www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih

Join the forum, it's quick and easy

www.gmindo.web.id/forum
Forum ini sudah tidak dipakai lagi. Silakan ke forum baru di www.gmindo.web.id/forum Very Happy

Terima kasih
www.gmindo.web.id/forum
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

[Beginner] Commenting

5 posters

Go down

[Beginner] Commenting Empty [Beginner] Commenting

Post by zebrakelabu Thu 10 Jan 2013, 14:01

DISCUSSION MOVED TO NEW FORUM
http://gmindo.web.id/forum/showthread.php?tid=53



Commenting berguna sebagai pengingat yang membantu kita jika kita telah selesai menyelesaikan coding dan kembali di lain waktu.

Ada 2 macam bentuk komen di GML, yaitu dengan // (untuk satu baris) atau dengan pasangan /* dan */ untuk lebih dari satu baris. Tip: jika anda menggunakan /// pada baris paling atas code pada action suatu resource, maka apa yang anda tulis sebagai komen akan muncul di window action.


Yang baik:
Komen yang baik adalah komen yang jelas dan -secukupnya-, biasanya di atas suatu perintah penting atau satu "blok" perintah.

Contoh:
Code:

    /// Script untuk surface

    /*
    Script surface_script_light dipanggil saat awal persiapan game.
    Keep it simple!

    */

    // siapkan variabel global
    globalvar light;

    // siapkan surface
    light=surface_create();
    surface_set_target(light);
    draw_clear_alpha(c_black,0.75);
    surface_reset_target();



    // dst


Yang kurang baik:

Apakah ada yang kurang baik mengenai commenting? Ada, namanya overcommenting alias komen berlebihan yang biasanya bukannya membantu tapi malah membingungkan yang membaca. Some people do this (and sometimes I do too).

Contoh:

Code:



    // siapkan var global
    globalvar inventory; // bisa dibaca di semua script!

    var i; // siapkan variabel counter
    i=0; // inisialisasi i dulu

    for (i=0;i<20;i++) // untuk i mulai 0 tapi ngga sampai 20, nambah terus ...
    {
        if (i==0) inventory[i]='pistol' // item awal selalu pistol ...
              else inventory[i]='kosong'; /// yang lainnya kosong
     }

// sekarang kita siapkan array shop



Intinya adalah kalau sudah cukup jelas, maka tidak perlu di-komen. Cukup agar kode tersebut menjadi jelas dibaca.

Tanggapan? Welcome and please post Smile


Terakhir diubah oleh zebrakelabu tanggal Wed 30 Apr 2014, 18:00, total 1 kali diubah
zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Commenting Empty Re: [Beginner] Commenting

Post by glupfruxx Thu 10 Jan 2013, 14:43

Nice Tips Again! Smile

agan, apa bedanya antara "//" , "/*" dan "///"?
apa sama aja??
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 29
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Commenting Empty Re: [Beginner] Commenting

Post by FisherCS Thu 10 Jan 2013, 15:28

glupfruxx wrote:Nice Tips Again! Smile

agan, apa bedanya antara "//" , "/*" dan "///"?
apa sama aja??

Kalau '//' komennya cuma berlaku untuk 1 line
Kalau '/*' komennya bisa panjang lebaaaaaar.

Very Happy
FisherCS
FisherCS
Moderator
Moderator

100%
Jumlah posting : 411
Points : 479
Join date : 06.01.13
Age : 26
Lokasi : Malang

http://designgame23.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Commenting Empty Re: [Beginner] Commenting

Post by Asuna Thu 10 Jan 2013, 15:41

Well, of course overcommenting makes it useless [Beginner] Commenting 4237465583

Tapi ada sedikit masukan dari saya: untuk algoritma-algoritma yang terkandung di dalamnya, tidak terlalu penting untuk ditambahkan comment kecuali ada bagian2 yang harus dijelaskan..
tapi justru comment itu menjadi penting untuk menjelaskan deskripsi singkat fungsi-fungsi/modul dan parameternya, serta deklarasi variable
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Commenting Empty Re: [Beginner] Commenting

Post by zebrakelabu Thu 10 Jan 2013, 16:58

oops, sori ke klik yang tanda negatif Very Happy i kinda like the meme actually


yah benar memang comment juga bisa dipakai sebagai deskripsi singkat fungsi2 beserta parameter, serta deklarasinya. biasanya ditulis di awal fungsi. kadang juga bisa ditambahkan nama pembuat dan tanggal pembuatan yang memudahkan pengembangan atau update.
zebrakelabu
zebrakelabu
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 933
Points : 960
Join date : 06.01.13
Lokasi : Jakarta

http://www.project25games.com

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Commenting Empty Re: [Beginner] Commenting

Post by Asuna Thu 10 Jan 2013, 17:54

LOL salah klik [Beginner] Commenting 1091913718

Tambah lagi: on the other way, programmer juga cenderung memanfaatkan commenting untuk keperluan debugging, mis. commenting sementara pada bagian code yang mengakibatkan error atau hasil yang tidak diinginkan.
ya gitu deh kebiasaannya Very Happy
Asuna
Asuna
Global Moderator
Global Moderator

100%
Jumlah posting : 1711
Points : 1901
Join date : 10.01.13

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Commenting Empty Re: [Beginner] Commenting

Post by Kevin Blaze Coolerz Thu 10 Jan 2013, 20:03

FisherCS wrote:
glupfruxx wrote:Nice Tips Again! Smile

agan, apa bedanya antara "//" , "/*" dan "///"?
apa sama aja??

Kalau '//' komennya cuma berlaku untuk 1 line
Kalau '/*' komennya bisa panjang lebaaaaaar.

Very Happy

dan jgn lupa kalo pke /* hrus di close pke */
di close berarti komentar ny di akhiri Very Happy

kalo /// itu utk beri nama pda Execute kode nya,, jdi kalo ///NAMA, maka ada kolom Action terdapat execute dengan nama NAMA
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Commenting Empty Re: [Beginner] Commenting

Post by glupfruxx Thu 10 Jan 2013, 23:57

Kevin Blaze Coolerz wrote:
FisherCS wrote:
glupfruxx wrote:Nice Tips Again! Smile

agan, apa bedanya antara "//" , "/*" dan "///"?
apa sama aja??

Kalau '//' komennya cuma berlaku untuk 1 line
Kalau '/*' komennya bisa panjang lebaaaaaar.

Very Happy

dan jgn lupa kalo pke /* hrus di close pke */
di close berarti komentar ny di akhiri Very Happy

kalo /// itu utk beri nama pda Execute kode nya,, jdi kalo ///NAMA, maka ada kolom Action terdapat execute dengan nama NAMA
Wokeh maskasih mas kevin.. di mengerti Jempol2
glupfruxx
glupfruxx
GM Beginner
GM Beginner

100%
Jumlah posting : 262
Points : 261
Join date : 07.01.13
Age : 29
Lokasi : Depok

https://glup-fruxx.tk

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Commenting Empty Re: [Beginner] Commenting

Post by Kevin Blaze Coolerz Fri 11 Jan 2013, 09:54

glupfruxx wrote:
Wokeh maskasih mas kevin.. di mengerti Jempol2

seep kalo gitu Smile
Kevin Blaze Coolerz
Kevin Blaze Coolerz
Admin
Admin

100%
Jumlah posting : 3323
Points : 3795
Join date : 06.01.13
Age : 28
Lokasi : Palembang

http://kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

[Beginner] Commenting Empty Re: [Beginner] Commenting

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik