3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?
4 posters
Halaman 1 dari 1
3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?
Halo semua.
Aku mau nanya nih tentang 3 argument terakhir di d3d_set_projection(xfrom,yfrom,zfrom,xto,yto,zto,xup,yup,zup). Sampai sekarang aku masih bingung apa maksud dari xup, yup, zup.. Ini kutipan dari help file..
Nah, "vektor" itu apa ya? Dan bagaimana cara menggunakan 3 argument terakhir ini? Tujuan aku sih pengen ngebuat proyeksi berputar, tapi aku ga tau maksudnya.. Aku udah bereksperimen tapi tetep ga ngerti..
Ada yang bisa menjelaskan? Terimakasih.
Aku mau nanya nih tentang 3 argument terakhir di d3d_set_projection(xfrom,yfrom,zfrom,xto,yto,zto,xup,yup,zup). Sampai sekarang aku masih bingung apa maksud dari xup, yup, zup.. Ini kutipan dari help file..
YoYoGames Docs wrote:Finally, you can still rotate the camera around the line from the viewpoint to the looking point, and to specify this we must give an "up" vector, that is, the direction that is upwards in the camera. This is given by the last three arguments (xup, yup, zup).
Nah, "vektor" itu apa ya? Dan bagaimana cara menggunakan 3 argument terakhir ini? Tujuan aku sih pengen ngebuat proyeksi berputar, tapi aku ga tau maksudnya.. Aku udah bereksperimen tapi tetep ga ngerti..
Ada yang bisa menjelaskan? Terimakasih.
Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?
ini cuma masalah sistem koordinat 3D utk posisi & orientasi camera gan, coba baca ini, terutama bagian yg forward vector & up vector
http://www.scratchapixel.com/lessons/3d-basic-lessons/lesson-4-geometry/coordinate-systems/
mengenai parameter2 cameranya, berarti forward vector-nya adalah vector satuan dari (xto-xfrom,yto-yfrom,zto-zfrom) dan up vector-nya adalah (xup,yup,zup), and note that kedua vector tersebut harus tegak lurus (hasil dot product-nya sama dengan 0)
Note: kalo ga ngerti tentang vector silakan pelajari di math SMA
http://www.scratchapixel.com/lessons/3d-basic-lessons/lesson-4-geometry/coordinate-systems/
mengenai parameter2 cameranya, berarti forward vector-nya adalah vector satuan dari (xto-xfrom,yto-yfrom,zto-zfrom) dan up vector-nya adalah (xup,yup,zup), and note that kedua vector tersebut harus tegak lurus (hasil dot product-nya sama dengan 0)
Note: kalo ga ngerti tentang vector silakan pelajari di math SMA
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?
Nicol Bolas wrote:The up vector determines which direction is "up". Think of it like a video camera... if you hold the camera "properly", then an imaginary line going upward from the center of the camera to the top of the camera could be represented by a vector (0,1,0). If you tilt the camera 45 degrees to the right, the imaginary line going from the center of the camera to the "top" of the camera would now be represented by a new vector (1,1,0). If you then tilt the camera "back" just a bit, your "up" vector now becomes (1,1,1) [or (1,1,-1)... I always get the polarity of the z-axis reversed].
So, in short, the UP vector describes the roll of the camera by saying which point is "up" in the camera's orientation.
Sumber
ak udh sdikit ngerti sih, tpi gk 100%
emg agak susah bagi yg belum SMA utk belajar 3D, bhkan yg udh SMA pun blum tentu bisa
vektor itu pelajaran SMA (as Asuna said)
Reply
XUP
YUP
ZUP
PENJELASAN
pokoknya cuma bagian atasnya kamera aja yg terpenting
kalo zup, ya bagian atas kamera ngadepnya ke koordinat z
kalo xup, ya bagian atas kamera ngadepnya ke koordinat x
sama kaya yup, bagian atas kamera ngadep ke koordinat y
kalo xup=1 dan yup=1 maka nta bagian atas kamera bakal nyerong
bro, tolong kasih tau sebenernya gambar di komen saya ini muncul atau ga.. Soalnya di hp saya ga muncul, tapi kalo di edit code gambarnya masih ada
YUP
ZUP
PENJELASAN
pokoknya cuma bagian atasnya kamera aja yg terpenting
kalo zup, ya bagian atas kamera ngadepnya ke koordinat z
kalo xup, ya bagian atas kamera ngadepnya ke koordinat x
sama kaya yup, bagian atas kamera ngadep ke koordinat y
kalo xup=1 dan yup=1 maka nta bagian atas kamera bakal nyerong
bro, tolong kasih tau sebenernya gambar di komen saya ini muncul atau ga.. Soalnya di hp saya ga muncul, tapi kalo di edit code gambarnya masih ada
Terakhir diubah oleh Zihad Rizky Edwin Fikri tanggal Sun 13 Apr 2014, 13:39, total 2 kali diubah (Reason for editing : Tambahan)
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?
^
kasih link sumbernya pls, atau beneran buatan sendiri?
kasih link sumbernya pls, atau beneran buatan sendiri?
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?
Iya buatan sendiri ko ^_^
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Re: 3 Argument Terakhir di d3d_set_projection()?
Ohh okee..
Udah agak ngerti sih.. Makasih kk KBC, Asuna, dan Jihad.
...
Tapi aku ada pertanyaan, is it possible to tilt camera in y axis a little bit? Thanks.
[EDIT]
Ohh, now I get it!
Makasih mastah! Aku udah ngerti sekarang..
Udah agak ngerti sih.. Makasih kk KBC, Asuna, dan Jihad.
...
Tapi aku ada pertanyaan, is it possible to tilt camera in y axis a little bit? Thanks.
[EDIT]
Ohh, now I get it!
Makasih mastah! Aku udah ngerti sekarang..
Similar topics
» [ASK] Penggunaan Argument
» [ASK] argument dan script abs
» Fungsi Argument ??
» [Beginner - Intermediate] Script + Argument
» [ASK] argument dan script abs
» Fungsi Argument ??
» [Beginner - Intermediate] Script + Argument
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik