Nanya gan....
4 posters
Halaman 1 dari 1
Nanya gan....
saya bkin game 16 level, dan ada beberapa room level yg aku kasih obj_peluru, jd ketika obj_char colision dgn obj_peluru maka obj_char bisa nembak, peluru nya berisi 5.
ketika berhasil menyelesaikan di suatu room dan akan melanjutkan ke room level selanjutnya isi peluru kadang masih sisa, namun ketika lanjut ke room selanjutnya sisa peluru hilang. yg mau saya tanyakan bagaimana agar sisa peluru bisa di pakai di room selanjutnya????
ketika berhasil menyelesaikan di suatu room dan akan melanjutkan ke room level selanjutnya isi peluru kadang masih sisa, namun ketika lanjut ke room selanjutnya sisa peluru hilang. yg mau saya tanyakan bagaimana agar sisa peluru bisa di pakai di room selanjutnya????
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: Nanya gan....
jumlah peluru pake variable global.ammo
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: Nanya gan....
Asuna wrote:jumlah peluru pake variable global.ammo
iya dah bisa, tp gambar keterangan sisa peluru tdk keliatan. hehe
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: Nanya gan....
pake variable itu lagi buat gambar keterangannya
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: Nanya gan....
udah tp gk bisa gan..
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: Nanya gan....
emang code yang lu pake kaya gimana sih?
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: Nanya gan....
- Code:
if (global.amunisi=5)
{
with (obj_senjata) instance_change(obj_jmlpeluru,1);
obj_jmlpeluru.x=0;
obj_jmlpeluru.y=480;
obj_jmlpeluru.sprite_index=obj_jmlpeluru;
obj_jmlpeluru.image_index=0;
obj_jmlpeluru.image_speed=0.2;
}
ketrangan jmlh pelurunya obj_jmlpeluru
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: Nanya gan....
ooh, berarti cuma munculnya saat jumlah pelurunya 5, bukan berarti ga muncul sama sekali kan?
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: Nanya gan....
iya, di room pertama pd saat dpt peluru keliatan, amunisi kurang dari 5 (1-5) jg masih keliatan.. tp ke room selanjutnya gk sperti itu.
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: Nanya gan....
owh, kalo gitu amunisi harusnya cuma diinisialisasi di room pertama, jangan di semua room dong
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: Nanya gan....
cara inisialisasinya gmn gan?? hehe
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: Nanya gan....
pikir sendiri lah
ya itu maksudnya saat lu mengassign nilai awalnya variable amunisi
ya itu maksudnya saat lu mengassign nilai awalnya variable amunisi
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: Nanya gan....
coba kmu buka forum Games Idea & Design, trus lihat Tips-tips nya
kmu coba pake tips menggunakan var global.
jdi kmu buat sbuah object (ex: obj_var), disana berisi variable global (semua nya), trus kmu centang Persistent nya, dan masukan obj_var hnya di room pertama, gk perlu di room lain
kmu coba pake tips menggunakan var global.
jdi kmu buat sbuah object (ex: obj_var), disana berisi variable global (semua nya), trus kmu centang Persistent nya, dan masukan obj_var hnya di room pertama, gk perlu di room lain
Re: Nanya gan....
DONI, aku baru baca nih code GML kamu dan terus terang .... aku ragu ya kode ini jalan ato nga
Coba
ini maksudnya obj_senjata dirubah ke obj_jmlpeluru? buat apa ya ....
dua baris pertama ok lah (whatever that is) tapi baris ketiga ..... beneran nih? sprite_index diisi ref object , memang bener itu yang kamu mau?
ok. gimana kalo mulai sekarang, kamu bikin tiap objek itu sesuai bendanya dan fungsinya tidak dirubah. contoh: obj_senjata ya buat senjata, atau lebih baik objgun lah biar jelas. obj_peluru ya buat peluru. Jangan pakai instance_change dulu ya, kamu harus bener2 ngerti baru bisa pake.
Nah sekarang:
Kamu main game kan ada playernya, jadi harus ada objplayer. bikin tuh, sekalian gambarnya (sprite nya).
Player itu bawa gun, jadi harus ada objgun. Bikin juga, sekalian gambar
Gun itu kan nembaknya peluru, jadi kamu bikin objpeluru. Bikin ini juga, sekalian gambar
Nah, peluru itu kan ada jumlahnya, nah kamu buat -variabel-, bukan objek. nama variabelnya adalah amunisi, tipenya global. Bisa bikin globalvar amunisi atau global.amunisi. Tidak perlu objek. Ini diketik di awal game berjalan, terserah aja kamu pakai game_start event, atau room creation code, gpp. Ketik globalvar amunisi. Isikan amunisi =100 misalnya. Ini namanya inisialisasi atau pemberian nilai awal seperti yang dimaksud kevin dan asuna, artinya variabel amunisi diberi nilai awal sebesar 100.
Bingung ngga sampe sini? Kalo ngga bingung aku lanjutin. Kalo bingung tanya ya.
Coba
- Code:
if (global.amunisi=5)
{
with (obj_senjata) instance_change(obj_jmlpeluru,1);
ini maksudnya obj_senjata dirubah ke obj_jmlpeluru? buat apa ya ....
- Code:
obj_jmlpeluru.x=0;
obj_jmlpeluru.y=480;
obj_jmlpeluru.sprite_index=obj_jmlpeluru;
dua baris pertama ok lah (whatever that is) tapi baris ketiga ..... beneran nih? sprite_index diisi ref object , memang bener itu yang kamu mau?
- Code:
obj_jmlpeluru.image_index=0;
obj_jmlpeluru.image_speed=0.2;
}
ok. gimana kalo mulai sekarang, kamu bikin tiap objek itu sesuai bendanya dan fungsinya tidak dirubah. contoh: obj_senjata ya buat senjata, atau lebih baik objgun lah biar jelas. obj_peluru ya buat peluru. Jangan pakai instance_change dulu ya, kamu harus bener2 ngerti baru bisa pake.
Nah sekarang:
Kamu main game kan ada playernya, jadi harus ada objplayer. bikin tuh, sekalian gambarnya (sprite nya).
Player itu bawa gun, jadi harus ada objgun. Bikin juga, sekalian gambar
Gun itu kan nembaknya peluru, jadi kamu bikin objpeluru. Bikin ini juga, sekalian gambar
Nah, peluru itu kan ada jumlahnya, nah kamu buat -variabel-, bukan objek. nama variabelnya adalah amunisi, tipenya global. Bisa bikin globalvar amunisi atau global.amunisi. Tidak perlu objek. Ini diketik di awal game berjalan, terserah aja kamu pakai game_start event, atau room creation code, gpp. Ketik globalvar amunisi. Isikan amunisi =100 misalnya. Ini namanya inisialisasi atau pemberian nilai awal seperti yang dimaksud kevin dan asuna, artinya variabel amunisi diberi nilai awal sebesar 100.
Bingung ngga sampe sini? Kalo ngga bingung aku lanjutin. Kalo bingung tanya ya.
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik