(ASK) Hal 3D Teraneh
5 posters
Halaman 1 dari 1
(ASK) Hal 3D Teraneh
Ini adalah hal 3D yg teraneh yg pernah ak temuin
ak bikin game, ada objek player dan ada objek kamera
pas bikin room, pertama aku taro playernya, terus baru deh di taro kameranya, pas di run, hasilnya obj_kamera ga berfungsi
terus ak hapus semua instance yg ada di room, terus taro kamera, baru deh taro player. Hasilnya kamera pun berfungsi sesuai dengan apa yg aku pengin
adakah yg bisa menjelaskan kenapa itu terjadi? Dah di pikir2 dengan pemikiran ala programer tapi tetep ga nemu jawaban XD
ak bikin game, ada objek player dan ada objek kamera
pas bikin room, pertama aku taro playernya, terus baru deh di taro kameranya, pas di run, hasilnya obj_kamera ga berfungsi
terus ak hapus semua instance yg ada di room, terus taro kamera, baru deh taro player. Hasilnya kamera pun berfungsi sesuai dengan apa yg aku pengin
adakah yg bisa menjelaskan kenapa itu terjadi? Dah di pikir2 dengan pemikiran ala programer tapi tetep ga nemu jawaban XD
Terakhir diubah oleh Zihad Rizky Edwin Fikri tanggal Thu 16 Jan 2014, 00:49, total 1 kali diubah (Reason for editing : salah judul)
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
Ahhhhhahaha
gw dah coba 2x, tapi ya hasilnya begitu XD
gw dah coba 2x, tapi ya hasilnya begitu XD
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
Kemungkinan pengaruh ny ada di depth, kalo object0 ditaruh pertama & kemudian object1 ditaruh & nilai depth ny sama, maka otomatis object1 berada diatas object0. Dan ntuk 3D sendiri, kalo gak salah object kamera harus paling bawah (depth paling besar)... *just my opinion
HaNIFU- Global Moderator
-
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
Yup! Seperti kata kk Hanif, kalo ingin bermain 3D harus kenalan dulu sama yang namanya depth.
Kalo kamu pake proyeksi orthographic, pastikan ortho mendapat depth terendah (eg: -1000) supaya menjadi yang pertamakali di draw, sedangkan proyeksi biasa dengan depth tertinggi (eg: 1000) supaya menjadi yang terakhir di draw setelah ada proyeksi lain di draw. xD
Kalo kamu pake proyeksi orthographic, pastikan ortho mendapat depth terendah (eg: -1000) supaya menjadi yang pertamakali di draw, sedangkan proyeksi biasa dengan depth tertinggi (eg: 1000) supaya menjadi yang terakhir di draw setelah ada proyeksi lain di draw. xD
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
Ooooh jadi kalo mau draw_text harus depth terendah
tapi kalo objek kamera ada script buat draw ortho bakal work ga?
tapi kalo objek kamera ada script buat draw ortho bakal work ga?
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
coba pelajari tutorial FPS yoyogames, meski game yg ente bikin maybe third person sih
yup, obj_kamera diset depthnya jadi -1000
di obj_kamera juga ada d3d_set_projection_ortho, lalu diikuti dengan draw_text dan apapun buat ngedraw HUD
yup, obj_kamera diset depthnya jadi -1000
di obj_kamera juga ada d3d_set_projection_ortho, lalu diikuti dengan draw_text dan apapun buat ngedraw HUD
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
Kalo mau draw_text pake ortho, apapun yang terjadi si ortho harus di draw duluan sebelum si proyeksi biasa di draw.
Jadi kalo kamu punya dua object, object ortho depthnya harus lebih rendah dari object yang draw proyeksi biasa.
Kalo cuma satu object, pastikan kode ortho diatas kode proyeksi biasa..
Jadi kalo kamu punya dua object, object ortho depthnya harus lebih rendah dari object yang draw proyeksi biasa.
Kalo cuma satu object, pastikan kode ortho diatas kode proyeksi biasa..
- Code:
d3d_set_projection_ortho(blablabla);
blablabla;
blablabla;
d3d_set_projection(blablabla);
blablabla;
blablabla;
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
Roychan, gw dah coba tuh yg 1 objek doank, tapi yg d3d_set_projection malah jadi terbalik?? :/
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
^
kalo yg di tutorial FPS sama helpfile kaya gini (gk usah pake d3d_set_projection)
kalo yg di tutorial FPS sama helpfile kaya gini (gk usah pake d3d_set_projection)
- Code:
d3d_set_projection_ortho(0,0,room_width,room_height,0);
d3d_set_hidden(false);
draw_text(10,10,'Score: ' + string(score));
d3d_set_hidden(true);
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
^
emang gitu sih tapi working, coba aja kalo gk percaya
mungkin karena di screen refresh berikutnya setting projection dikembalikan jadi semula (sebelum ortho), sehingga bagian yg ngegambar overlay 2D berada setelah ortho dan yg ngegambar objek 3D sebelum ortho
emang gitu sih tapi working, coba aja kalo gk percaya
mungkin karena di screen refresh berikutnya setting projection dikembalikan jadi semula (sebelum ortho), sehingga bagian yg ngegambar overlay 2D berada setelah ortho dan yg ngegambar objek 3D sebelum ortho
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: (ASK) Hal 3D Teraneh
XD penjelasan yg sulit
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik