PAUSE pada Game
5 posters
Halaman 1 dari 1
PAUSE pada Game
bikin Pause pada Game selain gunain instance_deactivate_all(true) ada cara lain gak???
soalnya kalo pake script di atas biasanya objek jadi tdk terlihat.
Saya pengen nya semua objek yg ada di room /GamePlay tetap terlihat.
soalnya kalo pake script di atas biasanya objek jadi tdk terlihat.
Saya pengen nya semua objek yg ada di room /GamePlay tetap terlihat.
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: PAUSE pada Game
pake show_message("PAUSE")
Pake kode ini =
keyboard_wait();
io_clear();
Sorry gak bisa ngasih tau lebih jelas
soalnya lg pake hp...
Pake kode ini =
keyboard_wait();
io_clear();
Sorry gak bisa ngasih tau lebih jelas
soalnya lg pake hp...
Re: PAUSE pada Game
Create:
Event keyboard space pressed:
Draw event
spr_tes itu sprite yg kosong / transparant / kotak kecil,, ya terserah deh mau di ksih sprite apa, biar gk ad bug
- Code:
pause = 0
spr = spr_tes
Event keyboard space pressed:
- Code:
if pause = 0
{
spr = sprite_create_from_screen(0,0,640,480,0,0,0,0)
instance_deactivate_all(1)
pause = 1
} else
{
pause = 0
instance_activate_all()
}
Draw event
- Code:
if pause = 1
draw_sprite(spr,0,view_xview,view_yview)
spr_tes itu sprite yg kosong / transparant / kotak kecil,, ya terserah deh mau di ksih sprite apa, biar gk ad bug
Terakhir diubah oleh Kevin Blaze Coolerz tanggal Fri 21 Jun 2013, 09:52, total 1 kali diubah
Re: PAUSE pada Game
Kak kevin itu kode draw_sprite nya salah :V
Seharusnya draw_sprite(spr,-1,view_xview,view_yview)
Seharusnya draw_sprite(spr,-1,view_xview,view_yview)
Re: PAUSE pada Game
Draw event:
versi sederhana buat resumenya Press any key sih
Note: can't be used in GM studio since function screen_refresh and keyboard_wait are obsolete
- Code:
draw_text(room_width/2,100,'Press any key to continue.');
screen_refresh();
keyboard_wait();
versi sederhana buat resumenya Press any key sih
Note: can't be used in GM studio since function screen_refresh and keyboard_wait are obsolete
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: PAUSE pada Game
@Kevin
Draw Score nya jadi hilang nih..ketika ingin meng Aktifkan kembali setelah di Pause ,gimana ini gan.??
Draw Score nya jadi hilang nih..ketika ingin meng Aktifkan kembali setelah di Pause ,gimana ini gan.??
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: PAUSE pada Game
@riza: hehe, sori, ak sering lupa posisi ny XD cz gk pke GM ketik ny
@doni:
draw score ny berada di object mana? object yg di beri script pause kah?
atau pke cara Asuna kalo cara ku itu trlalu ribet
@doni:
draw score ny berada di object mana? object yg di beri script pause kah?
atau pke cara Asuna kalo cara ku itu trlalu ribet
Re: PAUSE pada Game
iya saya jadiin 1 objek
kalo caranya asuna itu cuma pake Draw event doang?
kalo caranya asuna itu cuma pake Draw event doang?
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: PAUSE pada Game
ooh, kalo gitu sih gampang, tinggal ubah dikit script ny
draw event
iy, kayak ny
draw event
- Code:
if pause = 1
draw_sprite(view_xview,view_yview,spr)
else
{
//script draw score nya
}
iy, kayak ny
Re: PAUSE pada Game
@Doni
Kalo cara asuna taruh di event key press yg mana aja...
cara aktifinnya lg tekan tombol apa aja...
Kalo cara asuna taruh di event key press yg mana aja...
cara aktifinnya lg tekan tombol apa aja...
Re: PAUSE pada Game
@Riza_Farhandi
codenya harus ditaroh di event draw, otherwise it won't work or maybe hang
codenya harus ditaroh di event draw, otherwise it won't work or maybe hang
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: PAUSE pada Game
@ kevin
tetap blm bisa ni
tetap blm bisa ni
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: PAUSE pada Game
@Asuna
oh aq kira cara km sm kaya cara aq XD
@Doni
nih lebih lengkapnya
di Event key press apa aja
oh iya kode ini bukan ori dari ak XD
tp ak ngeliat dari lib buatan orang XD
oh aq kira cara km sm kaya cara aq XD
@Doni
nih lebih lengkapnya
di Event key press apa aja
- Code:
{
draw_set_alpha(0.8)
draw_set_halign(fa_center)
draw_set_valign(fa_middle)
draw_set_color(c_gray)
draw_rectangle(0,0,window_get_width(),window_get_height(),false)
draw_set_alpha(1)
draw_set_color(c_red);
draw_text(window_get_width()/2,window_get_height()/2,"Pause")
screen_refresh();
keyboard_wait();
io_clear();
}
oh iya kode ini bukan ori dari ak XD
tp ak ngeliat dari lib buatan orang XD
Re: PAUSE pada Game
@Riza_F
wah pakai caramu dah bisa, dan simple jg. hehe
makasi ya?
wah pakai caramu dah bisa, dan simple jg. hehe
makasi ya?
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: PAUSE pada Game
cukup keyboard_wait(); dah bisa utk pause tuh.
screen_refresh(); //trus ini fungsinya apa ya?
io_clear();//ini fungsinya apa ya?
screen_refresh(); //trus ini fungsinya apa ya?
io_clear();//ini fungsinya apa ya?
DONI- GM Beginner
-
Jumlah posting : 104
Points : 110
Join date : 14.02.13
Re: PAUSE pada Game
io_clear() entah tapi ga perlu menurutkuscreen_refresh() Refreshes the screen using the current room image (not performing drawing events).
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: PAUSE pada Game
io_clear = input / output clear
trlihat dri debug mode, saat kita tekan keyboard maka di tampilan debug mode it ada tulisan Keyboard String = *tulisan kita
pas menjalankan io_clear() maka *tulisan kita di clear
pnting utk system password kyk aplikasi Desktop Locker ku
trlihat dri debug mode, saat kita tekan keyboard maka di tampilan debug mode it ada tulisan Keyboard String = *tulisan kita
pas menjalankan io_clear() maka *tulisan kita di clear
pnting utk system password kyk aplikasi Desktop Locker ku
Re: PAUSE pada Game
ehm kalo bingung kenapa object nya hilang setelah deactivate, memang begitu. jadi caranya:
-pada saat tombol pause ditekan, kamu create suatu object pause
-di object pause create, buatlah screenshot dengan perintah sprite_create_from_screen. lakukan screen_refresh() bila perlu. setelah itu deactivate semua object -kecuali- object pause.
-pada object pause draw, gambarlah sprite yang dibuat dari screen kemudian gambar tombolnya (supaya tombolnya tetap kelihatan)
-untuk mengembalikan tinggal membalik proses saja, jangan lupa mendelete sprite yang barusan dicreate.
semoga pseudo code bermanfaat lagi males pake gml
-pada saat tombol pause ditekan, kamu create suatu object pause
-di object pause create, buatlah screenshot dengan perintah sprite_create_from_screen. lakukan screen_refresh() bila perlu. setelah itu deactivate semua object -kecuali- object pause.
-pada object pause draw, gambarlah sprite yang dibuat dari screen kemudian gambar tombolnya (supaya tombolnya tetap kelihatan)
-untuk mengembalikan tinggal membalik proses saja, jangan lupa mendelete sprite yang barusan dicreate.
semoga pseudo code bermanfaat lagi males pake gml
Similar topics
» view spedometer pada game racing..??
» Pada obj_player
» [ASK]Gimana Caranya biar jalan merayap? pada game platform
» {ASK} sistem pause
» [example] pause system
» Pada obj_player
» [ASK]Gimana Caranya biar jalan merayap? pada game platform
» {ASK} sistem pause
» [example] pause system
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik