www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

Join the forum, it's quick and easy

www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih
www.gmindo.web.id/forum
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

[ask] cara drawing variabel enemy

4 posters

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Wed 29 May 2013, 21:28

mas2 yang cakep2 mw nanya ni gmana ya scriptNya buat nampilin variabel yg ada dienemy...?? contoh dgame tower defense kan ada 1baris musuh didalamnya ada 5jenis musuh yg punya variabel berbeda2.

la itu mw aq tampilkan di kotak sendiri pojok bawah room
1) mana HP musuh terkecil...??
2) mana speed musuh terbesar...??
3) mana jarak musuh dg tower yg terdekat...??
4) trus tampilin variabel itu punya musuh mana dan baris keberapa...??

klo ada yg tau tolong share ilmunya makasi......
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Asuna Wed 29 May 2013, 21:44

draw_text(obj_enemy.x,obj_enemy.y-100,string(obj_enemy.variabel))

variabel obj_enemy ditentukan dari code itu yg buat milih instance musuh dgn kriteria yg anda sebutkan (refer to that your thread)
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Thu 30 May 2013, 02:33

mas @asuna mw tanya lagi itu dtaruh di obj_controller dievents Draw kan...??
uda aq coba tapi kok g bisa akses varibelNya enemy y...??
kyk variabelNya enemy yang speed jg sama yang HP ya...??
scriptnya aq ubah gini buat nampilin speed terrendah aq niru punyanya @@Kevin Blaze Coolerz

draw_text(440,100,'speed: '+string(min(ob_enemy.myspeed)))

myspeed itu variabel speed enemy ku

la kok error di

___________________________________________
ERROR in
action number 1
of Draw Event
for object controller:

Error in code at line 18:
draw_text(440,100,'speed: '+string(min(ob_enemy.myspeed)));
^
at position 58: Unknown variable myspeed
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Asuna Thu 30 May 2013, 08:59

draw_text tentu ditaroh di events Draw

myspeed harus diinisialisasi dulu di event create ob_enemy
atau pake ob_enemy.speed aja Razz
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Kevin Blaze Coolerz Thu 30 May 2013, 15:28

bisa di jelaskan lbih detial tentang poin ke-4

4) trus tampilin variabel itu punya musuh mana dan baris keberapa...??

yg di tampilkan yaitu variable speed, HP, & jarak object c[a] ?
(baca ini utk mengetahui apa itu c[a])

tinggal draw text :
string(c[a].speed),
string(c[a].HP), dan
string(distance_to_object(tower.x,tower.y,c[a]))

lalu, apa mksd dri "baris ke brp" ?

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Thu 30 May 2013, 16:38

gini mas @kevin....

yang point ke4 itu dalam game tower defense kan musuh keluar 1 gelombang ada 5 musuh la dari 5 object musuh itu object mana yang punya hp terkecil speed terbesar jarak terdekat dengan tower......

misal
keluar 1 gelombang musuh ada 5 object musuh

enemy 1 HP=50 jarak=5 speed=4
enemy 2 HP=20 jarak=3 speed=5
enemy 3 HP=80 jarak=4 speed=2
enemy 4 HP=40 jarak=2 speed=3

kan ini caranya mas @kevin

1. string(c[a].speed), trus tampilin jg teks "Kecepatan bergerak musuh tercepat dimiliki {enemy 2}"

2. string(c[a].HP), trus tampilin jg teks "HP terkecil dimiliki {enemy 2}"

3. string(distance_to_object(tower.x,tower.y,c[a])) trus tampilin jg teks "jarak terdekat dimiliki {enemy 4}"


adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Kevin Blaze Coolerz Thu 30 May 2013, 18:31

jdi gimana? udh di coba? Very Happy

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Sat 01 Jun 2013, 00:16

mas @kevin g berhasil cara itu....

aq ralat mas maksudQ nampilin aja 3 varibel aja

1. HP terrendah itu berapa...?? dan dimiliki enemy baris keberapa...??
2. speed tertinggi itu berapa..?? dan dimiliki enemy baris keberapa...??
3. jarak teredekat dgn tower berapa...?? dimiliki enemy baris keberapa...??

la aq ubah2 di object controller dievent drawnya aq kasih script ini....

Code:
 with (ob_enemy_parent)
  {
    draw_text(580,170,'HP: '+string(min(ob_enemy_parent.own_health))); //own_health variabel HP enemyku
    draw_text(580,189,'speed: '+string(max(ob_enemy_parent.path_speed)));
    draw_text(580,210,'DIS: '+string(distance_to_object(min(ob_tower_laser))));
  } 

berhasil tapi belum bisa nampilin itu variabel punya enemy baris keberapa malah yg ditampilin bukan HP terrendah, speed tertinggi, jarak teredekat dgn tower tapi malah enemy baris paling dpn yg dtampilin variabelnya....
klo mas bisa bantu tolongin ya.....
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Kevin Blaze Coolerz Sat 01 Jun 2013, 10:00

ak mau nnya. cma 1 enemy saja ya yg di draw "baris ke berapa" ?

atau kyk gini:

HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Sat 01 Jun 2013, 14:33

Kevin Blaze Coolerz wrote:ak mau nnya. cma 1 enemy saja ya yg di draw "baris ke berapa" ?

atau kyk gini:

HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2


javascript:emoticonp('Jempol1') yuupsss bener mas @kevin........
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Kevin Blaze Coolerz Sat 01 Jun 2013, 18:26

yg mana ? Hammer
kan ak nnya, yg mana yg kmu mksd?

yg ini:

HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2

atau yg ini:

cma 1 enemy saja ya yg di draw "baris ke berapa" ?

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Sun 02 Jun 2013, 00:41

Kevin Blaze Coolerz wrote:yg mana ? Hammer
kan ak nnya, yg mana yg kmu mksd?

yg ini:

HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2

atau yg ini:

cma 1 enemy saja ya yg di draw "baris ke berapa" ?


javascript:emoticonp('Embarassed') hehehehehe.... gw yg saah ni....

maksudQ ya ini
HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2

ya tiga2 itu dtampilin mas........ hehehehehehe..... sory mas.......


adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Kevin Blaze Coolerz Sun 02 Jun 2013, 10:31

ooh, hehehe, kalo itu sih lbih mudah Very Happy

msih ingat dgn ini ?
itu utk cari HP terkecil Very Happy

utk mengetahui enemy di baris ke berapa, berikut script ny:

Code:
switch(object_get_name(c[a]))
{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}

utk jarak & distance sama aja, tinggal di ralat kode di link di atas Very Happy
good luck Razz
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Sun 02 Jun 2013, 19:40

mas kev Shocked

ooh, hehehe, kalo itu sih lbih mudah

msih ingat dgn ini ?
itu utk cari HP terkecil

utk mengetahui enemy di baris ke berapa, berikut script ny:

CODE: BLOK TEKS
switch(object_get_name(c[a]))
{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}


utk jarak & distance sama aja, tinggal di ralat kode di link di atas
good luck

ini kan code buat hp terendah

Code:
if instance_exists(object0) {obj0 = object0.HP c[object0.HP] = object0} else obj0 = 999
if instance_exists(object1) {obj1 = object1.HP c[object1.HP] = object1} else obj1 = 999
if instance_exists(object2) {obj2 = object2.HP c[object2.HP] = object2} else obj2 = 999
if instance_exists(object3) {obj3 = object3.HP c[object3.HP] = object3} else obj3 = 999
if instance_exists(object4) {obj4 = object4.HP c[object4.HP] = object4} else obj4 = 999

    if HP !=0 && !(obj0=999 && obj1=999 && obj2=999 && obj3=999 && obj4=999)
    {
    a = min(obj0,obj1,obj2,obj3,obj4)
    move_towards_point(c[a].x,c[a].y,3)
    }
    else speed =0

la trus source code drawnya gmana dtaruh mana ya...?? Pusing
kok jadi bingung aq aq mas kev.... Bingung

jelasin lg y mas kev pllissss.... Mata Belo
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Kevin Blaze Coolerz Sun 02 Jun 2013, 20:37

ini kan code buat hp terendah
iy emang, utk jarak & speed sama aja, tinggal di ubah dikit kode ny Very Happy

la trus source code drawnya gmana dtaruh mana ya...??
kan udh dpt baris keberapa? lihat script ku yg tdi:

{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}

jika nama object = object0, maka return baris 1, dst.

utk draw ny ya tnggal draw variable Baris saja:
draw_text(x,y,'Baris: '+string(baris))

ingat, variable baris hrus ada di Create event Very Happy

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Sun 02 Jun 2013, 20:47

Code:
switch(object_get_name(c[a]))
{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}
code itu dtaruh dmana y mas kev object apa dievent apa??
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Kevin Blaze Coolerz Sun 02 Jun 2013, 22:07

saat seleksi

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Mon 03 Jun 2013, 00:13

oce siap2 aq coba dl.......... Jempol1
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Tue 04 Jun 2013, 01:42

aq coba kok malah tambah bingung mas kev aq Hammer

nih, kalo enemy kmu cma sdikit, bisa pke ini

Step event:

Code:
if instance_exists(object0) {obj0 = object0.HP c[object0.HP] = object0} else obj0 = 999
if instance_exists(object1) {obj1 = object1.HP c[object1.HP] = object1} else obj1 = 999
if instance_exists(object2) {obj2 = object2.HP c[object2.HP] = object2} else obj2 = 999
if instance_exists(object3) {obj3 = object3.HP c[object3.HP] = object3} else obj3 = 999
if instance_exists(object4) {obj4 = object4.HP c[object4.HP] = object4} else obj4 = 999

    if HP !=0 && !(obj0=999 && obj1=999 && obj2=999 && obj3=999 && obj4=999)
    {
    a = min(obj0,obj1,obj2,obj3,obj4)
    move_towards_point(c[a].x,c[a].y,3)
    }
    else speed =0


gnti object0...object4 dgn nama enemy, dan gnti HP dgn variable hp kmu

ini kan buat cari hp terrendah trus

itu utk cari HP terkecil

utk mengetahui enemy di baris ke berapa, berikut script ny:


Code:
switch(object_get_name(c[a]))
{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}


utk jarak & distance sama aja, tinggal di ralat kode di link di atas
good luck


trus didraw
Code:
draw_text(x,y,'Baris: '+string(baris))

ingat, variable baris hrus ada di Create event

dicreate event itu Initialise variables kan la itu baris =...... diisi apa mas kev?? Bingung
misal firing = 0; ato target = noone;

la dua script itu ditaruh diobject apa...?? Sad
klo ditaruh ob_controller kok malah variabel HP enemyku g diketahui alias Unknown variable HP enemyku ato malah variabel dari c[a] juga g dketahui mas..... bingung aq mas........... Mewek
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Kevin Blaze Coolerz Tue 04 Jun 2013, 09:06

di ob tower, kmu taruh aja di :
move_towards_point(c[a].x,c[a].y,3)

move_toward kan di hilangkan, jdi kmu copas ke sana aja script yg switch(). dicreate event baris=0 aja, toh kan nanti akan berubah nilai ny Very Happy

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by zebrakelabu Tue 04 Jun 2013, 22:23


seperti yang aku bilang di thread kamu kapan hari juga, untuk bisa menggunakan draw event dengan baik maka kamu harus simpan id yang bersangkutan. misalnya enemy1 harus di draw energy nya berarti kamu harus punya id dari enemy1. masalah kemudian di draw di manapun (obj controller atau sebagainya) itu ga akan masalah kalau id instance nya diketahui (bukan id object ya)
zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Tue 04 Jun 2013, 22:50

zebrakelabu wrote:
untuk bisa menggunakan draw event dengan baik maka kamu harus simpan id yang bersangkutan. misalnya enemy1 harus di draw energy nya berarti kamu harus punya id dari enemy1. masalah kemudian di draw di manapun (obj controller atau sebagainya) itu ga akan masalah kalau id instance nya diketahui (bukan id object ya)
mas @zebrakelabu bisa jelasin lg g...?? maklum aq blm terlalu paham ama GML.... Hammer
cara simpan id yang bersangkutan tu gmana ya...?? maksudnya id instance apa ya...?? Bingung
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by zebrakelabu Tue 04 Jun 2013, 23:36

adamas galleh mulyawan wrote:
klo ditaruh ob_controller kok malah variabel HP enemyku g diketahui alias Unknown variable HP enemyku ato malah variabel dari c[a] juga g dketahui mas..... bingung aq mas........... Mewek

kamu kan bingung ini kan. why oh why hp enemy jadinya unknown kalo script gambar variabel enemy HP di taruh di ob_controller. itu sebabnya adalah karena ob_controller ngga punya referensi mau gambar variabel HP untuk id yang mana. setiap kali enemy di create (dan jadinya punya id) maka ob_controller harus punya akses ke masing2 id ini baru mereka bisa digambar hp nya. gitu mas.



zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by adamas galleh mulyawan Tue 04 Jun 2013, 23:57

oce thanks Jempol2 aq coba bsk pagi mataQ wes KO mas zebrakelabu........ Crying.
adamas galleh mulyawan
adamas galleh mulyawan
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by zebrakelabu Wed 05 Jun 2013, 07:43

sip nanti diinfo hasilnya
zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

[ask] cara drawing variabel enemy Empty Re: [ask] cara drawing variabel enemy

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik