[News] Short Circuit Evaluation in GMS
+2
Arif_IndoFuture
Kevin Blaze Coolerz
6 posters
Halaman 1 dari 1
[News] Short Circuit Evaluation in GMS
Mungkin beberapa dri kita prnah merasa annoying dgn script OR di GameMakerLanguage, misalnya saja:
GM akan menguji coba smua nya, mulai dari kondisi pertama yaitu place_free(x,y+1), dan kondisi kedua (juga seterus nya jika OR nya lebih dari 1). Seharusnya, yg di uji cuma bagian pertama saja, jika hasilnya True, maka gak peduli kondisi kedua itu true atau false. Jika kondisi pertama False, maka kondisi ke-2 di uji dan jika True maka kondisi ke-3 dst nya tidak di uji.
Untuk masalah statement AND, juga akan disamakan dgn statement OR >> Jika kondisi pertama nya False, maka kondisi ke-2 dst nya tidak di uji lagi.
Hal ini secara tidak langsung akan memperlambat proses pembacaan script yg akan di execute. walau hanya berbeda beberapa mili-detik (tergantung script), tapi kalo terus dibiarkan juga tidak baik.
Semua udah dibahas di Report Bug, dan udah di tanggapi juga oleh moderator nya, alhasil nanti di GMS akan diadakan Short Circuit Evaluation. Dan nanti ny bisa di set On/Off di Global Game Setting (untuk keperluan debugging, mungkin)
Kita berharap GML bisa makin baik kedepan nya
- Code:
if place_free(x,y+1) or place_free(x+1,y) {...}
GM akan menguji coba smua nya, mulai dari kondisi pertama yaitu place_free(x,y+1), dan kondisi kedua (juga seterus nya jika OR nya lebih dari 1). Seharusnya, yg di uji cuma bagian pertama saja, jika hasilnya True, maka gak peduli kondisi kedua itu true atau false. Jika kondisi pertama False, maka kondisi ke-2 di uji dan jika True maka kondisi ke-3 dst nya tidak di uji.
Untuk masalah statement AND, juga akan disamakan dgn statement OR >> Jika kondisi pertama nya False, maka kondisi ke-2 dst nya tidak di uji lagi.
Hal ini secara tidak langsung akan memperlambat proses pembacaan script yg akan di execute. walau hanya berbeda beberapa mili-detik (tergantung script), tapi kalo terus dibiarkan juga tidak baik.
Semua udah dibahas di Report Bug, dan udah di tanggapi juga oleh moderator nya, alhasil nanti di GMS akan diadakan Short Circuit Evaluation. Dan nanti ny bisa di set On/Off di Global Game Setting (untuk keperluan debugging, mungkin)
Kita berharap GML bisa makin baik kedepan nya
Re: [News] Short Circuit Evaluation in GMS
Would better give some opinions~
ane baru nyadar sih ternyata mekanisme evaluasi AND dan OR begitu, udah dicoba barusan sih ternyata tetep dievaluasi kedua expression tsb, tapi kalo di pemrograman seperti C/C++ kinerjanya bisa lebih optimal sehingga expression selanjutnya yg jika tidak perlu dicek bisa dilewatkan
btw ane kasih tau cara alternatifnya yaitu:
if(f1() and f2()) foo(); menjadi
semoga bermanfaat
ane baru nyadar sih ternyata mekanisme evaluasi AND dan OR begitu, udah dicoba barusan sih ternyata tetep dievaluasi kedua expression tsb, tapi kalo di pemrograman seperti C/C++ kinerjanya bisa lebih optimal sehingga expression selanjutnya yg jika tidak perlu dicek bisa dilewatkan
btw ane kasih tau cara alternatifnya yaitu:
if(f1() and f2()) foo(); menjadi
- Code:
if(f1()){
if(f2()){
foo()
}
}
- Code:
if(f1()){
foo()
}else if(f2()){
foo()
}
semoga bermanfaat
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [News] Short Circuit Evaluation in GMS
Nice share, emang sih kurang efektif kalo harus nge-check semua OR, AND... tapi laen lagi kalo pake operator XOR, kayaknya gak bisa kalo gak di-check keduanya...
HaNIFU- Global Moderator
-
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta
Re: [News] Short Circuit Evaluation in GMS
Yay di post. xD
Ini ga cuma bikin lag. Juga bisa bikin beberapa compile error yang harusnya ga ada error.. Akhirnya GML menjadi lebih efektif
Ane khawatir sama yang belum tau. Karna nanti SCE bakal secara default on di GGS. Takutnya yang ga tau malah dapet error dari return yang ga biasanya.
Ini ga cuma bikin lag. Juga bisa bikin beberapa compile error yang harusnya ga ada error.. Akhirnya GML menjadi lebih efektif
Ane khawatir sama yang belum tau. Karna nanti SCE bakal secara default on di GGS. Takutnya yang ga tau malah dapet error dari return yang ga biasanya.
Re: [News] Short Circuit Evaluation in GMS
@asuna: yep, alternatif lain yg tepat
@hanifu: yg di permasalahkan sih cma AND dan OR,, XOR sih gk
@meliaz: pihak Yoyo bakal nemu bnyk report bug yg sama tntang "error code" dan jawaban ny psti sama,, yaitu ubah setting di GGS
@hanifu: yg di permasalahkan sih cma AND dan OR,, XOR sih gk
@meliaz: pihak Yoyo bakal nemu bnyk report bug yg sama tntang "error code" dan jawaban ny psti sama,, yaitu ubah setting di GGS
Re: [News] Short Circuit Evaluation in GMS
Oh cuma AND sama OR ya, padahal XOR jga bisa dioptimalkan kalo kita gunain 3 ekspresi / lebih, lagian operator ini jga jarang dpake sih ...
HaNIFU- Global Moderator
-
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta
Re: [News] Short Circuit Evaluation in GMS
ya mngkin akan di improve lagi oleh pihak Yoyo
kita lihat saja nanti
kita lihat saja nanti
Re: [News] Short Circuit Evaluation in GMS
BUMP! Cuma mau ngasih tau kalo GM:S versi baru yang support SCE udah keluar!
Silahkan lihat di GameMaker:Studio 1.x Release Notes.
Silahkan lihat di GameMaker:Studio 1.x Release Notes.
Similar topics
» [News] iOS & Android Extensions
» [News] GameMaker:Studio v1.3 Di rilis
» [News] Lomba Membuat Game (by Diskom Vision)
» [News] GameMaker:Studio v1.3 Di rilis
» [News] Lomba Membuat Game (by Diskom Vision)
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik