[ask] cara drawing variabel enemy
4 posters
Halaman 1 dari 2
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
[ask] cara drawing variabel enemy
mas2 yang cakep2 mw nanya ni gmana ya scriptNya buat nampilin variabel yg ada dienemy...?? contoh dgame tower defense kan ada 1baris musuh didalamnya ada 5jenis musuh yg punya variabel berbeda2.
la itu mw aq tampilkan di kotak sendiri pojok bawah room
1) mana HP musuh terkecil...??
2) mana speed musuh terbesar...??
3) mana jarak musuh dg tower yg terdekat...??
4) trus tampilin variabel itu punya musuh mana dan baris keberapa...??
klo ada yg tau tolong share ilmunya makasi......
la itu mw aq tampilkan di kotak sendiri pojok bawah room
1) mana HP musuh terkecil...??
2) mana speed musuh terbesar...??
3) mana jarak musuh dg tower yg terdekat...??
4) trus tampilin variabel itu punya musuh mana dan baris keberapa...??
klo ada yg tau tolong share ilmunya makasi......
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
draw_text(obj_enemy.x,obj_enemy.y-100,string(obj_enemy.variabel))
variabel obj_enemy ditentukan dari code itu yg buat milih instance musuh dgn kriteria yg anda sebutkan (refer to that your thread)
variabel obj_enemy ditentukan dari code itu yg buat milih instance musuh dgn kriteria yg anda sebutkan (refer to that your thread)
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
mas @asuna mw tanya lagi itu dtaruh di obj_controller dievents Draw kan...??
uda aq coba tapi kok g bisa akses varibelNya enemy y...??
kyk variabelNya enemy yang speed jg sama yang HP ya...??
scriptnya aq ubah gini buat nampilin speed terrendah aq niru punyanya @@Kevin Blaze Coolerz
draw_text(440,100,'speed: '+string(min(ob_enemy.myspeed)))
myspeed itu variabel speed enemy ku
la kok error di
___________________________________________
ERROR in
action number 1
of Draw Event
for object controller:
Error in code at line 18:
draw_text(440,100,'speed: '+string(min(ob_enemy.myspeed)));
^
at position 58: Unknown variable myspeed
uda aq coba tapi kok g bisa akses varibelNya enemy y...??
kyk variabelNya enemy yang speed jg sama yang HP ya...??
scriptnya aq ubah gini buat nampilin speed terrendah aq niru punyanya @@Kevin Blaze Coolerz
draw_text(440,100,'speed: '+string(min(ob_enemy.myspeed)))
myspeed itu variabel speed enemy ku
la kok error di
___________________________________________
ERROR in
action number 1
of Draw Event
for object controller:
Error in code at line 18:
draw_text(440,100,'speed: '+string(min(ob_enemy.myspeed)));
^
at position 58: Unknown variable myspeed
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
draw_text tentu ditaroh di events Draw
myspeed harus diinisialisasi dulu di event create ob_enemy
atau pake ob_enemy.speed aja
myspeed harus diinisialisasi dulu di event create ob_enemy
atau pake ob_enemy.speed aja
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
bisa di jelaskan lbih detial tentang poin ke-4
yg di tampilkan yaitu variable speed, HP, & jarak object c[a] ?
(baca ini utk mengetahui apa itu c[a])
tinggal draw text :
string(c[a].speed),
string(c[a].HP), dan
string(distance_to_object(tower.x,tower.y,c[a]))
lalu, apa mksd dri "baris ke brp" ?
4) trus tampilin variabel itu punya musuh mana dan baris keberapa...??
yg di tampilkan yaitu variable speed, HP, & jarak object c[a] ?
(baca ini utk mengetahui apa itu c[a])
tinggal draw text :
string(c[a].speed),
string(c[a].HP), dan
string(distance_to_object(tower.x,tower.y,c[a]))
lalu, apa mksd dri "baris ke brp" ?
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
gini mas @kevin....
yang point ke4 itu dalam game tower defense kan musuh keluar 1 gelombang ada 5 musuh la dari 5 object musuh itu object mana yang punya hp terkecil speed terbesar jarak terdekat dengan tower......
misal
keluar 1 gelombang musuh ada 5 object musuh
enemy 1 HP=50 jarak=5 speed=4
enemy 2 HP=20 jarak=3 speed=5
enemy 3 HP=80 jarak=4 speed=2
enemy 4 HP=40 jarak=2 speed=3
kan ini caranya mas @kevin
1. string(c[a].speed), trus tampilin jg teks "Kecepatan bergerak musuh tercepat dimiliki {enemy 2}"
2. string(c[a].HP), trus tampilin jg teks "HP terkecil dimiliki {enemy 2}"
3. string(distance_to_object(tower.x,tower.y,c[a])) trus tampilin jg teks "jarak terdekat dimiliki {enemy 4}"
yang point ke4 itu dalam game tower defense kan musuh keluar 1 gelombang ada 5 musuh la dari 5 object musuh itu object mana yang punya hp terkecil speed terbesar jarak terdekat dengan tower......
misal
keluar 1 gelombang musuh ada 5 object musuh
enemy 1 HP=50 jarak=5 speed=4
enemy 2 HP=20 jarak=3 speed=5
enemy 3 HP=80 jarak=4 speed=2
enemy 4 HP=40 jarak=2 speed=3
kan ini caranya mas @kevin
1. string(c[a].speed), trus tampilin jg teks "Kecepatan bergerak musuh tercepat dimiliki {enemy 2}"
2. string(c[a].HP), trus tampilin jg teks "HP terkecil dimiliki {enemy 2}"
3. string(distance_to_object(tower.x,tower.y,c[a])) trus tampilin jg teks "jarak terdekat dimiliki {enemy 4}"
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
mas @kevin g berhasil cara itu....
aq ralat mas maksudQ nampilin aja 3 varibel aja
1. HP terrendah itu berapa...?? dan dimiliki enemy baris keberapa...??
2. speed tertinggi itu berapa..?? dan dimiliki enemy baris keberapa...??
3. jarak teredekat dgn tower berapa...?? dimiliki enemy baris keberapa...??
la aq ubah2 di object controller dievent drawnya aq kasih script ini....
berhasil tapi belum bisa nampilin itu variabel punya enemy baris keberapa malah yg ditampilin bukan HP terrendah, speed tertinggi, jarak teredekat dgn tower tapi malah enemy baris paling dpn yg dtampilin variabelnya....
klo mas bisa bantu tolongin ya.....
aq ralat mas maksudQ nampilin aja 3 varibel aja
1. HP terrendah itu berapa...?? dan dimiliki enemy baris keberapa...??
2. speed tertinggi itu berapa..?? dan dimiliki enemy baris keberapa...??
3. jarak teredekat dgn tower berapa...?? dimiliki enemy baris keberapa...??
la aq ubah2 di object controller dievent drawnya aq kasih script ini....
- Code:
with (ob_enemy_parent)
{
draw_text(580,170,'HP: '+string(min(ob_enemy_parent.own_health))); //own_health variabel HP enemyku
draw_text(580,189,'speed: '+string(max(ob_enemy_parent.path_speed)));
draw_text(580,210,'DIS: '+string(distance_to_object(min(ob_tower_laser))));
}
berhasil tapi belum bisa nampilin itu variabel punya enemy baris keberapa malah yg ditampilin bukan HP terrendah, speed tertinggi, jarak teredekat dgn tower tapi malah enemy baris paling dpn yg dtampilin variabelnya....
klo mas bisa bantu tolongin ya.....
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
ak mau nnya. cma 1 enemy saja ya yg di draw "baris ke berapa" ?
atau kyk gini:
HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2
atau kyk gini:
HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
Kevin Blaze Coolerz wrote:ak mau nnya. cma 1 enemy saja ya yg di draw "baris ke berapa" ?
atau kyk gini:
HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2
javascript:emoticonp('') yuupsss bener mas @kevin........
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
yg mana ?
kan ak nnya, yg mana yg kmu mksd?
yg ini:
HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2
atau yg ini:
cma 1 enemy saja ya yg di draw "baris ke berapa" ?
kan ak nnya, yg mana yg kmu mksd?
yg ini:
HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2
atau yg ini:
cma 1 enemy saja ya yg di draw "baris ke berapa" ?
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
Kevin Blaze Coolerz wrote:yg mana ?
kan ak nnya, yg mana yg kmu mksd?
yg ini:
HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2
atau yg ini:
cma 1 enemy saja ya yg di draw "baris ke berapa" ?
javascript:emoticonp('') hehehehehe.... gw yg saah ni....
maksudQ ya ini
HP terendah punya enemy yg di baris 1
speed tertnggi ........ di baris 2
jarak terdekat ......... di baris 2
ya tiga2 itu dtampilin mas........ hehehehehehe..... sory mas.......
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
ooh, hehehe, kalo itu sih lbih mudah
msih ingat dgn ini ?
itu utk cari HP terkecil
utk mengetahui enemy di baris ke berapa, berikut script ny:
utk jarak & distance sama aja, tinggal di ralat kode di link di atas
good luck
msih ingat dgn ini ?
itu utk cari HP terkecil
utk mengetahui enemy di baris ke berapa, berikut script ny:
- Code:
switch(object_get_name(c[a]))
{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}
utk jarak & distance sama aja, tinggal di ralat kode di link di atas
good luck
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
mas kev
ini kan code buat hp terendah
la trus source code drawnya gmana dtaruh mana ya...??
kok jadi bingung aq aq mas kev....
jelasin lg y mas kev pllissss....
ooh, hehehe, kalo itu sih lbih mudah
msih ingat dgn ini ?
itu utk cari HP terkecil
utk mengetahui enemy di baris ke berapa, berikut script ny:
CODE: BLOK TEKS
switch(object_get_name(c[a]))
{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}
utk jarak & distance sama aja, tinggal di ralat kode di link di atas
good luck
ini kan code buat hp terendah
- Code:
if instance_exists(object0) {obj0 = object0.HP c[object0.HP] = object0} else obj0 = 999
if instance_exists(object1) {obj1 = object1.HP c[object1.HP] = object1} else obj1 = 999
if instance_exists(object2) {obj2 = object2.HP c[object2.HP] = object2} else obj2 = 999
if instance_exists(object3) {obj3 = object3.HP c[object3.HP] = object3} else obj3 = 999
if instance_exists(object4) {obj4 = object4.HP c[object4.HP] = object4} else obj4 = 999
if HP !=0 && !(obj0=999 && obj1=999 && obj2=999 && obj3=999 && obj4=999)
{
a = min(obj0,obj1,obj2,obj3,obj4)
move_towards_point(c[a].x,c[a].y,3)
}
else speed =0
la trus source code drawnya gmana dtaruh mana ya...??
kok jadi bingung aq aq mas kev....
jelasin lg y mas kev pllissss....
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
iy emang, utk jarak & speed sama aja, tinggal di ubah dikit kode nyini kan code buat hp terendah
kan udh dpt baris keberapa? lihat script ku yg tdi:la trus source code drawnya gmana dtaruh mana ya...??
{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}
jika nama object = object0, maka return baris 1, dst.
utk draw ny ya tnggal draw variable Baris saja:
draw_text(x,y,'Baris: '+string(baris))
ingat, variable baris hrus ada di Create event
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
- Code:
switch(object_get_name(c[a]))
{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
oce siap2 aq coba dl..........
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
aq coba kok malah tambah bingung mas kev aq
ini kan buat cari hp terrendah trus
trus didraw
dicreate event itu Initialise variables kan la itu baris =...... diisi apa mas kev??
misal firing = 0; ato target = noone;
la dua script itu ditaruh diobject apa...??
klo ditaruh ob_controller kok malah variabel HP enemyku g diketahui alias Unknown variable HP enemyku ato malah variabel dari c[a] juga g dketahui mas..... bingung aq mas...........
nih, kalo enemy kmu cma sdikit, bisa pke ini
Step event:
- Code:
if instance_exists(object0) {obj0 = object0.HP c[object0.HP] = object0} else obj0 = 999
if instance_exists(object1) {obj1 = object1.HP c[object1.HP] = object1} else obj1 = 999
if instance_exists(object2) {obj2 = object2.HP c[object2.HP] = object2} else obj2 = 999
if instance_exists(object3) {obj3 = object3.HP c[object3.HP] = object3} else obj3 = 999
if instance_exists(object4) {obj4 = object4.HP c[object4.HP] = object4} else obj4 = 999
if HP !=0 && !(obj0=999 && obj1=999 && obj2=999 && obj3=999 && obj4=999)
{
a = min(obj0,obj1,obj2,obj3,obj4)
move_towards_point(c[a].x,c[a].y,3)
}
else speed =0
gnti object0...object4 dgn nama enemy, dan gnti HP dgn variable hp kmu
ini kan buat cari hp terrendah trus
itu utk cari HP terkecil
utk mengetahui enemy di baris ke berapa, berikut script ny:
- Code:
switch(object_get_name(c[a]))
{
case 'object0': baris=1; break
case 'object1': baris=2; break
case 'object2': baris=3; break
case 'object3': baris=4; break
case 'object4': baris=5; break
}
utk jarak & distance sama aja, tinggal di ralat kode di link di atas
good luck
trus didraw
- Code:
draw_text(x,y,'Baris: '+string(baris))
ingat, variable baris hrus ada di Create event
dicreate event itu Initialise variables kan la itu baris =...... diisi apa mas kev??
misal firing = 0; ato target = noone;
la dua script itu ditaruh diobject apa...??
klo ditaruh ob_controller kok malah variabel HP enemyku g diketahui alias Unknown variable HP enemyku ato malah variabel dari c[a] juga g dketahui mas..... bingung aq mas...........
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
di ob tower, kmu taruh aja di :
move_towards_point(c[a].x,c[a].y,3)
move_toward kan di hilangkan, jdi kmu copas ke sana aja script yg switch(). dicreate event baris=0 aja, toh kan nanti akan berubah nilai ny
move_towards_point(c[a].x,c[a].y,3)
move_toward kan di hilangkan, jdi kmu copas ke sana aja script yg switch(). dicreate event baris=0 aja, toh kan nanti akan berubah nilai ny
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
seperti yang aku bilang di thread kamu kapan hari juga, untuk bisa menggunakan draw event dengan baik maka kamu harus simpan id yang bersangkutan. misalnya enemy1 harus di draw energy nya berarti kamu harus punya id dari enemy1. masalah kemudian di draw di manapun (obj controller atau sebagainya) itu ga akan masalah kalau id instance nya diketahui (bukan id object ya)
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
mas @zebrakelabu bisa jelasin lg g...?? maklum aq blm terlalu paham ama GML....zebrakelabu wrote:
untuk bisa menggunakan draw event dengan baik maka kamu harus simpan id yang bersangkutan. misalnya enemy1 harus di draw energy nya berarti kamu harus punya id dari enemy1. masalah kemudian di draw di manapun (obj controller atau sebagainya) itu ga akan masalah kalau id instance nya diketahui (bukan id object ya)
cara simpan id yang bersangkutan tu gmana ya...?? maksudnya id instance apa ya...??
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
adamas galleh mulyawan wrote:
klo ditaruh ob_controller kok malah variabel HP enemyku g diketahui alias Unknown variable HP enemyku ato malah variabel dari c[a] juga g dketahui mas..... bingung aq mas...........
kamu kan bingung ini kan. why oh why hp enemy jadinya unknown kalo script gambar variabel enemy HP di taruh di ob_controller. itu sebabnya adalah karena ob_controller ngga punya referensi mau gambar variabel HP untuk id yang mana. setiap kali enemy di create (dan jadinya punya id) maka ob_controller harus punya akses ke masing2 id ini baru mereka bisa digambar hp nya. gitu mas.
Re: [ask] cara drawing variabel enemy
oce thanks aq coba bsk pagi mataQ wes KO mas zebrakelabu........ .
adamas galleh mulyawan- Newbie
-
Jumlah posting : 81
Points : 82
Join date : 07.05.13
Age : 27
Lokasi : sby
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Similar topics
» <TANYA> Cara membuat enemy menghindari enemy lain
» (ASK) cara bikin health buat enemy
» Enemy Di Platform
» [ASK] script Random enemy
» variabel dan textbox
» (ASK) cara bikin health buat enemy
» Enemy Di Platform
» [ASK] script Random enemy
» variabel dan textbox
Halaman 1 dari 2
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik