Perubahan Besar di Draw GUI!
4 posters
Halaman 1 dari 1
Perubahan Besar di Draw GUI!
Halo semua. Bagi yang sering menggunakan event Draw GUI seperti saya, kali ini pasti akan gembira karena perubahan besar yang terjadi di event Draw GUI. Karena menurut saya memang agak konyol melihat resolusi draw GUI yang ga sama di tiap platform, lalu kalo kita ngebuat game dengan resolusi kecil, draw GUI juga bakal ngedraw dengan kualitas buruk, dll.
Namun akhirnya sekarang udah diselesaikan oleh YoYoGames yang sedang bekerja keras sekarang. Seperti yang ditulis oleh Mike Dailly di Tech Blog tentang perubahan GUI layer, semua perubahan menjadi lebih baik.
Untuk selengkapnya silahkan dibaca di Tech Blog!
Namun akhirnya sekarang udah diselesaikan oleh YoYoGames yang sedang bekerja keras sekarang. Seperti yang ditulis oleh Mike Dailly di Tech Blog tentang perubahan GUI layer, semua perubahan menjadi lebih baik.
Untuk selengkapnya silahkan dibaca di Tech Blog!
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
that's true,, game HTML5 ku pas main di PC bagus2 aja, tpi kalo main di android jdi parah,, itu krna draw GUI ny, men-draw ukuran sprite gk sesuai ukuran layar yg udah di strect
but nice deh kalo udh di selesaikan
but nice deh kalo udh di selesaikan
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
Yah baru mau post udah keduluan meliaz
Hmmm 1.3 kayanya "menyeramkan" yah banyak sekali perubahannya
DrawGUI
Draw event tambahan (DrawBegin, Draw, DrawEnd)
Multiple stackable surface, dan juga default surface. Ga bisa sembarangan panggil surface_reset_target()
Belum yang lain seperti vector graphics, new debugging system, dsb
Padahal yang 1.2 aja belum dicoba abis.. physics, shaders, fungsi2 network
Kalo belum nyoba sendiri rasanya kok ga sreg. Dan pasti banyak bug nya
Hmmm 1.3 kayanya "menyeramkan" yah banyak sekali perubahannya
DrawGUI
Draw event tambahan (DrawBegin, Draw, DrawEnd)
Multiple stackable surface, dan juga default surface. Ga bisa sembarangan panggil surface_reset_target()
Belum yang lain seperti vector graphics, new debugging system, dsb
Padahal yang 1.2 aja belum dicoba abis.. physics, shaders, fungsi2 network
Kalo belum nyoba sendiri rasanya kok ga sreg. Dan pasti banyak bug nya
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
^bner om, bnyk bnget perubahaan ny :3
dan yg skrg (v1.2.1224) pun ada bug di tmpat ku,, background ny menutupi semua object yg lain. bhkan ak udh coba draw gini:
dan gini juga:
hadeh, semenjak install windows 7 jdi bnyk problem di GMS problem yg gk prnah ak temui sebelum ny
brharap v1.3 cepet keluar biar kendala draw_event bisa cepat kelar (krna ada DrawBegin, Draw, dan DrawEnd).
dan skrg utk meng-antisipasi problem diatas, ak pke Draw GUI (but it's work)
*gk oot banget lah
dan yg skrg (v1.2.1224) pun ada bug di tmpat ku,, background ny menutupi semua object yg lain. bhkan ak udh coba draw gini:
- Code:
draw_sprite(spr_background,0,0,0)
draw_sprite(blablabla)
dan gini juga:
- Code:
draw_sprite(blablabla)
draw_sprite(spr_background,0,0,0)
hadeh, semenjak install windows 7 jdi bnyk problem di GMS problem yg gk prnah ak temui sebelum ny
brharap v1.3 cepet keluar biar kendala draw_event bisa cepat kelar (krna ada DrawBegin, Draw, dan DrawEnd).
dan skrg utk meng-antisipasi problem diatas, ak pke Draw GUI (but it's work)
*gk oot banget lah
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
kev, mungkin kamu harus pakai draw_background aja ketimbang pakai draw_sprite, biar sesuai resource nya. mungkin urutan gambarnya juga beda. background kan sebenarnya tile based, sementara sprite lebih ke object based.
aku liat studio semakin mengarah ke semacam standarisasi lah. jadi perlakuan terhadap resource lebih ketat.
rasanya aku pernah baca keyword globalvar mau dihapus? jadi ga bisa lagi kita:
jadi harus:
balik ke cara lama dulu. jadi untuk menghindari kesalahan id variabel
aku liat studio semakin mengarah ke semacam standarisasi lah. jadi perlakuan terhadap resource lebih ketat.
rasanya aku pernah baca keyword globalvar mau dihapus? jadi ga bisa lagi kita:
- Code:
globalvar variabela, variabelb
jadi harus:
- Code:
global.variabela=0;
global.variabelb=0;
balik ke cara lama dulu. jadi untuk menghindari kesalahan id variabel
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
very awesome!
can't wait for 1.3, meski ada versi EAnya tapi mending ane tunggu deh
hmm, didn't expect that event draw GUI masih buggy di versi sebelumnya, ane masih sering pake event draw biasa sih, soalny ane masih terbiasa ngedev di GM 8 dulu, kemudian kalo udah mantap diporting ke GMS sambil ngecek kompatibilitas code2 scr manual, lalu ditambah2 dikit code2 fitur utk export platform lain... (mainly Android)
seems I'm kinda a bit outdated or just gk terlalu banyak memanfaatkan fitur2 canggih
btw dengan banyaknya perubahan yg dikuatirkan perlu banyak penyempurnaan & bug fixes juga, jadinya bakal banyak changelog dan musti sering2 diupdate versinya
@zebrakelabu
yup, makanya ane jarang pake var & globalvar, langsung inisialisasi nilainya aja (at least nilai "default"-nya sebelum diassign di code lain)
can't wait for 1.3, meski ada versi EAnya tapi mending ane tunggu deh
hmm, didn't expect that event draw GUI masih buggy di versi sebelumnya, ane masih sering pake event draw biasa sih, soalny ane masih terbiasa ngedev di GM 8 dulu, kemudian kalo udah mantap diporting ke GMS sambil ngecek kompatibilitas code2 scr manual, lalu ditambah2 dikit code2 fitur utk export platform lain... (mainly Android)
seems I'm kinda a bit outdated or just gk terlalu banyak memanfaatkan fitur2 canggih
btw dengan banyaknya perubahan yg dikuatirkan perlu banyak penyempurnaan & bug fixes juga, jadinya bakal banyak changelog dan musti sering2 diupdate versinya
@zebrakelabu
yup, makanya ane jarang pake var & globalvar, langsung inisialisasi nilainya aja (at least nilai "default"-nya sebelum diassign di code lain)
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
sama aja om, draw_background(bg_main) ataupun draw_sprite(spr_bg) gk ada prubahan, background tetep nutupin semua object
*mksd dri draw_sprite cma utk memastikan kalo bug HANYA terjadi di background. nyata nya gk, bug masih ada
ntah lh ini bug GMS atau laptop ku yg brmasalah
*mksd dri draw_sprite cma utk memastikan kalo bug HANYA terjadi di background. nyata nya gk, bug masih ada
ntah lh ini bug GMS atau laptop ku yg brmasalah
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
Horee. Banyak yang komentar.
@Kevin
Kok gitu ya? Aku kayanya ga pernah ngalamin kaya gitu. Apa mungkin ada problem lain ya?
@Asuna
Aku masih belum pake EA nya. Tunggu stable keluar. :v
@Zebrakelabu.
Sampai sekarang GM:S masih banyak bugs. Contoh jika enable 3D fog + enable view, maka screen cuma muncul layar hitam, reproduce ability 100% silahkan dicoba. Dan pas set 3D lightning ga akan sama dengan GM Legacy. Sampai sekarang aku masih ga ngerti kenapa lightning buatanku ga work di GM:S, padahal work di GM Legacy.
Lalu apalagi yaa..? Hmm, kayanya itu aja yang baru aku temuin. :v
@Kevin
Kok gitu ya? Aku kayanya ga pernah ngalamin kaya gitu. Apa mungkin ada problem lain ya?
@Asuna
Aku masih belum pake EA nya. Tunggu stable keluar. :v
@Zebrakelabu.
Sampai sekarang GM:S masih banyak bugs. Contoh jika enable 3D fog + enable view, maka screen cuma muncul layar hitam, reproduce ability 100% silahkan dicoba. Dan pas set 3D lightning ga akan sama dengan GM Legacy. Sampai sekarang aku masih ga ngerti kenapa lightning buatanku ga work di GM:S, padahal work di GM Legacy.
Lalu apalagi yaa..? Hmm, kayanya itu aja yang baru aku temuin. :v
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
@meliaz: gk tau
oh iy, dulu jga prnh kyk gitu
yg di lingkarin itu problem ny,, padahal tembok itu Tiles, dan lantai ny background
solusi: remove background, dan bikin lgi background ny.. dan problem ku yg skrg gk bsa pke cara diatas X(
oh iy, dulu jga prnh kyk gitu
yg di lingkarin itu problem ny,, padahal tembok itu Tiles, dan lantai ny background
solusi: remove background, dan bikin lgi background ny.. dan problem ku yg skrg gk bsa pke cara diatas X(
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
mungkin tile depth nya beda di background?
ga pernah dapat error ky gitu sih
ga pernah dapat error ky gitu sih
Re: Perubahan Besar di Draw GUI!
^ak sih gk ubah depth ny, dan problem ny solved bukan krna depth, tpi ak re-crete background ny.
problem yg skrg sama, tpi gk bsa di fix pke cara diatas
problem yg skrg sama, tpi gk bsa di fix pke cara diatas
Similar topics
» [ASK] Draw destkop
» [ASk] event draw
» [ASK] script dept draw sprite
» [HTML5 Mobile] Doodle Draw
» Draw Object di Room Lain
» [ASk] event draw
» [ASK] script dept draw sprite
» [HTML5 Mobile] Doodle Draw
» Draw Object di Room Lain
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik