Request Materi
+6
=>SandyAtlantic<=
meliaz99
ferryry
zebrakelabu
HaNIFU
Kevin Blaze Coolerz
10 posters
Halaman 2 dari 2
Halaman 2 dari 2 • 1, 2
Re: Request Materi
ok, ntar ak cekmrtwo wrote:fungsi array diatas itu ,fungsi yang terbaru di gamemaker studio ,coba lihat help file di GMS terbaru
ok"Game Maker Newbie wrote:Pokoknya Yang Depannya String Kayak:
string_count, dll
ntar kalo sempet ak bikin materi ny
Re: Request Materi
ThxKevin Blaze Coolerz wrote:ok"Game Maker Newbie wrote:Pokoknya Yang Depannya String Kayak:
string_count, dll
ntar kalo sempet ak bikin materi ny
Re: Request Materi
Bro, minta materi tentang file_bin donk dah ku cari di subforum Belajar GameMaker tapi ga ada
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
Re: Request Materi
Aku pengen request.
Materi: Surface
Alasan: Masih bingung dengan definisi dan cara kerja surface.
Makasih mimin dan momod yang baik hati. xD
Materi: Surface
Alasan: Masih bingung dengan definisi dan cara kerja surface.
Makasih mimin dan momod yang baik hati. xD
Re: Request Materi
meliaz99 wrote:Aku pengen request.
Materi: Surface
Alasan: Masih bingung dengan definisi dan cara kerja surface.
Makasih mimin dan momod yang baik hati. xD
Aku akan coba jawab pertanyaan meliaz, game aku Wizard Quest banyak pakai surface.
Surface tuh resource di Studio yang dihasilkan secara dinamik, artinya bisa dibuat dan dihancurkan kapan saja dalam satu game.
Surface dicreate di graphic memory, sementara graphic memory sangat dinamis digunakan oleh system dan graphic processor, yang tidak mau tau apakah ada surface atau tidak. dengan demikian ada kemungkinan surface "tertimpa" oleh isi memory lain yang menyebabkan surface tsb rusak/hilang. sehingga kalau mau pakai sebaiknya ditest dulu dengan perintah surface_exist(surface id)
Anggap saja surface adalah sama dengan layer yang bisa digambar di atas screen, artinya surface bisa diisi macam2 kemudian digambar di atas screen game. kalau surface diisi dengan draw_clear(c_black) kemudian digambar dengan perintah draw_surface di event draw suatu object maka hasilnya yah gambar hitam aja.
why surface? karena pengolahan memory yang jauh lebih cepat ketimbang pengelolaan object, salah satunya. misal kita punya object yang diam saja, misalnya, mayatnya monster. setelah ditembak en mati, itu object mayat monster akan terus berdiam dalam game, yang kalau jumlahnya sampai puluhan bahkan ratusan maka akan memperlambat game. dengan surface, lokasi object mayat diambil, di lokasi itu digambar sprite saja, dan kemudian object aslinya di destroy. dengan demikian tampilan tidak berubah sedangkan objectnya sudah ga ada, sehingga walau yang mati monstersnya berjumlah ratusan juga tidak akan memperlambat game.
jangan lupa mem-free surface pada akhir game, untuk mengembalikan memory yang dipakai.
lah itu efek game 3D kamu yang kaya layar grainy, ga pakai surface?
Re: Request Materi
@Zebrakelabu.
Wah, makasih udah nulis panjang-panjang. Aku udah baca di beberapa referensi. Rupanya penting untuk ngecek if surface_exist() untuk draw surface. Karena surface bisa hilang kalau window ga fokus, apalagi kalau di mobile.
Thanks! Jadi ngerti guna dari surface.
BTW itu aku ga ada pakai surface. Itu cuma simple 3D fog.
Wah, makasih udah nulis panjang-panjang. Aku udah baca di beberapa referensi. Rupanya penting untuk ngecek if surface_exist() untuk draw surface. Karena surface bisa hilang kalau window ga fokus, apalagi kalau di mobile.
Thanks! Jadi ngerti guna dari surface.
BTW itu aku ga ada pakai surface. Itu cuma simple 3D fog.
Re: Request Materi
LOL ini sebenernya request bukan sekedar tanya jawab anyway
ok akan kubuatkan materinya, yg berupa penjelasan overview, fungsi2 dan contoh2 simplenya sih
EDIT: done~ sorry kalo ada kekurangan apa2, baru pertama ngepost materi sih
ok akan kubuatkan materinya, yg berupa penjelasan overview, fungsi2 dan contoh2 simplenya sih
EDIT: done~ sorry kalo ada kekurangan apa2, baru pertama ngepost materi sih
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: Request Materi
@asuna
you do that asuna and thanks
@meliaz
3D fog? memang lebih meyakinkan sih kalau 3D, cuman mungkin lebih berat ya
you do that asuna and thanks
@meliaz
3D fog? memang lebih meyakinkan sih kalau 3D, cuman mungkin lebih berat ya
Re: Request Materi
@Asuna:
Makaasiiiihhh. xD
@Zebrakelabu:
Aku kurang tau. Haha. Aku cuma makai cara termudah yang ku tahu. xD
Makaasiiiihhh. xD
@Zebrakelabu:
Aku kurang tau. Haha. Aku cuma makai cara termudah yang ku tahu. xD
Re: Request Materi
meliaz99 wrote:@Asuna:
Makaasiiiihhh. xD
@Zebrakelabu:
Aku kurang tau. Haha. Aku cuma makai cara termudah yang ku tahu. xD
masalahnya aku jg ga jelas 3D fog itu yang mana di game kamu menurutku sih 3D fog yang buat batasin view distance (bukan efek layar grainy)
hmm jadi pengin buat contohnya
Halaman 2 dari 2 • 1, 2
Similar topics
» [Beginner][Materi] Ini Files
» Share - (Materi?) game berbasis zelda
» Request Example Disini!
» [request] buat AI di gameku
» Share - (Materi?) game berbasis zelda
» Request Example Disini!
» [request] buat AI di gameku
Halaman 2 dari 2
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik