Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
+2
meliaz99
zebrakelabu
6 posters
Halaman 1 dari 1
Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
DISCUSSION MOVED TO NEW FORUM!
http://gmindo.web.id/forum/showthread.php?tid=52
Ok jadi seringkali nih aku nemu post user yang menanyakan: apakah Studio bisa bikin game Android, apakah nanti game nya bisa di export ke Android, dst. Android biasanya merupakan target yang paling banyak ditanyakan. Yang menanyakan biasanya adalah user baru, yang baru mencoba GM Studio.
Jawabannya tentu saja adalah bisa. Bisa banget. GM Studio mempunyai kemampuan export yang lengkap, mulai dari Android sampai iOS dan Ubuntu serta HTML5 dan Windows 8 Phone/Desktop. Batasannya adalah harga, dimana tiap exporter ini berbiaya yang berbeda2. Silakan lihat situsnya untuk melihat masing2 harga exporter:
http://yoyogames.com/studio
Waaah untuk Android exporter harganya USD 199? Gile bok mahal amat, dua juta lebih! Yes, it is expensive. Itulah sebabnya kita harus punya clear target. Tanya diri sendiri: apakah saya punya game yang cukup layak untuk masuk ke platform yang dituju? Ingat bahwa Android market adalah market sangat tersaturasi. Hampir semua perusahaan besar game dev punya port ke Android, sehingga bisa dibayangkan kalau game anda masuk kesana, game anda akan bersaing dengan raksasa2 game. Ratusan game disubmit ke Android setiap bulannya, dan setiap game bersaing mencoba mendapatkan perhatian dari gamer.
Nah kalau anda adalah game dev profesional tentunya ini sudah anda pikirkan masak2, jadi silakan masuk ke sarang buaya ... kidding just go ahead and let us know tapi bagi yang newbie, jangan kecil harapan karena tidak punya exporter Android. Yang paling utama adalah buatlah game yang baik, dengan platform yang anda punya. Hanya punya Windows? no problem, silakan buat game yang sekeren mungkin sehingga orang kepengin main game anda. Game keren tidak tergantung sama platform, anda bisa punya game bagus banget walau -hanya- dengan Windows sekalipun. Latih kemampuan coding anda, latih kemampuan gambar anda, latih juga pengetahuan suara dst. Buat gamenya, share disini (dan kemana2 juga), dan lihat apakah game anda membuat orang tertarik untuk memainkannya.
Mungkin saran untuk buat game yang nantinya bisa diport relatif mudah ke platform lain:
- buatlah game dengan resolusi standard dan kontrol yang tidak rumit, sehingga nantinya bisa dimainkan di tablet atau handphone. Hindari mengimplementasi "hovering mouse" karena fitur itu jelas tidak akan terpakai di smartphone :)some gamedev still do this, unbelievably.
-perhatikan rasio resolusi dan scaling anda, ada beberapa teknologi scaling yang digunakan Studio. silakan baca2 di GMC (aku juga lagi cari2)
-untuk art style, jika anda menggunakan pixel art maka tentunya lebih sulit karena anda akan sangat tergantung dengan resolusi. Studio 1.3 sudah mengimplementasi scalable vector graphic, jadi mungkin kedepannya anda sebaiknya menggunakan vector art sehingga exporting menjadi lebih mudah.
-tiap platform punya keunikan sendiri, sehingga kemungkinan anda akan menggunakan multiple configuration dalam satu project, satu untuk setiap jenis platform. Satu platform mungkin akan membutuhkan .js sebagai external lib, yang lainnya mungkin beda rasio width/height, dst. jadi sudah pasti exporting tidak akan semudah "click dan pilih target export".
Aaah pusing. Udah bikin game Windows aja dulu lah :Dbikin game yang bagus dan menarik.
Terakhir diubah oleh zebrakelabu tanggal Wed 30 Apr 2014, 17:53, total 1 kali diubah
Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
Iya, benar semua tuh yang ditulis om.
Kebanyakan yang nanya memang para newbie, bahkan yang belum pernah megang GM sekalipun. Kebanyakan mereka suka GM:S karena tergiur dengan export platform Android, dan anehnya mereka ga ada ngeliat harga modulnya..
Kalau untuk aku sih sekarang bagusnya buat game Windows dulu, nambahin pengalaman dan skill. Kalau aku udah merasa cukup ilmu dan pengalaman, mungkin aku bakal berencana untuk beli modul lainnya untuk cross platform.
Btw sekarang di versi terbaru GM:S (v1.3.1307), scaling di mobile udah jadi 1:1, jadi para newbie ga perlu mikirin scaling lagi (sebenernya jauh lebih baik pakai scaling).
Kebanyakan yang nanya memang para newbie, bahkan yang belum pernah megang GM sekalipun. Kebanyakan mereka suka GM:S karena tergiur dengan export platform Android, dan anehnya mereka ga ada ngeliat harga modulnya..
Kalau untuk aku sih sekarang bagusnya buat game Windows dulu, nambahin pengalaman dan skill. Kalau aku udah merasa cukup ilmu dan pengalaman, mungkin aku bakal berencana untuk beli modul lainnya untuk cross platform.
Btw sekarang di versi terbaru GM:S (v1.3.1307), scaling di mobile udah jadi 1:1, jadi para newbie ga perlu mikirin scaling lagi (sebenernya jauh lebih baik pakai scaling).
Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
bner bnget ap kata om
kadang game android yg bgus jga cepet bosen plus lebih mudah di hack (nyari yg full version).
kalo windows (bsa di hack/krack jga ), tpi bisa lebih dibuat ketat. ak mau kok bantu game/app kmu utk pasang register system yg stidak ny sulit utk dibuat keigen ny asal game/app ny bgus & bner2 pnya niat buat jualan
pencerahan bagi yg mau bikin game komersil
kadang game android yg bgus jga cepet bosen plus lebih mudah di hack (nyari yg full version).
kalo windows (bsa di hack/krack jga ), tpi bisa lebih dibuat ketat. ak mau kok bantu game/app kmu utk pasang register system yg stidak ny sulit utk dibuat keigen ny asal game/app ny bgus & bner2 pnya niat buat jualan
pencerahan bagi yg mau bikin game komersil
Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
Artikel yg menarik . . .
Thanks jga buat sarannya . . .
Memang bener pengguna Game Maker pun meningkat seiring hadirnya Game Maker Studio, kebanyakan pengen buat game android namun masih banyak kebingungan soal scripting, compiling, beli modul, install SDK dll, terutama bagi yg newbie . . .
Ane sih lebih tertarik sama windows & HTML5 ny . . .
Thanks jga buat sarannya . . .
Memang bener pengguna Game Maker pun meningkat seiring hadirnya Game Maker Studio, kebanyakan pengen buat game android namun masih banyak kebingungan soal scripting, compiling, beli modul, install SDK dll, terutama bagi yg newbie . . .
Ane sih lebih tertarik sama windows & HTML5 ny . . .
HaNIFU- Global Moderator
-
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta
Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
seperti yang dikatakan mending bikin game utk Windows aja dulu, terutama saat tahap pengembangan belum berakhir, debugging, atau sekedar bereksperimen
karena didevelop di Windows dan compilenya lebih ringan dan cepat dibandingkan utk platform lain
untuk platform lain seperti Android harus beli module, set up-nya gak mudah krn ada instruksi2 khususnya, test run-nya lebih lama dan compilenya lebih lama dan memakan memory besar (kira2 bisa sampe 800 MB ), kecuali utk HTML5 masih lumayan ringan juga
karena didevelop di Windows dan compilenya lebih ringan dan cepat dibandingkan utk platform lain
untuk platform lain seperti Android harus beli module, set up-nya gak mudah krn ada instruksi2 khususnya, test run-nya lebih lama dan compilenya lebih lama dan memakan memory besar (kira2 bisa sampe 800 MB ), kecuali utk HTML5 masih lumayan ringan juga
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
Ini pengalaman saya pribadi. Memang kalo mau serius Jadi developer, kita harus punya modal. Saya sendiri membeli bundle gamemaker studio master collection waktu harganya masih 500 dollar. Itu sudah dapat semua option termasuk yoyo compiler, dll. Saya juga sudah terdaftar jadi iOS developer (plg mahal 100 dollar per thn), android developer (25 dollar untuk seumur hidup, dan baru2 ini google sudah memberikan support ke developer indonesia dgn memasukkan Indonesia ke dalam daftar google wallet commercial seller.) untuk blackberry dan tizen developer biayanya free. Untuk menerima penjualan juga cukup memakai account paypal yg daftarnya jg free. Juga blum lagi untuk membeli alat2 lain untuk menghasilkan musik dan game art yg baik. Bukan bermaksud promosi tapi teman2 bisa melihat ke website saya www.dhathinka-art.com untuk melihat proses saya menjadi indie dev dan jg disitu saya jelaskan semua software dan hardware yg saya gunakan. Kalau belum ada modal, teman2 bisa belajar terus dan mencari publisher. Jika gamenya dianggap berprospek mereka bisa membantu teman2 untuk direlease. Saya sendiri sebenarnya bisa menjadi publisher krn saya merupakan developer yg terdaftar namun jujur saya blm mempunyai pengalaman disitu. Dan untuk release di berbagai platform ada byk tantangannya. Misalnya bagaimana membuat game yg bisa adaptasi di berbagai devices yg mempunyai resolution dan aspect ratio yg berbeda2. Juga strategi agar game kita bisa lolos untuk dipublish, dll. Jika berkenan saya bisa membagi pengalaman mengenai hal itu. Saya juga sedang dalam proses merelease game pertama saya. Dan saya senang sekali kalau bisa membantu teman-teman disini untuk memajukan industri game di negara kita.
Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
Thank you for sharing Dhathinka
Kalau anda mau, anda bisa share game pertama anda disini selagi masih dalam pekerjaan atau Work In Progress. Ga apa2, mungkin sekedar sharing aja. Jangan sungkan2 ya . Nanti pasti ada feedback dari kita2.
Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
Makasih bro Zebrakelabu. Saya belum punya decent prototype yg bisa dishare. Sekarang masih fokus bikin semua game asset saya, termasuk tile, object character, dll. yg saya buat dgn melukis secara digital sendiri. Kira2 bisa mencapai 100 item dlm bentuk sprite, static object, dll. Setiap bulan progress game saya laporkan di website saya silahkan dicek. Saya berniat merelease game ini ke apple apps store dan android kalau sudah selesai. Saya dari awal sdh mendokumentasikan rencana game desain saya dengan detail sampai ke tampilan menu awal, loading screen, story, character, level title, level design and so on. Saya rasa utk bisa menghasilkan game yg berkualitas butuh waktu, kerja keras dan kesabaran.
Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
Dhathinka wrote:Makasih bro Zebrakelabu. Saya belum punya decent prototype yg bisa dishare. Sekarang masih fokus bikin semua game asset saya, termasuk tile, object character, dll. yg saya buat dgn melukis secara digital sendiri. Kira2 bisa mencapai 100 item dlm bentuk sprite, static object, dll. Setiap bulan progress game saya laporkan di website saya silahkan dicek. Saya berniat merelease game ini ke apple apps store dan android kalau sudah selesai. Saya dari awal sdh mendokumentasikan rencana game desain saya dengan detail sampai ke tampilan menu awal, loading screen, story, character, level title, level design and so on. Saya rasa utk bisa menghasilkan game yg berkualitas butuh waktu, kerja keras dan kesabaran.
Absolutely
Tapi kamu ga perlu nunggu sampai prototype selesai lho yah. Santai aja, kalau misalnya mau taruh disini prototype setengah jadi juga ga apa2, jadi feedback early on. Tapi itu tergantung juga sih, aku sendiri juga kalau belum "matang" banget ya ga aku share jadi terserah aja.
Early artwork juga boleh. Maybe you want to create some buzz before releasing, it's ok too.
Tentang kerja keras yah itu pasti kita bantu semangat dari sini
Re: Tips: jangan khawatir dulu dengan target platform :)
Well. Aku punya kekurangan kalau mengerjakan sesuatu. Perfeksionis. Aku usahakan nanti aku upload prototypenya.
Similar topics
» [Tips] Menghilangkan Iklan di forum ini
» kenalan dulu gan
» Mana Dulu Gameku yg harus dilanjutkan?
» kenalan dulu
» Tips nembak cewek lewat FB
» kenalan dulu gan
» Mana Dulu Gameku yg harus dilanjutkan?
» kenalan dulu
» Tips nembak cewek lewat FB
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik