[Intermediate]Ds_queue dengan contoh
+2
Kevin Blaze Coolerz
zebrakelabu
6 posters
Halaman 1 dari 1
[Intermediate]Ds_queue dengan contoh
DISCUSSION MOVED TO NEW FORUM:
http://gmindo.web.id/forum/showthread.php?tid=117
Ds_queue (baca: de es kiu) adalah salah satu struktur data GML yang mensimulasikan antrian (antrian bhs inggrisnya queue). Antrian bisa berupa apa aja, bisa nilai, object id, sprite index, perintah untuk objek dst. Ciri antrian adalah apabila diambil nilai antrian tersebut maka yang muncul adalah nilai yang di antrian paling depan dulu (disebut juga head value atau simply head). Apabila dimasukkan nilai maka nilai tersebut akan mendapat posisi antrian terakhir (disebut juga tail value atau tail saja). Seperti orang mengantri lah pokoknya, ada antri duluan maka dapat giliran duluan dan yang ngantri belakangan ya belakangan. Prinsip antrian juga sering disebut prinsip FIFO (First In First Out).
Aku ngga akan sebut semua fungsi ds_queue disini, karena banyak, bisa dibaca sendiri di help GMS http://docs.yoyogames.com. Beberapa saja yang penting seperti:
1. ds_queue_create() - membuat antrian
contoh:
mx=ds_queue_create();
2. ds_queue_enqueue() - memasukkan nilai ke dalam suatu antrian. ingat nilai yang dimasukkan akan mendapat posisi terakhir dalam antrian
contoh:
ds_enqueue(my, objplayer.y) - memasukkan nilai objplayer.y ke dalam antrian my
3. ds_queue_dequeue() - mengambil nilai dari suatu antrian. ingat nilai yang diambil adalah nilai paling awal di depan antrian. setelah diambil maka nilai berikutna dalam antrian menjadi nilai paling awal
contoh:
y=ds_queue_dequeue(my) - mengambil nilai dari antrian my untuk dimasukkan ke y
4. ds_queue_destroy() - menghancurkan antrian apabila telah selesai dipakai/game berakhir. semua data structure GML bersifat dinamis dan menggunakan alokasi memory, sehingga harus dihancurkan bila telah selesai dipakai/ game berakhir, kalau tidak maka struktur data tersebut akan tetap di memory dan bisa menyebabkan game/aplikasi/OS berjalan lambat atau crash.
contoh
ds_queue_destroy(ms) - menghancurkan antrian ms dan membebaskan memory yang sebelumnya dipakai oleh ms
Berikut ini adalah contoh sederhana .gm81 dan project Studio yang menggunakan ds_queue. Ini adalah penyederhanaan demo Studio (Example Platformer), jadi hanya diambil antriannya saja. Objek kecil dalam game akan mengikut objek player yang lebih besar
Source .gm81
Source project Studio (pilih import project)
Pakai tombol panah untuk menggerakkan player
Komen dan saran silakan
Terakhir diubah oleh zebrakelabu tanggal Fri 16 May 2014, 22:44, total 1 kali diubah
Re: [Intermediate]Ds_queue dengan contoh
Nice post om
data structure msih bnyk yg harus ak pelajari, salah satu ny ds_queue
so, thanks udh post ginian
data structure msih bnyk yg harus ak pelajari, salah satu ny ds_queue
so, thanks udh post ginian
Re: [Intermediate]Ds_queue dengan contoh
no problem kev
cuman aku nunggu mana yah komentar lain?udah jago struktur data semua deh kayaknya
cuman aku nunggu mana yah komentar lain?
Re: [Intermediate]Ds_queue dengan contoh
FIFO (first in first out )..
hmmm...
boleh juga nih, btw fungsi ini di gm 8 ada nga ?
hmmm...
boleh juga nih, btw fungsi ini di gm 8 ada nga ?
Agan- GM Beginner
-
Jumlah posting : 115
Points : 120
Join date : 06.05.13
Age : 31
Lokasi : Jakarta Barat
Re: [Intermediate]Ds_queue dengan contoh
ada lagi jenis struktur data yang perlu diketahui yaitu priority queue, sama seperti queue tapi data disisipkan di posisi tertentu sehingga listnya selalu terurut menurut nilai kunci data (priority), dan itu juga tersedia di GM dengan nama ds_priority
@Agan
tentu
@Agan
tentu
Asuna- Global Moderator
-
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13
Re: [Intermediate]Ds_queue dengan contoh
yang jelas aku masukkan ini di kategori intermediate karena harus hati2 makainya, selalu dicreate dan didestroy secara benar. kalo pakainya salah juga hati2.
(seperti yang baru2 ini kulakukan )
(seperti yang baru2 ini kulakukan )
Re: [Intermediate]Ds_queue dengan contoh
woke, tak coba caranya ya...
EDIT:
ko gmknya ga bisa di buka???
EDIT:
ko gmknya ga bisa di buka???
Terakhir diubah oleh Kevin Blaze Coolerz tanggal Wed 03 Jul 2013, 18:53, total 1 kali diubah (Reason for editing : dopost)
Zihad Rizky Edwin Fikri- GM Beginner
-
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim
ciplest- Newbie
-
Jumlah posting : 7
Points : 5
Join date : 04.11.13
Re: [Intermediate]Ds_queue dengan contoh
@zihad: itu gm8.1, buka ny pke GameMaker 8.1
@ciplest: koment kyk gitu bisa di anggap junk coba komentar nya di bagusin, gk cuma "thx" doank
@ciplest: koment kyk gitu bisa di anggap junk coba komentar nya di bagusin, gk cuma "thx" doank
Similar topics
» [Intermediate] File Bin
» [Intermediate] Ds_stack
» [Intermediate] Motion Planning
» [Intermediate] ds_map
» [Intermediate] Ds_list
» [Intermediate] Ds_stack
» [Intermediate] Motion Planning
» [Intermediate] ds_map
» [Intermediate] Ds_list
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik