www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

Join the forum, it's quick and easy

www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih
www.gmindo.web.id/forum
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

[Intermediate] Motion Planning

+5
zebrakelabu
Arif_IndoFuture
HaNIFU
Agan
Kevin Blaze Coolerz
9 posters

Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Fri 07 Jun 2013, 19:33

Motion planning / Perencanaan gerak membantu Anda untuk memindahkan kasus/kondisi tertentu dari lokasi tertentu ke lokasi yang berbeda sambil menghindari tabrakan dengan kasus tertentu lainnya (misalnya dinding). Perencanaan gerak adalah masalah yang sulit. Tidak mungkin untuk memberikan fungsi umum yang akan bekerja dengan baik dalam segala situasi. Juga, komputasi tabrakan gerakan bebas adalah operasi yg memakan waktu. Jadi, Anda harus berhati-hati bagaimana dan kapan Anda menerapkannya. Harap simpan pernyataan ini dalam pikiran ketika Anda menggunakan salah satu fungsi berikut.

Berbagai bentuk gerakan perencanaan disediakan oleh Game Maker. Bentuk paling sederhana memungkinkan sebuah contoh mengambil langkah menuju posisi tujuan tertentu, mencoba untuk pergi langsung jika memungkinkan tetapi mengambil arah yang berbeda jika diperlukan.

1. mp_linear_step(x,y,stepsize,checkall)
x,y = posisi yg di tuju
stepsize = berapa step kecepatan yg di tuju dalam 1 detik
checkall = jika True, maka object akan menghindari object solid yg mengahalangi

Contoh:
mp_linear_step(100,200,5,1)
Object menuju ke posisi 100,100 dengan kecepatan 5px per detik, dan menghindari semua object solid.

2. mp_linear_step_object(x,y,stepsize,obj)
sama saja dengan fungsi di atas, tapi yg di hindari bukan benda solid, melainkan object yg telah di tentukan.

Contoh:
mp_linear_step_object(100,200,5,obj_tembok)
Object menuju ke posisi 100,100 dengan kecepatan 5px per detik, dan menghindari semua obj_tembok.

3. mp_linear_path(path,xg,yg,stepsize,checkall)
Mungkin sama dengan mp_linear_step, tapi ini mengikuti jalan pada path yg telah di buat untuk menuju ke posisi tertentu (xg,yg).

Contoh:
- Buat lh sebuah path dengan nama path0, buat posisi awal = (32,32) dan posisi akhir = (320,32).
- Buat sebuah sprite, dgn ukuran 32x32, bentuk bebas
- Buat object dengan sprite tadi, dan dengan event + script:
---Create event: path_start(path0,3,0,0)
---Step event: mp_linear_path(path0,160,32,3,0)
- Masukan object dalam room dan Play

Hasilnya: object hanya berjalan sampai (160,32) walau path dibuat sampai (320,32).

Syarat fungsi ini agar work yaitu lokasi (xg,yg) yg di maksud harus melewati GARIS LURUS path. Karena kita menggunakan mp_linear_path, bukan mp_potential_path.

4. mp_linear_path_object(path,xg,yg,stepsize,obj)
Sama saja, hanya saja object menghindari object yg dimaksud. Lihat fungsi diatas dan fungsi mp_linear_step_object() sebagai contohnya.

5. mp_potential_step(x,y,stepsize,checkall)
Sama seperti mp_linear_step() Namun fungsi ini tidak BERGERAK LURUS menuju (x,y). Object akan bergerak bebas menuju posisi yg dituju.

6. mp_potential_step_object(x,y,stepsize,obj)
Tidak perlu di jelaskan, sama saja...

7. mp_potential_settings(maxrot,rotstep,ahead,onspot)
Ini untuk setting fungsi mp_potential_step, dimana kita bisa menyetel seberapa besar object itu berotasi (maxrot, defaultnya 30), seberapa cepat object itu berotasi (rotstep, defaultnya 10).

Memperbesar nilai maxrot akan menyebabkan path object menjadi berantakan, namun lebih cepat menemukan jalan pendek (short path). Jika di perkecil, ada kemungkinan object sulit menemukan posisi yang kamu inginkan (x,y), tapi akan terlihat lebih smooth gerakannya.

Memperbesar nilai rotstep memungkinkan object bergerak lebih kecil/sedikit dan menemukan goal lebih cepat. Dan sebaliknya jika rotstep di perkecil.

Ahead (default nya 3), pada saat object mulai berjalan, maka object akan bergerak lurus/straight terlebih dahulu, baru akan berubah arah / bergerak bebas. Memperkecil nilai ini, akan menyebabkan object lebih LAMA merubah arahnya, dan sebaliknya.

onspot (default nya True), pada saat object tidak bisa menemukan jalan yg dituju atau goal nya (mungkin terhalang oleh object lain, misal tembok), maka object akan berputar-putar di tempat. Ada baiknya jika nilai onspot di set menjadi False, agar object tetap diam saat tidak menemukan goal nya.

Contoh:
mp_potential_settings(30,10,5,false)

8. Untuk mp_potential_path() dan mp_potential_path_object(), sebenarnya sama saja dengan mp_linear_path(), namun fungsi ini lebih bebas gerakan & jalur path yg dituju (xg,yg), TIDAK LURUS saja seperti mp_linear_path() Very Happy
Tetapi (xg,yg) harus melewati jalur path.


Baiklah, sementara ini fungsi-fungsi diatas dulu yg di bahas, jika memungkinkan saya akan meng-update fungsi lainnya, seperti mp_grid Very Happy


Terakhir diubah oleh Kevin Blaze Coolerz tanggal Thu 27 Feb 2014, 09:06, total 1 kali diubah (Reason for editing : salah ketik)
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Agan Fri 07 Jun 2013, 19:58

NIce Stuff...

Motion planning, good for tds..
Agan
Agan
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 115
Points : 120
Join date : 06.05.13
Age : 31
Lokasi : Jakarta Barat

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Fri 07 Jun 2013, 20:16

@agan:
iy, fungsi ini lebih bagus di terapkan di genre seperti maze & tds Very Happy
kalo di platform bisa aja, tpi butuh bantuan gravity

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by HaNIFU Fri 07 Jun 2013, 20:28

Oh udah dibuat to... [Intermediate] Motion Planning 364988687
Aku pelajari dulu... [Intermediate] Motion Planning 364988687

Thank... mas Kevin... [Intermediate] Motion Planning 364988687
HaNIFU
HaNIFU
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 689
Points : 858
Join date : 11.04.13
Lokasi : Surakarta

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Fri 07 Jun 2013, 20:54

^
woke sama" Very Happy
kebetulan fungsi ny cma sdikit, jdi cpt kelar Very Happy

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Arif_IndoFuture Fri 07 Jun 2013, 21:09

Nice share lagi Kacau dan nambah ilmu lagi Kacau aku juga belom ngerti tentang Motion Planning, ini bisa untuk buat AI digame Very Happy
Arif_IndoFuture
Arif_IndoFuture
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 316
Points : 279
Join date : 12.01.13
Age : 26
Lokasi : Jogja

https://www.facebook.com/IndonesianFuture

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Fri 07 Jun 2013, 21:28

@arif:
thanks Very Happy
iy bisa utk AI, biar AI ngejar char Very Happy

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by zebrakelabu Sat 08 Jun 2013, 09:23

nice share kev Very Happy
zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Riza_Farhandi Sat 08 Jun 2013, 09:44

Nice share... Very Happy
Nambah ilmu lagi... Very Happy
Ditunggu nih mp_gridnya... Kacau
Riza_Farhandi
Riza_Farhandi
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 393
Points : 356
Join date : 24.01.13
Age : 25
Lokasi : Tangerang Selatan

http://mrizaf.mywapblog.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Sat 08 Jun 2013, 09:50

zebrakelabu wrote:nice share kev Very Happy
thanks om Very Happy

Riza_Farhandi wrote:Nice share... Very Happy
Nambah ilmu lagi... Very Happy
Ditunggu nih mp_gridnya... Kacau
seep, thx Very Happy
ok, kalo ak udh bisa cara pake ny akan di share Very Happy

Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Agan Sat 08 Jun 2013, 12:16

Yuppp...

hanya tinggal mp_grid aja yang masih membingungkan...

ane tunggu ya..
Agan
Agan
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 115
Points : 120
Join date : 06.05.13
Age : 31
Lokasi : Jakarta Barat

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Sat 08 Jun 2013, 18:28

@agan:
ak jga bingung Very Happy
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Game Maker Newbie Fri 12 Jul 2013, 04:28

Nice Share
Aku Baru Tau Kalo Kepanjangan Dari MP Adalah motion_planning Very Happy
Ditunggu mp_gridnya Very Happy
Game Maker Newbie
Game Maker Newbie
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 278
Points : 281
Join date : 03.02.13
Age : 21
Lokasi : Sidoarjo

http://ydahlimu.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Fri 12 Jul 2013, 09:48

^
ok seep Very Happy
tinggal belajar mp_grid dan ds_map Very Happy
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Game Maker Newbie Fri 12 Jul 2013, 20:27

^
Bedanya move_towards_point ama mp_potential_step Apa ??
Game Maker Newbie
Game Maker Newbie
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 278
Points : 281
Join date : 03.02.13
Age : 21
Lokasi : Sidoarjo

http://ydahlimu.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Fri 12 Jul 2013, 22:07

move_towards_point sama kyk mp_linear_step Very Happy
kalo mp_potential_step bisa mengelak object solid
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Zihad Rizky Edwin Fikri Sat 04 Jan 2014, 03:42

Bro, ada yg kelupaan tuh, itu kecepatannya 5 px per step bukan per detik ahahahah
Zihad Rizky Edwin Fikri
Zihad Rizky Edwin Fikri
GM Beginner
GM Beginner

55%
Jumlah posting : 409
Points : 431
Join date : 12.05.13
Age : 26
Lokasi : jaktim

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Sat 04 Jan 2014, 09:44

^oh iy, salah hehehe
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Bastian Thu 27 Feb 2014, 03:05

ini emang begitu apa salah ngetik gan?

mp_linear_step(100,200,5,obj_tembok)
Object menuju ke posisi 100,100 dengan kecepatan 5px per detik, dan menghindari semua obj_tembok.

Bastian
Newbie
Newbie

100%
Jumlah posting : 19
Points : 17
Join date : 27.02.14

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Kevin Blaze Coolerz Thu 27 Feb 2014, 09:05

@bastian:
eh iya, salah lgi Hammer

ini yg bner:
mp_linear_step_object(100,200,5,obj_tembok)
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 29
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Intermediate] Motion Planning Empty Re: [Intermediate] Motion Planning

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik