www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

Join the forum, it's quick and easy

www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih
www.gmindo.web.id/forum
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

[Beginner] Resource naming

+2
Kevin Blaze Coolerz
zebrakelabu
6 posters

Go down

[Beginner] Resource naming Empty [Beginner] Resource naming

Post by zebrakelabu Mon 11 Feb 2013, 15:02

DISCUSSION MOVED TO NEW FORUM:
http://gmindo.web.id/forum/showthread.php?tid=54

Resource naming atau aturan penamaan sumber daya (sprite, background, sound, path, timeline, object etc) nampaknya sepele, namun jika kita memiliki projek dengan jumlah objek yang besar, sprite sampai ratusan dst maka akan cukup membingungkan bila tidak ada aturan penamaannya. Aturan penamaan membantu kita mengelola project kita dengan lebih baik.



Good practice:


  • Gunakan nama yang informatif untuk resource yang penting, yang membuat kita tidak lupa bila harus mengingatnya di tengah2 pemrograman. Aku biasa pakai nama yang cukup panjang, contoh misalnya sprselectionpicturemainmenu, objpausewithoutstack etc.


  • Gunakan prefix 3 huruf di depan nama, misalnya spr untuk sprite, obj untuk object, bgm untuk background musik, snd untuk sound effect, str untuk tipe data string dst


  • Untuk memperjelas pembacaan, gunakan underscore seperlunya, misal str_inputplayername atau obj_rocketlauncher


  • Sebagai tambahan, gunakan grouping di resource tree untuk memudahkan pencarian. Bagiku grouping yang paling gampang adalah grouping berdasarkan alur game itu sendiri. Misalnya untuk layar intro aku punya grup sprite Intro, grup sound Intro, grup object Intro dst, kemudian untuk Level 1 ada grup sprite Level1, grup objek Level 1 dst. sehingga pencarian dan modifikasi menjadi mudah. Tapi ini tergantung masing2 saja.


Not so good practice:

  • Menggunakan nama yang ngga jelas untuk sumber daya penting (secara umum ya semuanya penting). Sprite xx, variabel yy, object zzz, background aa, path bb, misalnya. Boleh saja sih pakai, tapi berhati-hati karena setelah beberapa waktu anda kemungkian besar akan lupa dan akan mengalami kesulitan untuk pengembangan lebih lanjut. Lebih lagi kalau anda bekerjasama dengan orang lain, maka anda harus menyediakan waktu untuk sekedar menjelaskan Very Happy. Penamaan yang baik membantu code menjadi lebih self-explanatory.



Tanggapan atau tambahan? Silakan share disini.


Terakhir diubah oleh zebrakelabu tanggal Wed 30 Apr 2014, 18:11, total 1 kali diubah
zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by Kevin Blaze Coolerz Mon 11 Feb 2013, 19:44

wah, bagus om udah mau share yg kyk ginian Very Happy
cz msih bnyk yg blum paham akan resource renaming, dan trkadang game yg mereka buat bisa error & membuat mereka frustasi, misalnya: menggunakan spasi, ex: spr jurus maut (seharusnya / yg benar / yg bagus: spr_jurus_maut, atau spr_jurusMaut)

aku sih biasanya pake huruf kapital juga utk nama yg cukup panjang, atau di tmbah underscore Very Happy
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by blackCoffee Mon 11 Feb 2013, 20:24

nice share om. .
kayaknya username saya termasuk resource (bukannya alay) LOL Very Happy
blackCoffee
blackCoffee
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by Asuna Tue 12 Feb 2013, 10:20

menurutku string itu bukan resource, tapi variable sebagai data Hammer
namun string table/data yang disimpan dalam file eksternal, mis. txt, ini, xml, dsb. baru bisa dikatakan sebagai resource (database)

anyway nice share
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by blackCoffee Tue 12 Feb 2013, 11:23

ya mungkin maksudnya variable Smile
blackCoffee
blackCoffee
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by zebrakelabu Thu 14 Feb 2013, 12:27

Asuna wrote:menurutku string itu bukan resource, tapi variable sebagai data Hammer
namun string table/data yang disimpan dalam file eksternal, mis. txt, ini, xml, dsb. baru bisa dikatakan sebagai resource (database)

anyway nice share

yep, tau juga. tapi aku memang gabungin, cuman 2 juga tipe variabel di GM (string dan real, atau floating point), udah lah sekalian... maksudnya sama aja agar langsung ketahuan bedanya waktu kita akan menggunakan

------------------------------

blackCoffee wrote:nice share om. .
kayaknya username saya termasuk resource (bukannya alay) LOL Very Happy

ya, username kamu itu resource untuk coder gamenya di malam hari Very Happy

Kevin Blaze Coolerz wrote:wah, bagus om udah mau share yg kyk ginian Very Happy
cz msih bnyk yg blum paham akan resource renaming, dan trkadang game yg mereka buat bisa error & membuat mereka frustasi, misalnya: menggunakan spasi, ex: spr jurus maut (seharusnya / yg benar / yg bagus: spr_jurus_maut, atau spr_jurusMaut)

aku sih biasanya pake huruf kapital juga utk nama yg cukup panjang, atau di tmbah underscore Very Happy

yup. spasi memang bikin problem. ada juga tanda minus, dulu waktu GM-HTML5, import project dari GM8.1 ku error semua gara2 resource ku banyak pakai tanda minus (obj-main-char). sejak itu aku menghindari pakai tanda, biar safe aja.


Terakhir diubah oleh zebrakelabu tanggal Thu 14 Feb 2013, 12:47, total 3 kali diubah (Reason for editing : double post :hammer:)
zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by Kevin Blaze Coolerz Thu 14 Feb 2013, 19:01

@zebrakelabu: Ngakak dulu ak jga prnh pake tnda minus, tpi skrg gk lagi, smua ny pake _ Very Happy
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by Asuna Thu 14 Feb 2013, 21:49

@zebrakelabu:
ya iyalah, tanda minus itu kan operator, jadi diinterpretasikan sebagai: obj - main - char (ekspresi obj dikurangi main & char).. pake spasi juga tentu syntax error Hammer

Note: jangan dopost dong Hammer
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by blackCoffee Thu 14 Feb 2013, 22:04

zebrakelabu wrote:

ya, username kamu itu resource untuk coder gamenya di malam hari Very Happy


haha nice bgt om Jempol2
pengen hidup normal ngilangin begadang, tapi kalo ngoding+mikir emang enaknya tepat tengah malam Very Happy
blackCoffee
blackCoffee
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 93
Points : 90
Join date : 13.01.13
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by Pinneaple Studios Fri 15 Feb 2013, 15:57

kta aku sih mang bagus
tpi aku gk pke lgi Very Happy
Pinneaple Studios
Pinneaple Studios
GM Intermediate
GM Intermediate

100%
Jumlah posting : 839
Points : 980
Join date : 06.01.13
Age : 22
Lokasi : Depok :D

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by glupfruxx Fri 15 Feb 2013, 16:34

Wahh, nice share om Smile
makasih yaa tips'a..
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 30
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Resource naming Empty Re: [Beginner] Resource naming

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik