www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

Perubahan Besar di Draw GUI!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by meliaz99 on Sun 19 Jan 2014, 10:21

Halo semua. Bagi yang sering menggunakan event Draw GUI seperti saya, kali ini pasti akan gembira karena perubahan besar yang terjadi di event Draw GUI. Karena menurut saya memang agak konyol melihat resolusi draw GUI yang ga sama di tiap platform, lalu kalo kita ngebuat game dengan resolusi kecil, draw GUI juga bakal ngedraw dengan kualitas buruk, dll.

Namun akhirnya sekarang udah diselesaikan oleh YoYoGames yang sedang bekerja keras sekarang. Seperti yang ditulis oleh Mike Dailly di Tech Blog tentang perubahan GUI layer, semua perubahan menjadi lebih baik.

Untuk selengkapnya silahkan dibaca di Tech Blog!
 Jempol2 Dance 
avatar
meliaz99
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 318
Points : 386
Join date : 11.05.13
Age : 18
Lokasi : Batam, Kepri, Indonesia

Lihat profil user http://roychanmeliaz.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by Kevin Blaze Coolerz on Sun 19 Jan 2014, 11:44

that's true,, game HTML5 ku pas main di PC bagus2 aja, tpi kalo main di android jdi parah,, itu krna draw GUI ny, men-draw ukuran sprite gk sesuai ukuran layar yg udah di strect Kacau

but nice deh kalo udh di selesaikan Very Happy
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by zebrakelabu on Sun 19 Jan 2014, 13:20

Yah baru mau post udah keduluan meliaz Smile

Hmmm 1.3 kayanya "menyeramkan" yah Very Happy banyak sekali perubahannya

DrawGUI
Draw event tambahan (DrawBegin, Draw, DrawEnd)
Multiple stackable surface, dan juga default surface. Ga bisa sembarangan panggil surface_reset_target()

Belum yang lain seperti vector graphics, new debugging system, dsb

Padahal yang 1.2 aja belum dicoba abis.. physics, shaders, fungsi2 network Smile

Kalo belum nyoba sendiri rasanya kok ga sreg. Dan pasti banyak bug nya


avatar
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

Lihat profil user http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by Kevin Blaze Coolerz on Sun 19 Jan 2014, 13:37

^bner om, bnyk bnget perubahaan ny :3
dan yg skrg (v1.2.1224) pun ada bug di tmpat ku,, background ny menutupi semua object yg lain. bhkan ak udh coba draw gini:

Code:
draw_sprite(spr_background,0,0,0)
draw_sprite(blablabla)

dan gini juga:
Code:
draw_sprite(blablabla)
draw_sprite(spr_background,0,0,0)
tapi gk ada perubahan, tetep nutupi object lain, walau sprite background ny di draw di object lain yg punya depth lebih besar sekalipun Curiga

hadeh, semenjak install windows 7 jdi bnyk problem di GMS  Crying problem yg gk prnah ak temui sebelum ny

brharap v1.3 cepet keluar biar kendala draw_event bisa cepat kelar (krna ada DrawBegin, Draw, dan DrawEnd).

dan skrg utk meng-antisipasi problem diatas, ak pke Draw GUI Pacman (but it's work)

*gk oot banget lah Razz
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by zebrakelabu on Sun 19 Jan 2014, 14:01

kev, mungkin kamu harus pakai draw_background aja ketimbang pakai draw_sprite, biar sesuai resource nya. mungkin urutan gambarnya juga beda. background kan sebenarnya tile based, sementara sprite lebih ke object based.

aku liat studio semakin mengarah ke semacam standarisasi lah. jadi perlakuan terhadap resource lebih ketat.

rasanya aku pernah baca keyword globalvar mau dihapus? jadi ga bisa lagi kita:

Code:


globalvar variabela, variabelb


jadi harus:

Code:


global.variabela=0;
global.variabelb=0;


balik ke cara lama dulu. jadi untuk menghindari kesalahan id variabel
avatar
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

Lihat profil user http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by Asuna on Sun 19 Jan 2014, 15:11

very awesome! Jempol2
can't wait for 1.3, meski ada versi EAnya tapi mending ane tunggu deh Very Happy

hmm, didn't expect that event draw GUI masih buggy di versi sebelumnya, ane masih sering pake event draw biasa sih, soalny ane masih terbiasa ngedev di GM 8 dulu, kemudian kalo udah mantap diporting ke GMS sambil ngecek kompatibilitas code2 scr manual, lalu ditambah2 dikit code2 fitur utk export platform lain... (mainly Android)
seems I'm kinda a bit outdated or just gk terlalu banyak memanfaatkan fitur2 canggih Razz

btw dengan banyaknya perubahan yg dikuatirkan perlu banyak penyempurnaan & bug fixes juga, jadinya bakal banyak changelog dan musti sering2 diupdate versinya Kacau

@zebrakelabu
yup, makanya ane jarang pake var & globalvar, langsung inisialisasi nilainya aja (at least nilai "default"-nya sebelum diassign di code lain) Very Happy
avatar
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by Kevin Blaze Coolerz on Sun 19 Jan 2014, 15:13

sama aja om, draw_background(bg_main) ataupun draw_sprite(spr_bg) gk ada prubahan, background tetep nutupin semua object Pacman

*mksd dri draw_sprite cma utk memastikan kalo bug HANYA terjadi di background. nyata nya gk, bug masih ada Kacau
ntah lh ini bug GMS atau laptop ku yg brmasalah Confused
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by meliaz99 on Sun 19 Jan 2014, 16:48

Horee. Banyak yang komentar.  Kacau 

@Kevin
Kok gitu ya? Aku kayanya ga pernah ngalamin kaya gitu. Apa mungkin ada problem lain ya?

@Asuna
Aku masih belum pake EA nya. Tunggu stable keluar. :v

@Zebrakelabu.
Sampai sekarang GM:S masih banyak bugs. Contoh jika enable 3D fog + enable view, maka screen cuma muncul layar hitam, reproduce ability 100% silahkan dicoba. Dan pas set 3D lightning ga akan sama dengan GM Legacy. Sampai sekarang aku masih ga ngerti kenapa lightning buatanku ga work di GM:S, padahal work di GM Legacy.

Lalu apalagi yaa..? Hmm, kayanya itu aja yang baru aku temuin. :v
avatar
meliaz99
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 318
Points : 386
Join date : 11.05.13
Age : 18
Lokasi : Batam, Kepri, Indonesia

Lihat profil user http://roychanmeliaz.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by Kevin Blaze Coolerz on Sun 19 Jan 2014, 19:39

@meliaz: gk tau Confused
oh iy, dulu jga prnh kyk gitu


yg di lingkarin itu problem ny,, padahal tembok itu Tiles, dan lantai ny background Confused
solusi: remove background, dan bikin lgi background ny.. dan problem ku yg skrg gk bsa pke cara diatas X(
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by zebrakelabu on Sun 19 Jan 2014, 21:33

mungkin tile depth nya beda di background?

ga pernah dapat error ky gitu sih
avatar
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

Lihat profil user http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by Kevin Blaze Coolerz on Sun 19 Jan 2014, 21:50

^ak sih gk ubah depth ny, dan problem ny solved bukan krna depth, tpi ak re-crete background ny.

problem yg skrg sama, tpi gk bsa di fix pke cara diatas Kacau
avatar
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Palembang

Lihat profil user http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perubahan Besar di Draw GUI!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik