[Beginner] Resource naming
+2
Kevin Blaze Coolerz
zebrakelabu
6 posters
Halaman 1 dari 1
[Beginner] Resource naming
DISCUSSION MOVED TO NEW FORUM:
http://gmindo.web.id/forum/showthread.php?tid=54
Resource naming atau aturan penamaan sumber daya (sprite, background, sound, path, timeline, object etc) nampaknya sepele, namun jika kita memiliki projek dengan jumlah objek yang besar, sprite sampai ratusan dst maka akan cukup membingungkan bila tidak ada aturan penamaannya. Aturan penamaan membantu kita mengelola project kita dengan lebih baik.
Good practice:
Not so good practice:
Tanggapan atau tambahan? Silakan share disini.
http://gmindo.web.id/forum/showthread.php?tid=54
Resource naming atau aturan penamaan sumber daya (sprite, background, sound, path, timeline, object etc) nampaknya sepele, namun jika kita memiliki projek dengan jumlah objek yang besar, sprite sampai ratusan dst maka akan cukup membingungkan bila tidak ada aturan penamaannya. Aturan penamaan membantu kita mengelola project kita dengan lebih baik.
Good practice:
- Gunakan nama yang informatif untuk resource yang penting, yang membuat kita tidak lupa bila harus mengingatnya di tengah2 pemrograman. Aku biasa pakai nama yang cukup panjang, contoh misalnya sprselectionpicturemainmenu, objpausewithoutstack etc.
- Gunakan prefix 3 huruf di depan nama, misalnya spr untuk sprite, obj untuk object, bgm untuk background musik, snd untuk sound effect, str untuk tipe data string dst
- Untuk memperjelas pembacaan, gunakan underscore seperlunya, misal str_inputplayername atau obj_rocketlauncher
- Sebagai tambahan, gunakan grouping di resource tree untuk memudahkan pencarian. Bagiku grouping yang paling gampang adalah grouping berdasarkan alur game itu sendiri. Misalnya untuk layar intro aku punya grup sprite Intro, grup sound Intro, grup object Intro dst, kemudian untuk Level 1 ada grup sprite Level1, grup objek Level 1 dst. sehingga pencarian dan modifikasi menjadi mudah. Tapi ini tergantung masing2 saja.
Not so good practice:
- Menggunakan nama yang ngga jelas untuk sumber daya penting (secara umum ya semuanya penting). Sprite xx, variabel yy, object zzz, background aa, path bb, misalnya. Boleh saja sih pakai, tapi berhati-hati karena setelah beberapa waktu anda kemungkian besar akan lupa dan akan mengalami kesulitan untuk pengembangan lebih lanjut. Lebih lagi kalau anda bekerjasama dengan orang lain, maka anda harus menyediakan waktu untuk sekedar menjelaskan . Penamaan yang baik membantu code menjadi lebih self-explanatory.
Tanggapan atau tambahan? Silakan share disini.
Terakhir diubah oleh zebrakelabu tanggal Wed 30 Apr 2014, 18:11, total 1 kali diubah
Re: [Beginner] Resource naming
wah, bagus om udah mau share yg kyk ginian
cz msih bnyk yg blum paham akan resource renaming, dan trkadang game yg mereka buat bisa error & membuat mereka frustasi, misalnya: menggunakan spasi, ex: spr jurus maut (seharusnya / yg benar / yg bagus: spr_jurus_maut, atau spr_jurusMaut)
aku sih biasanya pake huruf kapital juga utk nama yg cukup panjang, atau di tmbah underscore
cz msih bnyk yg blum paham akan resource renaming, dan trkadang game yg mereka buat bisa error & membuat mereka frustasi, misalnya: menggunakan spasi, ex: spr jurus maut (seharusnya / yg benar / yg bagus: spr_jurus_maut, atau spr_jurusMaut)
aku sih biasanya pake huruf kapital juga utk nama yg cukup panjang, atau di tmbah underscore
Re: [Beginner] Resource naming
nice share om. .
kayaknya username saya termasuk resource (bukannya alay) LOL
kayaknya username saya termasuk resource (bukannya alay) LOL
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [Beginner] Resource naming
menurutku string itu bukan resource, tapi variable sebagai data
namun string table/data yang disimpan dalam file eksternal, mis. txt, ini, xml, dsb. baru bisa dikatakan sebagai resource (database)
anyway nice share
namun string table/data yang disimpan dalam file eksternal, mis. txt, ini, xml, dsb. baru bisa dikatakan sebagai resource (database)
anyway nice share
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [Beginner] Resource naming
ya mungkin maksudnya variable
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [Beginner] Resource naming
Asuna wrote:menurutku string itu bukan resource, tapi variable sebagai data
namun string table/data yang disimpan dalam file eksternal, mis. txt, ini, xml, dsb. baru bisa dikatakan sebagai resource (database)
anyway nice share
yep, tau juga. tapi aku memang gabungin, cuman 2 juga tipe variabel di GM (string dan real, atau floating point), udah lah sekalian... maksudnya sama aja agar langsung ketahuan bedanya waktu kita akan menggunakan
------------------------------
blackCoffee wrote:nice share om. .
kayaknya username saya termasuk resource (bukannya alay) LOL
ya, username kamu itu resource untuk coder gamenya di malam hari
Kevin Blaze Coolerz wrote:wah, bagus om udah mau share yg kyk ginian
cz msih bnyk yg blum paham akan resource renaming, dan trkadang game yg mereka buat bisa error & membuat mereka frustasi, misalnya: menggunakan spasi, ex: spr jurus maut (seharusnya / yg benar / yg bagus: spr_jurus_maut, atau spr_jurusMaut)
aku sih biasanya pake huruf kapital juga utk nama yg cukup panjang, atau di tmbah underscore
yup. spasi memang bikin problem. ada juga tanda minus, dulu waktu GM-HTML5, import project dari GM8.1 ku error semua gara2 resource ku banyak pakai tanda minus (obj-main-char). sejak itu aku menghindari pakai tanda, biar safe aja.
Terakhir diubah oleh zebrakelabu tanggal Thu 14 Feb 2013, 12:47, total 3 kali diubah (Reason for editing : double post :hammer:)
Re: [Beginner] Resource naming
@zebrakelabu: dulu ak jga prnh pake tnda minus, tpi skrg gk lagi, smua ny pake _
Re: [Beginner] Resource naming
@zebrakelabu:
ya iyalah, tanda minus itu kan operator, jadi diinterpretasikan sebagai: obj - main - char (ekspresi obj dikurangi main & char).. pake spasi juga tentu syntax error
Note: jangan dopost dong
ya iyalah, tanda minus itu kan operator, jadi diinterpretasikan sebagai: obj - main - char (ekspresi obj dikurangi main & char).. pake spasi juga tentu syntax error
Note: jangan dopost dong
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [Beginner] Resource naming
zebrakelabu wrote:
ya, username kamu itu resource untuk coder gamenya di malam hari
haha nice bgt om
pengen hidup normal ngilangin begadang, tapi kalo ngoding+mikir emang enaknya tepat tengah malam
blackCoffee- Newbie
-
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung
Re: [Beginner] Resource naming
kta aku sih mang bagus
tpi aku gk pke lgi
tpi aku gk pke lgi
Pinneaple Studios- GM Intermediate
-
Jumlah posting : 839
Points : 980
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Depok :D
Similar topics
» [Beginner] Commenting
» [Beginner][Materi] Ini Files
» [Beginner-Intermediate] String
» [Beginner-Intermediate] file_find()
» [Beginner-Intermediate] Random number
» [Beginner][Materi] Ini Files
» [Beginner-Intermediate] String
» [Beginner-Intermediate] file_find()
» [Beginner-Intermediate] Random number
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik