Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
4 posters
Halaman 1 dari 1
Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
1. Game Balapan Cikal Bakal Grand Theft Auto
Ketika dicoba oleh para team tester, mereka merasa game ini membosankan dan tdk menarik. Kecuali adanya sebuah kekeliruan pada AI, yg membuat polisi pada game ini akan secara kasar dan terus² menabrak mobil pemain hingga keluar dari jalanan.
Kekeliruan AI ini malah membuat para tester ketagihan. Bukan karena balapannya, melainkan karena keasyikan melihat kejar² brutal yg terjadi di dalam game.
Akhirnya dirombaklah game ini menjadi game baru dgn judul Grand Theft Auto, yg hingga kini terus berevolusi menjadi game open world terbaik & paling sukses yg pernah ada. Lucunya, kesuksesan ini dimulai karena staff mereka tdk bisa membuat AI polisi dgn baik.
2. Kekecewaan Staff yang Melahirkan Easter Egg
Salah satu kreator game, Warren Robinett yg bekerja membuat game RPG jaman jebot berjudul Adventure, mempunyai ide kreatif utk mengukir namanya diam² di dalam game yg ia buat.
Robinett, programmer solo game tersebut mengetahui adanya kekurangan pada hardware yg mengakibatkan apabila terlalu banyak objek ditampilkan dalam 1 layar, gambar di layar akan mulai berkedap².
Ia memutuskan utk memanfaatkan kekurangan ini dgn menciptakan satu item rahasia: Sebuah kotak berukuran 1x1 pixel yang berwarna sama dengan lantai sehingga kotak itu akan tersembunyi secara sempurna.
Nah, apabila ada pemain berhasil menemukan kotak itu dan membawanya ke bagian lain dari area bawah tanah game ini, efek kedap² akan mulai muncul di layar sehingga efek tersebut akan memperlihatkan adanya tembok rahasia yg bisa ditembus pemain untuk masuk ke sebuah ruangan baru dgn tulisan "Created by Warren Robinett".
Maka dengan ini lahirlah Eeaster Egg pertama di dunia gaming. Ketika pihak Atari menemukannya, semuanya telah terlambat. Terlalu memakan biaya apabila mereka harus menarik kembali semua cartridge, jadi mereka hanya menyebut itu sebagai sebuah "nilai tambahan". Robinett beruntung sudah keluar dari perusahaan ketika itu.
3. Sistem Combo yg Ditemukan Dengan Tidak Sengaja dalam Game Street Fighter
Noritaka membiarkan bug ini tetap ada krna menyangka terlalu sulit bagi pemain utk menemukan bug ini. Staff yg lain juga tidak diberitahunya. Namun ia terbukti terlalu meremehkan hal ini, dan combo perdana ini menjadi populer di kalangan gamer. Di edisi Street Fighter selanjutnya, bug ini diangkat menjadi fitur resmi yg terus berlanjut hingga sekarang.
4. Programmer Yang Payah Dalam Bermain Game Memperkenalkan Kode Konami
Dan hingga game ini diluncurkan, ia tak menghapus kode rahasia ini. Kode game inilah yg sangat terkenal ketika itu dgn sebutan Kode Konami (atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A, Start). Bagi yg dulu pernah bermain game Contra, pasti boong kalo bilang pernah namatin game ini dari awal tanpa mengenal kode di atas.
Yup, inilah asal muasal kode legendaris ini beredar. Kini Kode Konami bisa dijumpai di berbagai macam tempat di dunia maya.
5. Space Invaders, Game Yang Terlalu Berat Untuk Hardware Masa Itu
Pada awalnya rancangan permainan ini sesimpel menembak alien yg berbaris dgn konyolnya untuk ditunggu ditembak satu persatu oleh pemain sampai habis. Tak disangka, jumlah alien yg semakin menipis ternyata membuat kinerja processor menjadi semakin lega. Akibatnya FPS (frame per second) game ini menjadi lebih baik, dan alien² retro tersebut menjadi berjingkatan lebih cepat sehingga makin sulit utk ditembak.
Ketersediaan hardware ketika itu memang sangat terbatas di Jepang. Perancangnya, Tomohiro Nishikado menghabisakan waktu setahun penuh mengembangkan hardware khusus utk mengangkat game ini. Space Invaders bagaikan game Crysis masa itu.
Nah, ketidakstabilan performa yg mengakibatkan game bergerak lebih cepat ini membuat Tomohiro terkesan. Hal ini membuat game menjadi semakin menantang dari waktu ke waktu. Inilah yg membuat revolusi dunia gaming. Karena Space Invader adlh game pertama dimana permainan akan menjadi semakin sulit seiring berjalannya permainan.
- ss:
Ketika dicoba oleh para team tester, mereka merasa game ini membosankan dan tdk menarik. Kecuali adanya sebuah kekeliruan pada AI, yg membuat polisi pada game ini akan secara kasar dan terus² menabrak mobil pemain hingga keluar dari jalanan.
Kekeliruan AI ini malah membuat para tester ketagihan. Bukan karena balapannya, melainkan karena keasyikan melihat kejar² brutal yg terjadi di dalam game.
Akhirnya dirombaklah game ini menjadi game baru dgn judul Grand Theft Auto, yg hingga kini terus berevolusi menjadi game open world terbaik & paling sukses yg pernah ada. Lucunya, kesuksesan ini dimulai karena staff mereka tdk bisa membuat AI polisi dgn baik.
2. Kekecewaan Staff yang Melahirkan Easter Egg
- ss:
Salah satu kreator game, Warren Robinett yg bekerja membuat game RPG jaman jebot berjudul Adventure, mempunyai ide kreatif utk mengukir namanya diam² di dalam game yg ia buat.
Robinett, programmer solo game tersebut mengetahui adanya kekurangan pada hardware yg mengakibatkan apabila terlalu banyak objek ditampilkan dalam 1 layar, gambar di layar akan mulai berkedap².
Ia memutuskan utk memanfaatkan kekurangan ini dgn menciptakan satu item rahasia: Sebuah kotak berukuran 1x1 pixel yang berwarna sama dengan lantai sehingga kotak itu akan tersembunyi secara sempurna.
Nah, apabila ada pemain berhasil menemukan kotak itu dan membawanya ke bagian lain dari area bawah tanah game ini, efek kedap² akan mulai muncul di layar sehingga efek tersebut akan memperlihatkan adanya tembok rahasia yg bisa ditembus pemain untuk masuk ke sebuah ruangan baru dgn tulisan "Created by Warren Robinett".
Maka dengan ini lahirlah Eeaster Egg pertama di dunia gaming. Ketika pihak Atari menemukannya, semuanya telah terlambat. Terlalu memakan biaya apabila mereka harus menarik kembali semua cartridge, jadi mereka hanya menyebut itu sebagai sebuah "nilai tambahan". Robinett beruntung sudah keluar dari perusahaan ketika itu.
3. Sistem Combo yg Ditemukan Dengan Tidak Sengaja dalam Game Street Fighter
- ss:
Noritaka membiarkan bug ini tetap ada krna menyangka terlalu sulit bagi pemain utk menemukan bug ini. Staff yg lain juga tidak diberitahunya. Namun ia terbukti terlalu meremehkan hal ini, dan combo perdana ini menjadi populer di kalangan gamer. Di edisi Street Fighter selanjutnya, bug ini diangkat menjadi fitur resmi yg terus berlanjut hingga sekarang.
4. Programmer Yang Payah Dalam Bermain Game Memperkenalkan Kode Konami
- ss:
Dan hingga game ini diluncurkan, ia tak menghapus kode rahasia ini. Kode game inilah yg sangat terkenal ketika itu dgn sebutan Kode Konami (atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A, Start). Bagi yg dulu pernah bermain game Contra, pasti boong kalo bilang pernah namatin game ini dari awal tanpa mengenal kode di atas.
Yup, inilah asal muasal kode legendaris ini beredar. Kini Kode Konami bisa dijumpai di berbagai macam tempat di dunia maya.
5. Space Invaders, Game Yang Terlalu Berat Untuk Hardware Masa Itu
- ss:
Pada awalnya rancangan permainan ini sesimpel menembak alien yg berbaris dgn konyolnya untuk ditunggu ditembak satu persatu oleh pemain sampai habis. Tak disangka, jumlah alien yg semakin menipis ternyata membuat kinerja processor menjadi semakin lega. Akibatnya FPS (frame per second) game ini menjadi lebih baik, dan alien² retro tersebut menjadi berjingkatan lebih cepat sehingga makin sulit utk ditembak.
Ketersediaan hardware ketika itu memang sangat terbatas di Jepang. Perancangnya, Tomohiro Nishikado menghabisakan waktu setahun penuh mengembangkan hardware khusus utk mengangkat game ini. Space Invaders bagaikan game Crysis masa itu.
Nah, ketidakstabilan performa yg mengakibatkan game bergerak lebih cepat ini membuat Tomohiro terkesan. Hal ini membuat game menjadi semakin menantang dari waktu ke waktu. Inilah yg membuat revolusi dunia gaming. Karena Space Invader adlh game pertama dimana permainan akan menjadi semakin sulit seiring berjalannya permainan.
Re: Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
jadi GTA itu dibuatnya gk sengaja
baru tau aku XD
baru tau aku XD
Pinneaple Studios- GM Intermediate
-
Jumlah posting : 839
Points : 980
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Depok :D
Re: Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
wah itu kan gem di PS1 ya?
dulu temen-temen saya nyebutnya GTA PS1 ternyata emang bener itu cikal bakalnya
cukup memberi inspirasi
dari kesalahan ternyata bisa menjadi keberuntungan yg tak terduga
dulu temen-temen saya nyebutnya GTA PS1 ternyata emang bener itu cikal bakalnya
cukup memberi inspirasi
dari kesalahan ternyata bisa menjadi keberuntungan yg tak terduga
ghoraghori- GM Beginner
-
Jumlah posting : 145
Points : 207
Join date : 20.03.13
Lokasi : Sidoarjo
Re: Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
Farmonster juga ga terduga :p - cikal bakalnya mau buat game kayak ko kevin Vike Farm tapi mau buat hewannya bergerak,Geraknya malah ga teratur -.- dan akhirnya jadi itu
Re: Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
bener, jdi jgn nyerah dulu kalo mendapatkan kesalahan, di lanjutin aja dulu game ny, mngkin jdi game lain & suksesghoraghori wrote:wah itu kan gem di PS1 ya?
dulu temen-temen saya nyebutnya GTA PS1 ternyata emang bener itu cikal bakalnya
cukup memberi inspirasi
dari kesalahan ternyata bisa menjadi keberuntungan yg tak terduga
wowJagitsha wrote:Farmonster juga ga terduga :p - cikal bakalnya mau buat game kayak ko kevin Vike Farm tapi mau buat hewannya bergerak,Geraknya malah ga teratur -.- dan akhirnya jadi itu
btw Vike Farm udh rilis versi demo ny, lihat di trit WIP
Re: Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
bagus ga ada fitur save jadi males main nunggu fitur save dulu deh
Re: Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
Jagitsha wrote:bagus ga ada fitur save jadi males main nunggu fitur save dulu deh
kekeke
tpi sekedar pengenalan game udah cukup ya kyk ny
Similar topics
» 7 Game yang menghina islam
» Udah berapa banyak game yang gagal kamu buat?
» mohon bantuanya gan, yang jago kasih script game, masuk !!
» Ada yang tau, cara naruh sprite tapi tidak di game maker?
» [ASK] Masukan game yang bagus? dan GML (pertanyaan dari kienta)
» Udah berapa banyak game yang gagal kamu buat?
» mohon bantuanya gan, yang jago kasih script game, masuk !!
» Ada yang tau, cara naruh sprite tapi tidak di game maker?
» [ASK] Masukan game yang bagus? dan GML (pertanyaan dari kienta)
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik