[ASK] restart room persistent
5 posters
Halaman 1 dari 1
[ASK] restart room persistent
Mau nanya mastah2 ..
kasus : terdapat room main menu, pilih level (obj_tmb_pilihlevel (1-4)), dan room permainan (1-4).
room permainan = persistent
pertama main dipermainan 1, musuh telah habis dan masuk ke permainan 2, ketika kembali ke main menu dan masuk lagi ke permainan 1 musuh nya udah ga ada
udah masukin
tapi masih tetep aja musuh nya ga ada
mungkin ada yang salah dengan kode d atas atau ada solusi lain.
mohon solusinya mastah
kasus : terdapat room main menu, pilih level (obj_tmb_pilihlevel (1-4)), dan room permainan (1-4).
room permainan = persistent
pertama main dipermainan 1, musuh telah habis dan masuk ke permainan 2, ketika kembali ke main menu dan masuk lagi ke permainan 1 musuh nya udah ga ada
udah masukin
- Code:
event left_press di obj_tmbl_pilihlevel1
with(room_permainan1) room_restart();
tapi masih tetep aja musuh nya ga ada
mungkin ada yang salah dengan kode d atas atau ada solusi lain.
mohon solusinya mastah
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
jangan pake persistent.. emang buat apa sih?
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ASK] restart room persistent
FisherCS wrote:kenapa dikasih persistent? ._.
Asuna wrote:jangan pake persistent.. emang buat apa sih?
jadi gini mastah, game yang aku buat bergenre TBS . ketika ada battle maka masuk ker room battle kemudian kembali lagi ke room permainan . kalo room nya ga persistent setelah return dari battle ke permainan , posisi unit nya kembali ke awal lagi.
jadi gmana ya mastah2
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
knp gk buat tower ny aja yg di buat persistent?
trus kalo di selain room permainan, semua tower ny deactivate
trus kalo di selain room permainan, semua tower ny deactivate
Re: [ASK] restart room persistent
Kevin Blaze Coolerz wrote:knp gk buat tower ny aja yg di buat persistent?
trus kalo di selain room permainan, semua tower ny deactivate
maksudnya tower itu gmana ya masttahh ?? buat object control kah?
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
blackCoffee wrote:Kevin Blaze Coolerz wrote:knp gk buat tower ny aja yg di buat persistent?
trus kalo di selain room permainan, semua tower ny deactivate
maksudnya tower itu gmana ya masttahh ?? buat object control kah?
unit ny, hehehe
Re: [ASK] restart room persistent
Kevin Blaze Coolerz wrote:blackCoffee wrote:Kevin Blaze Coolerz wrote:knp gk buat tower ny aja yg di buat persistent?
trus kalo di selain room permainan, semua tower ny deactivate
maksudnya tower itu gmana ya masttahh ?? buat object control kah?
unit ny, hehehe
hmmm..
setelah dicoba2 ternyata banyak yang jadi ga sesuai aturan
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
blackCoffee wrote:
hmmm..its workmastah kevin.. tapi lmyan rempong juga bikin deactive d setiap room selain permainannya. but thanks
setelah dicoba2 ternyata banyak yang jadi ga sesuai aturan
ga sesuai aturan gimana? apa lagi yang salah?
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ASK] restart room persistent
Asuna wrote:blackCoffee wrote:
hmmm..its workmastah kevin.. tapi lmyan rempong juga bikin deactive d setiap room selain permainannya. but thanks
setelah dicoba2 ternyata banyak yang jadi ga sesuai aturan
ga sesuai aturan gimana? apa lagi yang salah?
gini mastah ane kan dapet engine TBS dari yoyogames (Turn-Based Strategy RPG Overworld Engine), sori ga bisa post link . d engine nya lmyan banyak make data stuktur dan lmyan kalo diganti engine basicnya.
dan setelah diganti persistent nya
1. unit yang telah melakukan aksinya harusnya berubah jadi inactive tapi malah bisa dimainkan lagi
2. unit yang HP telah habis malah muncul lagi dengan hp yang full
bingung ane gan
apa room yang persistent itu ga bisa direstart ya ?
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
diusahakan semua object yg harus di nonaktifkan benar2 sdh nonaktif,,
kalo memungkinkan ya pke cara ke2:
"create enemy nya lagi, & di posisi tertentu"
room yg persistent itu bkan gk bsa di restart, tpi smua yg ad di room tsb gk berubah alias persistent walaupun di restart/pindah room & balik lgi
kalo memungkinkan ya pke cara ke2:
"create enemy nya lagi, & di posisi tertentu"
room yg persistent itu bkan gk bsa di restart, tpi smua yg ad di room tsb gk berubah alias persistent walaupun di restart/pindah room & balik lgi
Re: [ASK] restart room persistent
Kevin Blaze Coolerz wrote:diusahakan semua object yg harus di nonaktifkan benar2 sdh nonaktif,,
kalo memungkinkan ya pke cara ke2:
"create enemy nya lagi, & di posisi tertentu"
room yg persistent itu bkan gk bsa di restart, tpi smua yg ad di room tsb gk berubah alias persistent walaupun di restart/pindah room & balik lgi
ternyata kalo hanya move, unit player memang jadi inactive tetapi kalo dia attack kemudian masuk room battle return room permainan dan si unit tsb masih bisa dimainin atau masih active (persistent).
kemudian ketika si unit musuh habis hp-nya dia malah tetap ada (persistent)
untuk create enemy nya lagi maksudnya gmana ya ?
ane coba game_restart() itu bisa, tapi kelemahannya tombol level yang harusnya terbuka setelah selesai misi d setiap permainan malah ke lock lagi ..
dan damn
ane udah bener2 stuck
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
aku punya alternatif selain pake persistent, maybe..
yaitu pake variable global berupa array sebagai properti dari tiap musuh (instancenya), seperti HP, flag (penanda apakah enemy sudah mati), dll..
variablenya diinisialisasi saat start game.
well, ini seperti teknik buat event di RPG maker (if you know it)
(Note: variable global bersifat persistent)
yaitu pake variable global berupa array sebagai properti dari tiap musuh (instancenya), seperti HP, flag (penanda apakah enemy sudah mati), dll..
variablenya diinisialisasi saat start game.
well, ini seperti teknik buat event di RPG maker (if you know it)
(Note: variable global bersifat persistent)
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ASK] restart room persistent
Asuna wrote:aku punya alternatif selain pake persistent, maybe..
yaitu pake variable global berupa array sebagai properti dari tiap musuh (instancenya), seperti HP, flag (penanda apakah enemy sudah mati), dll..
variablenya diinisialisasi saat start game.
well, ini seperti teknik buat event di RPG maker (if you know it)
(Note: variable global bersifat persistent)
sebenernya kalo menurut ane, engine yang ane pake udah hampir sangat sempurna, hampir semua data itu dimasukin ke data struktur seperti unit army nya , menu nya dll yang fungsinya hampir sama dengan array (i think ). selain itu adanya pewarisan, triger, konstanta dll
dan kalo basic engine nya diubah lmyan
tapi thanks semuanya mastah2 ane coba ulik2 lagi
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
nah, kalo kendala ny cma tombol level ke-lock lgi sih bsa di perbaiki,, cara ny pke global variable,, sbg bayangan ak ksih contoh gini:blackCoffee wrote:
ternyata kalo hanya move, unit player memang jadi inactive tetapi kalo dia attack kemudian masuk room battle return room permainan dan si unit tsb masih bisa dimainin atau masih active (persistent).
kemudian ketika si unit musuh habis hp-nya dia malah tetap ada (persistent)
untuk create enemy nya lagi maksudnya gmana ya ?
ane coba game_restart() itu bisa, tapi kelemahannya tombol level yang harusnya terbuka setelah selesai misi d setiap permainan malah ke lock lagi ..
dan damn
ane udah bener2 stuck
jika global.lv = 1 maka tombol level 1 unlock
jika global.lv = 2 maka tombol level 2 unlock
dsb
mksd dri create enemy lgi itu gini:
kan kmu pasti set posisi enemy ny trlebih dahulu di room, nah kmu save dulu koordinat tiap enemy tsb (tulis di notepad), dan ketika room tsb di mulai, maka kmu create smua enemy di posisi yg telah di tentukan tdi tpi ribet sih, cz tiap room kan beda2 posisi enemy ny (pasti)
Re: [ASK] restart room persistent
Kevin Blaze Coolerz wrote:
nah, kalo kendala ny cma tombol level ke-lock lgi sih bsa di perbaiki,, cara ny pke global variable,, sbg bayangan ak ksih contoh gini:
jika global.lv = 1 maka tombol level 1 unlock
jika global.lv = 2 maka tombol level 2 unlock
dsb
mksd dri create enemy lgi itu gini:
kan kmu pasti set posisi enemy ny trlebih dahulu di room, nah kmu save dulu koordinat tiap enemy tsb (tulis di notepad), dan ketika room tsb di mulai, maka kmu create smua enemy di posisi yg telah di tentukan tdi tpi ribet sih, cz tiap room kan beda2 posisi enemy ny (pasti)
nah , emang udah make globalvar sih mastah, tetapi ketika menggunakan fungsi game_restart() untuk mengubah room permainan1 ke posisi awal.
misal kondisinya :
level 1 telah selesai maka level2="unlock" dan game_restart() dijalankan level2 berubah kembali jadi "lock".
lagi ngulik2 room_persistent , room_set_persistent dan room_restart() mudah2an ada pencerahan .
sori ya mastah kevin ane ga bisa kasih thanks nya udah dipake .
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
blackCoffee wrote:
nah , emang udah make globalvar sih mastah, tetapi ketika menggunakan fungsi game_restart() untuk mengubah room permainan1 ke posisi awal.
misal kondisinya :
level 1 telah selesai maka level2="unlock" dan game_restart() dijalankan level2 berubah kembali jadi "lock".
lagi ngulik2 room_persistent , room_set_persistent dan room_restart() mudah2an ada pencerahan .
sori ya mastah kevin ane ga bisa kasih thanks nya udah dipake .
knp pake game restart? knp gk room_goto(room_first) ?
kalo pke game_restart tentu akan merestart semua ny
dan jgn lupa utk pke object yg persistent untuk menyimpan semua global var (semua global var di create oleh obj tsb), jdi nilai pada var tsb gk brubah
gpp kok
mngkin tombol + di samping ini bsa di pke
Re: [ASK] restart room persistent
@blackCoffee
-_- klo enginenya itu sendiri sebelum dikutak katik gimana?
engine itu juga pake persistent kan?
-_- klo enginenya itu sendiri sebelum dikutak katik gimana?
engine itu juga pake persistent kan?
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ASK] restart room persistent
yap knapa ga room_goto(room_first) seperti yang dibilang sebelumnya room dibuat persistent dan ketika kembali ke permainan posisi unit tetap/ tidak berubahKevin Blaze Coolerz wrote:
knp pake game restart? knp gk room_goto(room_first) ?
kalo pke game_restart tentu akan merestart semua ny
dan jgn lupa utk pke object yg persistent untuk menyimpan semua global var (semua global var di create oleh obj tsb), jdi nilai pada var tsb gk brubah
gpp kok
mngkin tombol + di samping ini bsa di pke
roomnya sudah persistentAsuna wrote:@blackCoffee
-_- klo enginenya itu sendiri sebelum dikutak katik gimana?
engine itu juga pake persistent kan?
thanks for all mastah , setelah berjam2 ahirnya solved jga
nambahin object seperti obj_mission dan ketika kondisi semua unit musuh telah habis maka
- Code:
case "Rout":
if (ds_list_size(armies[1]) < 1)
{
if(room_exists(!rm_permainan4)){
show_message("Mission Success! Go to Next Level");
if (room_exists(rm_permainan1)) {
room_persistent="false";
room_restart();
room_goto(rm_permainan2);
level2="unlock";
}
else
if (room_exists(rm_permainan2))
{
room_persistent="false";
room_restart();
room_goto(rm_permainan3);
level3="unlock";
}
else
if (room_exists(rm_permainan3))
{
room_persistent="false";
room_restart();
room_goto(rm_permainan4);
level4="unlock";
}
}
else
if(room_exists(rm_permainan4))
show_message("Congratulation! You Have Completed All The Missions");
}
break;
tapi sepertinya ada yang salah dengan code diatas.. ketika permainan2 selesai bukannya masuk ke permainan3 tapi malah restart di permainan2
mungkin para mastah ada yang tau salah dmana ?
------------------------------
maaf dopost ..
udah SOLVED
obj_misi nya dibuat berbeda d setiap room and it works
thanks ya mastah2
maaaf ya, ga bisa upload projek gmk nya file nya sekitar 80MB
Terakhir diubah oleh Asuna tanggal Wed 16 Jan 2013, 13:49, total 1 kali diubah (Reason for editing : aku satuin ya :D)
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
sama2
gmknya koq gede amat? diisi sama BGM/video ya?
bisa upload gmk tanpa resource tsb kh? -.-
numpang nyatuin dopost mu ya
gmknya koq gede amat? diisi sama BGM/video ya?
bisa upload gmk tanpa resource tsb kh? -.-
numpang nyatuin dopost mu ya
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ASK] restart room persistent
Asuna wrote:sama2
gmknya koq gede amat? diisi sama BGM/video ya?
bisa upload gmk tanpa resource tsb kh? -.-
numpang nyatuin dopost mu ya :>
iya resource nya lmyan gede tapi ga ada video . lmyan background yang ukuran besar2 dari deviantart, sprite yang bergejibun, sound mp3. dll
nah loh tanpa resource
haha sori lupa bisa d edit.
udah 80% tinggal info ketika mouse over untuk tiap unit seperti gambar unit,hp,move range, atakrange dll dan storyline ending , klo udah done semuanya ntar aku coba upload deh
sebenarnya project skripsi bertemakan budaya judulnya War of Baratayuda . doain ya mudah2an lancar revisi dan sidang nya
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
That's great! good luck for your project :>
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ASK] restart room persistent
sip mastah2.
thanks untuk bantuannya.
kalo ada yang gabisa lagi nanya lagi ya
thanks untuk bantuannya.
kalo ada yang gabisa lagi nanya lagi ya
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [ASK] restart room persistent
sama2 :>
Solved = Locked
Solved = Locked
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Similar topics
» Draw Object di Room Lain
» tentang room
» [ASK] Pintu ganti room
» room gag ke detect ketika di run
» [Ask] room_goto(Lose) Malah Ke Room Selanjutnya
» tentang room
» [ASK] Pintu ganti room
» room gag ke detect ketika di run
» [Ask] room_goto(Lose) Malah Ke Room Selanjutnya
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik