya maksud gw false/true sebagai pengganti string 'Locked'/'Unlocked', dan pada dasarnya false & true merupakan constant yg bernilai masing2 0 & 1, so what's wrong?
belum dicoba sih sebelumnya kalo ternyata string bisa langsung dicompare pake '=' di GML, tidak seperti di bahasa pemrograman (C/C++, java, pascal)
tapi menurut sudut pandang programmer (bukan scripter) compare string untuk hal demikian sebaiknya tidak dilakukan karena beban komputasinya yang sebanding dgn panjang string, tidak seperti compare 1/0 atau true/false
dan kalo gitu balik lagi ke soal caranya GMN, itu udah bener tapi pastikan:
- obj_lvl_checker ditaroh di roomnya select stage
- masukin nilai koordinatx,koordinaty misalny 100,100
- tmbl_stg2 udah diset spritenya dan visible dicentangin
atau lebih baiknya kalo tmbl_stg2 ditaroh di room select stage dan awalnya gk visible tapi di Step Event obj_lvl_checker ganti jadi:
- Code:
if global.level_2='Unlocked' //(atau diganti true)
{
tmbl_stg2.visible = true
}
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ASK] Membuat fungsi select stage seperti anggry bird
yang dimaksud asuna tuh, kalau statusnya cuman locked/unlocked, itu berarti cuman 2 kondisi yang berlawanan, sering disebut juga dengan toggle/toggling. untuk toggling, nilai 1-0 atau true-false saja sudah cukup. kalau pakai kata ,misalnya "locked" atau "unlocked" maka game kemungkinan besar akan terpaksa menggunakan string comparison yang lebih memakan resource (waktu, proses) ketimbang byte comparison seperti true - false. jadi untuk kondisi toggle pakai saja true-false. keywordnya bahkan sudah built in, tinggal langsung pakai
nice background btw ayo teruskan
nice background btw ayo teruskan
Similar topics
» [ASK] Cara membuat Game seperti GTA
» [Share] cara membuat sprites 2D nampak seperti 3D
» [ASK] Cara membuat game seperti angry birds
» Apa yang membuat kamu ingin membuat game sendiri?
» Fungsi Argument ??
» [Share] cara membuat sprites 2D nampak seperti 3D
» [ASK] Cara membuat game seperti angry birds
» Apa yang membuat kamu ingin membuat game sendiri?
» Fungsi Argument ??
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik